Menuju konten utama

50 Soal Biologi PPPK Guru SMA-SMK PDF & Jawabannya

Berikut 50 soal biologi PPPK Guru SMA-SMK yang dapat dipelajari jelang tes. Ada juga link unduh soal PPPK Biologi PDF.

50 Soal Biologi PPPK Guru SMA-SMK PDF & Jawabannya
Biologi. foto/IStockphoto

tirto.id - Menjelang tes kompetensi, mempelajari berbagai soal PPPK Biologi 2024 berikut ini dapat menambah kesiapan. Selain kumpulan pertanyaan dan jawabannya, tersedia pula tautan untuk mengunduh dokumen soal PPPK Biologi PDF.

Beberapa tautan itu mengarah pada kumpulan soal PPPK Biologi PDF 2021, 2022, hingga 2023. Mempelajarinya akan menambah pemahaman peserta tes kompetensi pada bentuk-bentuk soal PPPK Biologi 2024.

Sebelum mempelajari berbagai contoh soal PPPK Guru Biologi SMA-SMK tersebut, tak ada salahnya mencermati pula kisi-kisi materinya. Untuk itu, terus simak ulasan berikut!

Kumpulan Modul Materi Biologi PPPK Guru SMA/SMK

Secara garis besar, materi biologi PPPK Guru SMA-SMK terkait dengan beragam tema di pelajaran Biologi kelas X-XII serta konsep pembelajarannya. Para calon PPPK Guru untuk pelajaran ini dituntut memahami materi biologi SMA sekaligus strategi penyampaiannya.

Di antara materi IPA-Biologi yang diujikan adalah sel dan sistem organ manusia, sistem pernapasan hingga kelistrikan di tubuh manusia ataupun hewan, keanekaragaman hayati dan ekologi, genetika, energi dalam kehidupan, dan lain sebagainya.

Berikut sejumlah tautan untuk mengakses modul materi biologi PPPK guru SMA-SMK:

Kumpulan Soal PPPK Biologi dan Jawabannya

Agar lebih siap menjalani tes kompetensi, silakan mempelajari sejumlah soal PPPK biologi 2024 Guru SMA-SMK di bawah ini:

1. Bilik jantung berperan memompa darah keluar dari jantung. Saat bilik kiri berkontraksi, darah dipompa menuju...

  • A. Seluruh tubuh melalui aorta
  • B. Seluruh tubuh melalui vena cava
  • C. Paru-paru melalui arteri pulmonalis
  • D. Paru-paru melalui vena pulmonalis
  • E. Arteri koronaria melalui serambi kanan
Jawaban: A

2. Jaringan epitel silindris bersilia terdapat di rongga hidung, saluran pernapasan, serta saluran reproduksi laki-laki. Fungsi jaringan ini adalah....

  • A. Tempat difusi dan filtrasi melalui permukaan yang selektif permeabel
  • B. Proteksi, sekresi, dan pergerakan zat-zat yang melewati permukaan
  • C. Penyimpanan cadangan makanan sementara seperti glukosa dan garam
  • D. Penyerapan dan filtrasi benda asing yang melewati permukaan
  • E. Melindungi organ dan mengangkut zat buangan
Jawaban: B

3. Jika hutan lindung di perbukitan diubah menjadi lahan pertanian dan pemukiman, dampak yang dapat terjadi adalah....

  • A. Banjir di dataran rendah dan longsor di perbukitan
  • B. Peningkatan populasi tikus dan ular di lahan pertanian
  • C. Polusi air sungai dan pendangkalan di dataran rendah
  • D. Peningkatan kepadatan penduduk di area pemukiman
  • E. Meningkatnya keanekaragaman hayati tumbuhan di lahan pertanian
Jawaban: A

4. Berikut adalah ciri-ciri beberapa hewan Vertebrata:

(1) Kulit bersisik kering

(2) Suhu tubuh tetap

(3) Telur terbungkus cangkang kapur

(4) Fertilisasi internal dan ovipar

(5) Jantung terdiri dari 2 atrium dan 1 ventrikel

Ciri-ciri yang dimiliki oleh hewan reptil ditunjukkan oleh nomor....

  • A. 1, 2, 3
  • B. 1, 3, 4
  • C. 2, 3, 4
  • D. 2, 3, 5
  • E. 3, 4, 5
Jawaban: A

5. Pemerintah menetapkan suatu hutan sebagai cagar alam dengan tujuan untuk melindungi....

  • A. Areal luas sebagai tempat penelitian dan wisata
  • B. Formasi geologi tertentu untuk mencegah banjir dan longsor
  • C. Hewan tertentu yang terancam punah dan habitatnya
  • D. Komunitas tumbuhan yang hampir punah
  • E. Keadaan alam yang penting bagi lingkungan
Jawaban: C

6. Tumbuhan hari pendek adalah sebutan untuk tumbuhan yang akan berbunga jika dalam sehari mendapatkan paparan sinar matahari selama....

  • A. Lebih dari 12 jam
  • B. Kurang dari 12 jam
  • C. Lebih dari 6 jam
  • D. Antara 8-12 jam
  • E. Kurang dari 5 jam
Jawaban: B

7. Teori evolusi biokimia dari Alexander Oparin menjelaskan, atmosfer bumi purba semula terdiri dari gas-gas tertentu yang kemudian, akibat adanya pemanasan oleh sinar kosmis dan halilintar, mengalami perubahan menjadi molekul-molekul sederhana. Molekul-molekul sederhana itu lantas terakumulasi dalam perairan yang membentuk primordial soup. Fase ini diduga menjadi tahap awal pembentukan makhluk hidup. Berikut sejumlah jenis gas yang termasuk dalam komposisi awal atmosfer bumi purba menurut teori Oparin, kecuali...

  • A. Metana (CH₄)
  • B. Karbon dioksida (CO₂)
  • C. Amonia (NH₃)
  • D. Hidrogen (H₂)
  • E. Uap air (H₂O)
Jawaban: B

8. Stanley Miller melakukan eksperimen untuk membuktikan teori evolusi kimia Harold Urey. Dalam percobaan tersebut, Miller menggunakan campuran gas-gas tertentu untuk menggambarkan kondisi atmosfer bumi purba. Ia menggunakan percikan listrik untuk meniru energi halilintar yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia, yang menghasilkan molekul-molekul organik sederhana. Molekul yang terbentuk di percobaan Miller dan menjadi bukti zat organik dapat terbentuk secara spontan dari zat-zat anorganik adalah....

  • A. Asam amino, ribosa, dan adenin
  • B. Protein, DNA, dan glukosa
  • C. Lipid, karbohidrat, dan asam lemak
  • D. RNA, protein, dan sel
  • E. Monomer, polimer, dan membran sel
Jawaban: A

9. Teori Harold Urey menjelaskan, terbentuknya zat organik di atmosfer bumi purba kemungkinan karena reaksi dari gas-gas anorganik yang tersedia berlimpah. Reaksi ini terjadi karena ada energi dari aliran listrik halilintar dan radiasi sinar kosmis. Sejumlah pernyataan berikut selaras dengan teori Harold Urey tentang proses terbentuknya kehidupan, kecuali....

  • A. Gas-gas anorganik seperti metana dan amonia bereaksi di atmosfer bumi purba
  • B. Energi yang dihasilkan oleh radiasi sinar kosmis berperan dalam reaksi pembentukan molekul organik
  • C. Zat hidup sederhana berkembang menjadi organisme yang lebih kompleks dalam waktu jutaan tahun
  • D. Pembentukan protein merupakan langkah pertama dalam evolusi kimia kehidupan
  • E. Zat organik terbentuk melalui reaksi yang melibatkan gas-gas seperti hidrogen dan metana
Jawaban: D

10. Perbedaan utama antara sel prokariotik dan sel eukariotik ialah....

  • A. Sel prokariotik memiliki membran nukleus, sedangkan sel eukariotik tidak.
  • B. Sel eukariotik memiliki nukleus dan organel-organel, sedangkan sel prokariotik tidak memilikinya.
  • C. Sel prokariotik berkembang dari sel eukariotik.
  • D. Sel prokariotik memiliki organel-organel yang kompleks.
  • E. Sel prokariotik dan eukariotik memiliki struktur yang sama.
Jawaban: B

11. Ilmuwan yang pertama kali mengusulkan hipotesis endosimbiosis bernama....

  • A. CharlesDarwin
  • B. LynnMargulis
  • C. GregorMendel
  • D. AlexanderFleming
  • E. Mereschkovsky
Jawaban: B

12. Endosimbion dalam hipotesis endosimbiosis disebut juga....

  • A. Sel yang hidup di luar sel inang
  • B. Sel yang berperan sebagai parasit
  • C. Sel yang berkembang menjadi kloroplas
  • D. Sel yang hidup di dalam sel inang
  • E. Sel yang menghancurkan sel inang
Jawaban: D

13. Bukti yang menunjukkan mitokondria dan plastida berasal dari endosimbiosis adalah....

  • A. Mereka terbentuk melalui pembelahan biner.
  • B. Mereka memiliki genom yang lebih besar dari bakteri.
  • C. Mereka tidak bergantung pada sel inang.
  • D. Mereka memiliki struktur yang sama dengan sel inang.
  • E. Mereka ditemukan hanya pada organisme autotrofik.
Jawaban: A

14. Pernyataan di bawah ini yang menunjukkan bagaimana cara kerja transpor aktif adalah...

  • A. Mengikuti aliran perbedaan konsentrasi
  • B. Tidak memerlukan energi untuk memindahkan zat
  • C. Memindahkan zat dari konsentrasi rendah ke tinggi menggunakan energi
  • D. Melibatkan proses difusi sederhana
  • E. Memindahkan zat melalui membran secara pasif
Jawaban: C

15. Fungsi utama dari mitokondria dalam sel adalah....

  • A. Tempat pencernaan makanan
  • B. Tempat sintesis protein
  • C. Tempat respirasi aerob untuk pembentukan ATP
  • D. Tempat penyimpanan enzim hidrolitik
  • E. Tempat ekskresi seluler
Jawaban: C

16. Struktur yang terdapat di membran dalam mitokondria yang berfungsi memperluas permukaan untuk pengikatan oksigen disebut....

  • A. Matrik
  • B. Krista
  • C. Sitokrom
  • D. DNAmitokondria
  • E. Ribosom
Jawaban: B

17. Lisosom berperan dalam pencernaan seluler melalui mekanisme berikut, kecuali....

  • A. Fagositosis
  • B. Autofagi
  • C. Eksositosis
  • D. Endositosis
  • E. Autolisis
Jawaban: C

18. Di antara keterangan di bawah ini, yang termasuk peran sentriol dalam proses pembelahan sel ialah...

  • A. Membentuk enzim hidrolitik
  • B. Mensekresikan zat ke luar sel
  • C. Membentuk benang spindel untuk menarik kromosom
  • D. Menghasilkan ATP
  • E. Memperluas permukaan untuk pengikatan oksigen
Jawaban: C

19. Apa yang dimaksud dengan ekosistem menurut Campbell (2004)?

  • A. Hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.
  • B. Sistem yang logis dari prinsip-prinsip yang berhubungan.
  • C. Interaksi antara makhluk hidup di habitat aquatik dan terestrial.
  • D. Siklus nutrien yang terjadi dalam tingkatan trofik tertentu.
  • E. Semua organisme dalam suatu daerah tertentu dan faktor-faktor abiotik yang berinteraksi dengannya.
Jawaban: B

20. Komponen utama yang harus ada dalam ekosistem agar dapat mencapai kemantapan fungsional adalah....

  • A. Faktor biotik dan abiotik.
  • B. Populasi dan komunitas.
  • C. Habitat aquatik dan terestrial.
  • D. Nutrien dan energi.
  • E. Prinsip-prinsip ekologi.
Jawaban: A

21. Di antara fenomena berikut ini, yang terjadi dalam interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya ialah...

  • A. Makhluk hidup hanya mengambil sesuatu dari lingkungannya tanpa memberikan kontribusi.
  • B. Organisme memberikan sisa pencernaan dan gas ke lingkungannya.
  • C. Lingkungan tidak memberikan pengaruh pada organisme hidup.
  • D. Semua organisme hidup berinteraksi hanya dengan faktor abiotik.
  • E. Makhluk hidup tidak memerlukan faktor abiotik untuk bertahan hidup.
Jawaban: B

22. Seorang guru memulai pembelajaran dengan menyampaikan tujuan, memusatkan perhatian siswa. Selanjut dia mendemonstrasikan keterampilan setahap demi setahap dan tidak lupa mengecek pemahaman siswa apakah mereka paham keterampilan yang didemonstrasikan. Guru tersebut sedang melaksanakan pembelajaran yang merupakan aplikasi teori belajar...

  • A. konstruktivisme
  • B. sosial
  • C. kognitif
  • D. behaviorisme
  • E. pemotivasian
Jawaban: B

23. Cermati tujuan berikut: Siswa terampil menggunakan mikroskop. Untuk mengases tujuan tersebut, strategi penilaian dan bentuk instrumennya adalah...

  • A. tes tertulis, pilihan ganda
  • B. tes tertulis, tes essay bebas
  • C. tes perbuatan, lembar pengamatan
  • D. tes perbuatan, lembar penilaian hasil
  • E. lembar penilaian portofolio
Jawaban: C

24. Langkah penting di dalam menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik adalah pengamatan. Pengamatan dilakukan....

  • A. sepanjang pembelajaran menggunakan indra pelihat
  • B. di awal pembelajaran menggunakan indera pelihat
  • C. sepanjang pembelajaran menggunakan indera yang mungkin
  • D. di awal pembelajaran menggunakan indera yang mungkin
  • E. menggunakan indera selama pelaksanaan eksperimen/percobaan
Jawaban: C

25. Seorang guru biologi memfasilitasi siswanya untuk belajar dalam kelompok kecil untuk menyelesaikan masalah, dia membentuk kelompok yang terdiri atas 4-5 orang siswa per kelompok dengan kemampuan berbeda. Dia memberi penekanan bahwa dalam kelompok siswa harus bekerja saling membantu, berbagi tanggung jawab, memperhatikan apa yang dikatakan oleh teman kelompok, dan selalu berada di dalam kelompok. Setelah menyajikan beberapa informasi penting, guru membimbing siswa belajar. Guru tersebut menerapkan pembelajaran ....

  • A. kolaboratif
  • B. kooperatif
  • C. pembelajaran berdasar masalah
  • D. pembelajaran diskusi kelompok
  • E. pendekatan saintifik
Jawaban: B

26. Guru meminta siswa untuk mengambil salah satu contoh alat bantu yang terdapat di dalam lemari alat. Alat bantu yang diambil siswa dikatakan benar jika, siswa tersebut mengambil... .

  • A. mikroskop
  • B. termometer
  • C. tabung reaksi
  • D. meteran
  • E. pH meter
Jawaban: C

27. Cara mengajarkan prosedur yang benar sekaligus paling efisien, karena siswa tidak perlu belajar keterampilan yang detil terlebih dahulu adalah ... .

  • A. menunjukkan gambar mengenai prosedur yang dimaksud
  • B. menuliskan langkah-langkah prosedur terkait dilakukan
  • C. memutar video tentang bagaimana prosedur itu dilakukan
  • D. memutar tape recorder yang menjelaskan bagaimana prosedur itu dilakukan
  • E. memodelkan bagaimana prosedur itu dilakukan tahap demi tahap
Jawaban: E

28. Dari sudut pandang keselamatan kerja, yang dilakukan oleh mahasiswa, yang perlu diperbaiki adalah....

  • A. bekerja di dalam lab dengan menggunakan jas lab
  • B. merebus daun dalam alkohol tanpa menggunakan penangas air
  • C. menyimpan asam di dalam lemari asam
  • D. menanam sisa-sisa medium praktikum mikrobiologi dalam tanah
  • E. mengamati preparat basah dengan mikroskop dalam posisi mikroskop tegak
Jawaban: B

29. Teknologi informasi dan komunikasi berikut yang paling sesuai untuk mengajarkan proses yang terjadi di dalam tubuh organisme adalah ....

  • A. power point slide animasi
  • B. diagram alir
  • C. tape recorder
  • D. bagan dua dimensi
  • E. modul blended learning
Jawaban: A

30. Pak Ali guru biologi melaksanakan pembelajaran tatap muka, kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran online, siswa mengerjakan tugas-tugas yang diunduh dari situs yang telah disiapkan. Siswa juga dapat melakukan diskusi langsung dengan pak Ali maupun teman sekelasnya secara online dan realtime, kemudian pada pertemuan berikutnya dilaksanakan tatap muka. Wakil kelompok melakukan presentasi tugas dari pertemuan sebelumnya. Pembelajaran berbasis TIK yang dikembangkan pak

Ali disebut....

  • A. pembelajaran interaktif berbasis komputer
  • B. pembelajaran melalui e-learning
  • C. blended learning
  • D. pembelajaran berbantuan komputer
  • E. pembelajaran dengan computer
Jawaban: C

31. Suatu rumusan standar kompetensi sebagai berikut: “Memahami konsep fotosintesis”. Indikator berikut yang BUKAN merupakan penjabaran dari standar kompetensi tersebut adalah ... .

  • A. menjelaskan pengertian fotosintesis
  • B. menyebutkan contoh proses fotosintesis
  • C. mengidentifikasi ciri proses fotosintesis
  • D. membuat rangkuman mengenai manfaat fotosintesis bagi kehidupan
  • E. menjelaskan perbedaan fotosintesis dengan respirasi
Jawaban: E

32. Pembelajaran biologi yang baik, dilakukan sebagaimana biologi ditemukan. Biologi ditemukan melalui penelitian menerapkan metode ilmiah. Oleh sebab itu tahapan pertama yang harus dilakukan pada pembelajaran biologi adalah ... .

  • A. melakukan penyelidikan
  • B. mengorientasikan siswa pada masalah
  • C. menguji informasi yang telah sampai di laboratorium
  • D. membuat prediksi mengenai jawaban atas masalah
  • E. mengakitkan informasi yang ditemukan siswa dengan informasi lain
Jawaban: B

33. Untuk mengajarkan topik-topik yang abstrak misalnya proses sintesis protein, media pembelajaran yang sesuai untuk membantu siswa memahami konsep yang diajarkan adalah ...

  • A. gambar berwarna proses sintesis protein
  • B. model sintesis protein dari styrofoam
  • C. buku yang memuat gambar sintesis protein dan keterangan lengkap
  • D. powerpoint animasi proses sintesis protein
  • E. suara guru yang menjelaskan proses sintesis protein
Jawaban: D

34. Di dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) skenario rinci pelaksanaan pembelajaran dapat ditemukan pada komponen RPP...

  • A. rumusan tujuan pembelajaran
  • B. metode/pendekatan/model pembelajaran
  • C. langkah-langkah pembelajaran
  • D. rumusan kompetensi pembelajaran
  • E. pentahapan pembelajaran
Jawaban: C

35. Cara paling baik mengajarkan karakter adalah ....

  • A. menjelaskan pengertian karakter dan contoh-contohnya
  • B. melakukan persuasi, menyentuh hati sehingga muncul perasaan
  • C. memunculkan kemauan bertindak melalui pemodelan
  • D. seperti langkah A, B, dan C
  • E. bukan seperti langkah A, B atau C
Jawaban: C

36. Berikut ini adalah hasil belajar yang harus diakses menggunakan strategi penilaian kinerja (tes perbuatan) tentang PROSES, adalah sebagai berikut, kecuali.

  • A. Keterampilan menggunakan alat
  • B. Keterampilan merangkai alat
  • C. Keterampilan mendemonstrasikan gerakan tertentu
  • D. Keterampilan mengukur suhu air menggunakan termometer
  • E. Keterampilan menyusun laporan praktikum
Jawaban: E

37. Rumusan tujuan sebagai berikut: Siswa terampil membuat rangkuman tentang 5 manfaat dan 5 kerugian bioteknologi modern. Rumusan tujuan tersebut paling sesuai dinilai/diakses melalui ...

  • A. tes kinerja, penilaian proses
  • B. tes kinerja penilaian hasil
  • C. tes tertulis
  • D. portofolio
  • E. tugas projek
Jawaban: B

38. Eubacteria oleh para ahli dikelompokkan ke dalam kelompok prokariotik. Karakteristik yang mendukung pengelompokkan tersebut adalah ... .

  • A. dinding selnya tersusun dari peptidoglikan
  • B. sebagian besar anggotanya hidup bebas sebagai dekomposer
  • C. membrane sel tersusun atas lipid bilayer yang disisipi molekul protein
  • D. inti sel tidak memiliki membran pembatas antara cairan sel dengan cairan inti
  • E. merupakan bentuk makhluk hidup awal karena bentuk tubuhnya sederhana bersel satu
Jawaban: D

39. Berikut ini diberikan karakteristik khas suatu kelompok organisme yang membedakannya dari kelompok yang lain. Karakteristik khas kelompok Prostista adalah...

  • A. multiseluler-prokariotik
  • B. uniseluler prokariotik
  • C. multiseluler eukariotik
  • D. uniseluler eukaryotic
  • E. uniseluler dan multiseluler prokaryotic
Jawaban: D

40. Lumut memiliki siklus hidup yang menunjukkan adanya pergiliran keturunan atau metagenesis. Generasi gametofit pada lumut adalah ... .

  • A. protalium
  • B. protonema
  • C. tumbuhan lumutnya sendiri
  • D. prototheca
  • E. proliferasi
Jawaban: B

41. Paku-pakuan memiliki beberapa jenis daun sesuai fungsi. Daun yang berfungsi untuk fotosintesis adalah ... .

  • A. Gametofit
  • B. Mikrofil
  • C. Makrofil
  • D. Tropofil
  • E. Sporofil
Jawaban: D

42. Salah satu contoh kelompok tumbuhan angiospermae adalah tumbuhan monokotil. Selain karakteristik biji, monokotil memiliki ciri khas...

  • A. batang tidak bercabang
  • B. berbiak secara vegetatif
  • C. batang tidak memiliki kambium
  • D. daun bertulang sejajar
  • E. jumlah perhiasan Bunga tiga atau kelipatan tiga
Jawaban: D

43. Avertebrata memiliki ciri yang membedakannya dari vertebrata, yaitu ....

  • A. tubuh tersusun atas sel
  • B. hidup secara heterotrof
  • C. tidak memiliki penguat di punggung
  • D. tidak memiliki tulang belakang
  • E. bernapas menggunakan trakea
Jawaban: D

44. Seorang siswa mengamati struktur jaringan batang, melalui pengamatan irisan melintang batang. Dia segera dapat menyimpulkan bahwa irisan batang tersebut adalah irisan batang dikotil. Berikut ini adalah alasan yang digunakan siswa untuk menetapkan bahwa potongan batang itu dikotil dan bukan monokotil.

  • A. adanya susunan ikatan pembuluh yang tersusun teratur
  • B. ada percabangan pada batang
  • C. adanya sel-sel parenkim yang menyusun empulur
  • D. adanya pembuluh kulit kayu
  • E. adanya kambium diantara pembuluh kayu dan kulit kayu
Jawaban: A

45. Struktur sel tumbuhan berbeda dengan struktur sel tumbuhan. Perbedaan tersebut meliputi keberadaan... . pada sel tumbuhan.

  • A. kloroplas dan dinding sel
  • B. membrane sel dan mesosome
  • C. sentriol dan mitokondria
  • D. kompleks golgi dan retikulum endoplasma
  • E. vakuola dan sentrosom moon
Jawaban: A

46. Dalam kasus buah semangka, bentuk buah bulat (B) bersifat dominan terhadap lonjong (b), dan warna hijau (H) dominan terhadap warna bergaris. Apabila buah semangka dengan bentuk bulat dan warna hijau bergenotip heterozigot diserbukkan sendiri, akan dihasilkan 320 keturunan. Berapa banyak keturunan yang memiliki bentuk lonjong dan warna bergaris?

  • A. 180 keturunan berbentuk lonjong dan warna bergaris.
  • B. 160 keturunan berbentuk lonjong dan warna bergaris.
  • C. 120 keturunan berbentuk lonjong dan warna bergaris.
  • D. 60 keturunan berbentuk lonjong dan warna bergaris.
  • E. 20 keturunan berbentuk lonjong dan warna bergaris.
Jawaban: E

47. Setelah RNA ditranskripsi, ia akan meninggalkan nukleus menuju sitoplasma dan menempel pada ribosom. Tahap selanjutnya adalah....

  • A. DNAmensintesisRNA transpor di dalam nukleus sesuai dengan triplet DNA
  • B. RNA transpor membawa asam amino ke ribosom sesuai dengan kode pada RNA
  • C. RNA transpor bergabung dengan RNA duta untuk merangkai asam amino
  • D. RNA ribosom merangkai asam amino sesuai dengan kode genetik di ribosom
  • E. RNA ribosom melepaskan diri dari RNA duta sehingga terbentuk polipeptida
Jawaban: B

48. Proses fotosintesis menghasilkan oksigen yang dilepaskan ke udara dan digunakan oleh makhluk hidup dalam respirasi. Oksigen ini dihasilkan pada tahap....

  • A. Transpor elektron di membran tilakoid
  • B. Pemecahan molekul air di membran tilakoid
  • C. Fiksasi CO₂ di stroma kloroplas
  • D. Fotofosforilasi di membran tilakoid
  • E. Regenerasi RuBP di stroma kloroplas
Jawaban: B

49. Peran makrofag, seperti monosit dan sel darah putih granulosit, dalam sistem pertahanan tubuh adalah....

  • A. Menghasilkan antibodi spesifik untuk menghancurkan antigen
  • B. Memproduksi sel memori untuk mengenali antigen yang pernah menyerang
  • C. Melakukan fagositosis terhadap kuman atau benda asing yang masuk ke tubuh
  • D. Menghalangi masuk dan penyebaran kuman
  • E. Mengaktifkan sel T untuk menghasilkan interleukin guna mengaktifkan sel B
Jawaban: C

50. Jika seseorang mengalami peningkatan produksi urine hingga 20-30 kali lipat, tetapi urinnya tidak mengandung glukosa, orang tadi kemungkinan menderita diabetes insipidus. Penyebabnya adalah....

  • A. Peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan hormon insulin
  • B. Gangguan augmentasi di tubulus kolektivus akibat kelebihan albumin
  • C. Gangguan filtrasi di glomerulus akibat infeksi
  • D. Gangguan penyerapan di tubuluskontorti akibat kekurangan hormon ADH
  • E. Kelemahan otot sfingter saluran kemih akibat kekurangan hormon adrenalin
Jawaban: D

Untuk mempelajari lebih banyak lagi contoh soal PPPK Guru Biologi SMA, silakan akses tautan di bawah ini:

1. Link Download Soal PPPK Biologi PDF

2. Link Download Soal PPPK Biologi PDF 2021

3. Link Download Soal PPPK Biologi PDF 2022

4. Link Download Soal PPPK Biologi PDF 2023

Baca juga artikel terkait PPPK atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Edusains
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Addi M Idhom