Menuju konten utama

Contoh Soal PPPK Guru Biologi 2023 SMA-SMK PDF & Jawabannya

Contoh soal PPPK Guru SMP-SMA Biologi dapat digunakan sebagai bahan belajar bagi pelamar PPPK Guru formasi Guru Biologi 2023. Berikut selengkapnya

Contoh Soal PPPK Guru Biologi 2023 SMA-SMK PDF & Jawabannya
Biologi. foto/IStockphoto

tirto.id - Contoh soal PPPK Guru SMP-SMA untuk materi Biologi dapat digunakan sebagai bahan belajar bagi pelamar PPPK Guru formasi Guru Biologi 2023.

Pelaksanaan tes kompetensi PPPK Guru akan dilaksanakan, pada 9 hingga 18 November 2023.

Sehingga pelamar yang sudah dinyatakan lolos seleksi administrasi untuk mempersiapkan diri mengikuti tes kompetensi PPPK 2023.

Dalam tes kompetensi PPPK Guru 2023, pelamar formasi Guru Biologi harus mengerjakan sejumlah soal yang sesuai dengan bidangnya dalam tes kompetensi CASN 2023.

Contoh Soal Kompetensi PPPK Guru Biologi 2023 dan Jawabannya

1. Seorang guru memulai pembelajaran dengan menyampaikan tujuan, memusatkan perhatian siswa. Selanjut dia mendemonstrasikan keterampilan setahap demi setahap dan tidak lupa mengecek pemahaman siswa apakah mereka paham keterampilan yang didemonstrasikan. Guru tersebut sedang melaksanakan pembelajaran yang merupakan aplikasi teori belajar ... .

A. konstruktivisme

B. sosial

C. kognitif

D. behaviorisme

E. pemotivasian

Jawaban: B

2. Cermati tujuan berikut: Siswa terampil menggunakan mikroskop. Untuk mengases tujuan tersebut, strategi penilaian dan bentuk instrumennya adalah... .

A. tes tertulis, pilihan ganda

B. tes tertulis, tes essay bebas

C. tes perbuatan, lembar pengamatan

D. tes perbuatan, lembar penilaian hasil

E. lembar penilaian portofolio

Jawaban: C

3. Langkah penting di dalam menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik adalah pengamatan. Pengamatan dilakukan

A. sepanjang pembelajaran menggunakan indra pelihat

B. di awal pembelajaran menggunakan indera pelihat

C. sepanjang pembelajaran menggunakan indera yang mungkin

D. di awal pembelajaran menggunakan indera yang mungkin

E. menggunakan indera selama pelaksanaan eksperimen/percobaan

Jawaban: C

4. Seorang guru biologi memfasilitasi siswanya untuk belajar dalam kelompok kecil untuk menyelesaikan masalah, dia membentuk kelompok yang terdiri atas 4-5 orang siswa per kelompok dengan kemampuan berbeda. Dia memberi penekanan bahwa dalam kelompok siswa harus bekerja saling membantu, berbagi tanggung jawab, memperhatikan apa yang dikatakan oleh teman kelompok, dan selalu berada di dalam kelompok. Setelah menyajikan beberapa informasi penting, guru membimbing siswa belajar. Guru tersebut menerapkan pembelajaran ....

A. kolaboratif

B. kooperatif

C. pembelajaran berdasar masalah

D. pembelajaran diskusi kelompok

E. pendekatan saintifik

Jawaban: B

6. Guru meminta siswa untuk mengambil salah satu contoh alat bantu yang terdapat di dalam lemari alat. Alat bantu yang diambil siswa dikatakan benar jika, siswa tersebut mengambil... .

A. mikroskop

B. termometer

C. tabung reaksi

D. meteran

E. pH meter

Jawaban: C

7. Cara mengajarkan prosedur yang benar sekaligus paling efisien, karena siswa tidak perlu belajar keterampilan yang detil terlebih dahulu adalah ... .

A. menunjukkan gambar mengenai prosedur yang dimaksud

B. menuliskan langkah-langkah prosedur terkait dilakukan

C. memutar video tentang bagaimana prosedur itu dilakukan

D. memutar tape recorder yang menjelaskan bagaimana prosedur itu dilakukan

E. memodelkan bagaimana prosedur itu dilakukan tahap demi tahap

Jawaban: E

8. Dari sudut pandang keselamatan kerja, yang dilakukan oleh mahasiswa, yang perlu diperbaiki adalah....

A. bekerja di dalam lab dengan menggunakan jas lab

B. merebus daun dalam alkohol tanpa menggunakan penangas air

C. menyimpan asam di dalam lemari asam

D. menanam sisa-sisa medium praktikum mikrobiologi dalam tanah

E. mengamati preparat basah dengan mikroskop dalam posisi mikroskop tegak

Jawaban: B

9. Teknologi informasi dan komunikasi berikut yang paling sesuai untuk mengajarkan proses yang terjadi di dalam tubuh organisme adalah ....

A. power point slide animasi

B. diagram alir

C. tape recorder

D. bagan dua dimensi

E. modul blended learning

Jawaban: A

10. Pak Ali guru biologi melaksanakan pembelajaran tatap muka, kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran online, siswa mengerjakan tugas-tugas yang diunduh dari situs yang telah disiapkan. Siswa juga dapat melakukan diskusi langsung dengan pak Ali maupun teman sekelasnya secara online dan realtime, kemudian pada pertemuan berikutnya dilaksanakan tatap muka. Wakil kelompok melakukan presentasi tugas dari pertemuan sebelumnya. Pembelajaran berbasis TIK yang dikembangkan pak

Ali disebut....

A. pembelajaran interaktif berbasis komputer

B. pembelajaran melalui e-learning

C. blended learning

D. pembelajaran berbantuan komputer

E. pembelajaran dengan computer

Jawaban: C

11. Suatu rumusan standar kompetensi sebagai berikut: “Memahami konsep fotosintesis”. Indikator berikut yang BUKAN merupakan penjabaran dari standar kompetensi tersebut adalah ... .

A. menjelaskan pengertian fotosintesis

B. menyebutkan contoh proses fotosintesis

C. mengidentifikasi ciri proses fotosintesis

D. membuat rangkuman mengenai manfaat fotosintesis bagi kehidupan

E. menjelaskan perbedaan fotosintesis dengan respirasi

Jawaban: E

12. Pembelajaran biologi yang baik, dilakukan sebagaimana biologi ditemukan. Biologi ditemukan melalui penelitian menerapkan metode ilmiah. Oleh sebab itu tahapan pertama yang harus dilakukan pada pembelajaran biologi adalah ... .

A. melakukan penyelidikan

B. mengorientasikan siswa pada masalah

C. menguji informasi yang telah sampai di laboratorium

D. membuat prediksi mengenai jawaban atas masalah

E. mengakitkan informasi yang ditemukan siswa dengan informasi lain

Jawaban: B

13. Untuk mengajarkan topik-topik yang abstrak misalnya proses sintesis protein, media pembelajaran yang sesuai untuk membantu siswa memahami konsep yang diajarkan adalah ...

A. gambar berwarna proses sintesis protein

B. model sintesis protein dari styrofoam

C. buku yang memuat gambar sintesis protein dan keterangan lengkap

D. powerpoint animasi proses sintesis protein

E. suara guru yang menjelaskan proses sintesis protein

Jawaban: D

14. Di dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) skenario rinci pelaksanaan pembelajaran dapat ditemukan pada komponen RPP...

A. rumusan tujuan pembelajaran

B. metode/pendekatan/model pembelajaran

C. langkah-langkah pembelajaran

D. rumusan kompetensi pembelajaran

E. pentahapan pembelajaran

Jawaban: C

15. Cara paling baik mengajarkan karakter adalah ....

A. menjelaskan pengertian karakter dan contoh-contohnya

B. melakukan persuasi, menyentuh hati sehingga muncul perasaan

C. memunculkan kemauan bertindak melalui pemodelan

D. seperti langkah A, B, dan C

E. bukan seperti langkah A, B atau C

Jawaban: C

16. Berikut ini adalah hasil belajar yang harus diakses menggunakan strategi penilaian kinerja (tes perbuatan) tentang PROSES, adalah sebagai berikut, kecuali.

A. Keterampilan menggunakan alat

B. Keterampilan merangkai alat

C. Keterampilan mendemonstrasikan gerakan tertentu

D. Keterampilan mengukur suhu air menggunakan termometer

E. Keterampilan menyusun laporan praktikum

Jawaban: E

17. Rumusan tujuan sebagai berikut: Siswa terampil membuat rangkuman tentang 5 manfaat dan 5 kerugian bioteknologi modern. Rumusan tujuan tersebut paling sesuai dinilai/diakses melalui ... .

A. tes kinerja, penilaian proses

B. tes kinerja penilaian hasil

C. tes tertulis

D. portofolio

E. tugas projek

Jawaban: B

18. Eubacteria oleh para ahli dikelompokkan ke dalam kelompok prokariotik. Karakteristik yang mendukung pengelompokkan tersebut adalah ... .

A. dinding selnya tersusun dari peptidoglikan

B. sebagian besar anggotanya hidup bebas sebagai dekomposer

C. membrane sel tersusun atas lipid bilayer yang disisipi molekul protein

D. inti sel tidak memiliki membran pembatas antara cairan sel dengan cairan inti

E. merupakan bentuk makhluk hidup awal karena bentuk tubuhnya sederhana bersel satu

Jawaban: D

19. Berikut ini diberikan karakteristik khas suatu kelompok organisme yang membedakannya dari kelompok yang lain. Karakteristik khas kelompok Prostista adalah... .

A. multiseluler-prokariotik

B. uniseluler prokariotik

C. multiseluler eukariotik

D. uniseluler eukaryotic

E. uniseluler dan multiseluler prokaryotic

Jawaban: D

20. Lumut memiliki siklus hidup yang menunjukkan adanya pergiliran keturunan atau metagenesis. Generasi gametofit pada lumut adalah ... .

A. protalium

B. protonema

C. tumbuhan lumutnya sendiri

D. prototheca

E. proliferasi

Jawaban: B

21. Paku-pakuan memiliki beberapa jenis daun sesuai fungsi. Daun yang berfungsi untuk fotosintesis adalah ... .

A. Gametofit

B. Mikrofil

C. Makrofil

D. Tropofil

E. Sporofil

Jawaban: D

22. Salah satu contoh kelompok tumbuhan angiospermae adalah tumbuhan monokotil. Selain karakteristik biji, monokotil memiliki ciri khas... .

A. batang tidak bercabang

B. berbiak secara vegetatif

C. batang tidak memiliki kambium

D. daun bertulang sejajar

E. jumlah perhiasan Bunga tiga atau kelipatan tiga

Jawaban: D

23. Avertebrata memiliki ciri yang membedakannya dari vertebrata, yaitu ....

A. tubuh tersusun atas sel

B. hidup secara heterotrof

C. tidak memiliki penguat di punggung

D. tidak memiliki tulang belakang

E. bernapas menggunakan trakea

Jawaban: D

24. Seorang siswa mengamati struktur jaringan batang, melalui pengamatan irisan melintang batang. Dia segera dapat menyimpulkan bahwa irisan batang tersebut adalah irisan batang dikotil. Berikut ini adalah alasan yang digunakan siswa untuk menetapkan bahwa potongan batang itu dikotil dan bukan monokotil.

A. adanya susunan ikatan pembuluh yang tersusun teratur

B. ada percabangan pada batang

C. adanya sel-sel parenkim yang menyusun empulur

D. adanya pembuluh kulit kayu

E. adanya kambium diantara pembuluh kayu dan kulit kayu

Jawaban: A

25. Struktur sel tumbuhan berbeda dengan struktur sel tumbuhan. Perbedaan tersebut meliputi keberadaan... . pada sel tumbuhan.

A. kloroplas dan dinding sel

B. membrane sel dan mesosome

C. sentriol dan mitokondria

D. kompleks golgi dan retikulum endoplasma

E. vakuola dan sentrosom moon

Jawaban: A

Adapun contoh soal seleksi kompetensi untuk guru Biologi, baik tingkat SMP atau SMA dapat disimak dibawah ini. Sementara link download contoh soal PPPK Guru SMP-SMA dapat diunduh melalui link berikut ini:

Link Download Contoh Soal PPPK Guru Biologi

Baca juga artikel terkait CPNS 2023 atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Yulaika Ramadhani