tirto.id - Ada ciri-ciri komstir motor rusak yang patut diwaspadai agar berkendara tetap nyaman dan aman. Ketika komstir aus, maka kenyamanan berkendara akan berkurang dan bahkan motor sulit dikendalikan.
Komstir sendiri merupakan sebuah komponen berbentuk bearing yang memiliki peran penting untuk mengendalikan sepeda motor sebagai penghubung antara stang dan roda depan. Selain itu, komstir juga berfungsi memudahkan pergerakan stang untuk mendukung kenyamanan pengendara dalam bermanuver.
Oleh karena itu, karena komponen ini punya fungsi amat penting, maka pengendara motor harus secara rutin melalukan pengecekan kondisi komstir agar motor tetap nyaman dan aman dikendarai.
Ciri-Ciri Komstir Motor Rusak
Kerusakan pada komponen komstir biasanya menimbulkan gejala yang dapat dirasakan pengguna saat berkendara. Jika pengguna motor merasakan gejala yang mengarah pada masalah komstir, maka pengendara sebaiknya segera melakukan pemeriksaan dan perbaikan.
Berikut ini ciri-ciri komstir motor rusak.
Motor Susah Dibelokkan
Salah satu ciri-ciri komstir motor rusak yang paling sering dirasakan pengendara adalah motor sulit dibelokkan. Ketika Anda mencoba membelokkan motor, maka stang terasa agak berat dan ada hambatan. Hal ini bisa disebabkan komponen komstir rusak atau mulai berkarat.Motor Sulit Dikendarai
Tanda komstir rusak lainnya adalah motor sulit dikendarai. Saat berkendara dengan kecepatan tertentu dan kemudian melakukan manuver belok, kadang sepeda motor sulit dikendalikan atau liar.Hal ini dapat disebabkan oleh komstir yang aus atau rusak, sehingga saat-saat tertentu stang sulit digerakkan dan bahkan menjadi liar saat menggunakan kecepatan tinggi.
Bunyi Berdecit
Ciri-ciri komstir motor rusak adalah ada bunyi berdecit. Jika terdengar suara berdecit area stang saat digerakkan, maka bisa menjadi salah satu tanda komstir motor rusak.Suara itu timbul dari gesekan komponen bola-bola baja atau gotri yang yang ada di dalam komstir. Gesenkan ini terjadi karena bola-bola baja itu kurang pelumas atau sudah berkarat. Selain suara berdecit, stang juga biasanya tidak terasa lancar saat dibelokkan.
Stang Tidak Stabil
Stang terasa tidak stabil juga bisa menjadi salah satu ciri-ciri komstir motor rusak. Selain tidak stabil, kerusakan komstir juga dapat menyebabkan stang terasa bergoyang.Gejala ini dirasakan saat berkendara dengan kecepatan tertentu. Ketika digas dengan kecepatan tertentu dan stang bergoyang, maka ini pasti akan mengganggu kenyamanan dan keamanan. Selain itu, bila komstir rusak, maka stang motor juga terasa kurang presisi.
Stang Miring
Perubahan sudut stang menjadi agak miring juga menjadi salah satu ciri-ciri komstir motor rusak atau aus. Biasanya ini terjadi karena bola-bola yang ada dalam komstir sudah tidak utuh lagi dan membuat tekanan tidak merata, sehingga stang tidak balance dan miring.Performa Suspensi Menurun
Saat berkendara melewati jalanan rusak dan pemotor akan merasakan guncangan stang yang lebih keras dari biasanya, maka ini bisa menjadi ciri-ciri komstir motor rusak.Kerusakan ini membuat performa suspensi yang bertugas meredam guncangan mengalami penurunan, sehingga guncangan terasa lebih kuat dan mengganggu kenyamanan.
Pengereman Kurang Andal
Ciri-ciri komstir motor rusak salah satunya adalah performa pengereman kurang andal. Ini dapat dirasakan ketika pengguna melakukan pengereman menggunakan rem depan dan kendaraan tidak langsung berhenti.Pengereman kurang pakem yang menjadi salah satu tanda komstir motor rusak ini cukup berbahaya jika tidak segera mendapat penanganan untuk memperbaiki komstir yang aus.
Penyebab Komstir Rusak
Sama seperti komponen lain, komstir motor memiliki masa pakai dan dapat mengalami kerusakan. Berikut ini beberapa penyebab komstir rusak pada sepeda motor:
Usia Pemakaian
Berdasarkan informasi dari Otomania, komstir motor biasanya memiliki usia pakai hingga dua tahun. Jika sudah memasuki usia dua tahun, Anda sebaiknya mengganti komponen komstir agar tidak mengganggu kenyamanan berkendara.Jalanan Rusak
Komstir ini berperan membantu menahan guncangan saat melalui medan yang buruk. Ketika sering melalui jalanan yang rusak, dapat mempengaruhi umur komstir karena terlalu sering terguncang atau menahan getaran. Jika jalanan yang dilalui cenderung rata, komstir motor cenderung memiliki umur yang lebih panjang.Kerusakan Shockbreaker Depan
Shockbreaker adalah komponen utama dalam sepeda motor untuk menahan guncangan ketika roda melalui jalanan yang buruk. Ketika shockbreaker ini rusak, maka komstir menerima guncangan yang lebih keras. Hal ini membuat komstir cepat aus atau rusak.Gaya Berkendara
Gaya berkendara juga dapat menjadi penyebab komstir rusak. Kebiasaan buruk seperti melibas lubang jalan atau polisi tidur dengan kecepatan tinggi dapat menyebabkan kerusakan shockbreaker dan komstir. Kurangi kecepatan saat melewati jalanan berlubang atau polisi tidur agar komstir tetap awet.Kualitas Komponen
Penggunaan komponen komstir berkualitas rendah juga mempengaruhi usia pemakaiannya. Komstir dengan kualitas kurang bagus biasanya menggunakan logam dengan mutu yang kurang baik, sehingga umur pemakaian bisa lebih singkat dibandingkan komstir standar atau original dari pabrikan.Kurang Perawatan
Perawatan secara teratur dapat meningkatkan usia pakai komstir motor. Komponen ini perlu dicek dan dibersihkan secara rutin untuk memastikan fungsinya berjalan dengan baik. Saat komstir longgar atau jarang dibersihkan, biasanya timbul ciri-ciri komstir motor rusak yang cukup mengganggu saat berkendara.Cara Mengatasi Komstir Motor Rusak
Setelah merasakan ciri-ciri komstir motor rusak, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai solusinya. Berikut ini ini cara mengatasi komstir motor rusak:
1. Pemeriksaan Rutin
Lakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui kondisi komstir motor, terutama setelah melewati jalanan yang rusak. Pemeriksaan secara berkala ini dapat mendeteksi masalah lebih awal, sehingga dapat mencegah kerusakan yang lebih parah.
2. Penyetelan Ulang Komstir
Ketika komstir terasa longgar atau tidak nyaman, dapat dilakukan penyetelan ulang sesuai standar. Proses penyetelan komstir ini tidak rumit, yakni cukup melonggarkan mur pengunci pada bagian triple clamp dan kencangkan mur penyetel komstir.
Pastikan tingkat kekencangan komstir sudah sesuai standar agar tidak menyebabkan kerusakan bearing.
3. Pelumasan Komstir
Kurangnya pelumasan dapat menyebabkan komstir tidak bekerja dengan baik dan menimbulkan suara aneh. Jika tidak segera dilakukan pelumasan, komstir bisa aus dan rusak. Berikut ini cara melumasi komstir:
Bongkar komstir.
- Bersihkan semua komponen komstir dari kotoran dan pelumas lama.
- Lumasi komponen komstir dengan pelumas khusus komstir.
- Pasang kembali dengan benar.
4. Penggantian Komstir
Jika setelah dilakukan pemeriksaan ternyata komstir rusak atau aus, maka perlu dilakukan penggantian. Proses penggantian komstir ini membutuhkan alat khusus dan proses penyetelan, sehingga sebaiknya dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman untuk mendapatkan performa yang optimal.
Meski komstir ini tidak berpengaruh pada performa mesin, tetapi sangat berpengaruh pada kenyamanan berkendara. Demikian ulasan mengenai penyebab dan ciri-ciri komstir motor rusak atau tanda komstir motor rusak, dan cara mengatasinya. Dengan mengetahui berbagai hal tersebut, maka sepeda motor akan tetap prima dan nyaman dikendarai.
Editor: Lucia Dianawuri & Yulaika Ramadhani