Cara Mengubah File Microsoft Word dan PowerPoint ke PDF

Oleh: Yonada Nancy - 12 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Cara mengubah file word dan powerpoint ke bentuk ekstensi PDF.
tirto.id - Penggunaan file jenis Portable Document Format (PDF) sudah tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari dan untuk berbagai keperluan.

File dengan format PDF memang lebih sering digunakan untuk berbagai keperluan karena mudah serta praktik dcara menggunakannya.

Dikutip dari laman resmi Adobe, PDF adalah file dengan format file yang digunakan untuk menyajikan dokumen serta mendukung bertukar dokumen tanpa bergantung pada perangkat lunak, perangkat keras, ataupun sistem operasi.

Ada dua format yang biasa diubah ke dalam bentuk PDF, yakni Word dan PowerPoint. Dikutip dari laman bantuan resmi milik Microsoft, berikut cara mengubah format Word dan PowerPoint menjadi PDF:

Microsoft Word dan PowerPoint 2013

1. Buka file Word yang ingin diubah menjadi PDF

2. Klik File lalu cari layanan Export

3. Klik Export, nanti akan muncul Create PDF/XPS Document, klik layanan tersebut dan akan muncul tautan dengan nama yang sama, klik kembali tautan tersebut

4. Akan muncul tab yang memungkinkan pengguna untuk meletakkan dimana file PDF nanti akan disimpan. Buka folder yang diinginkan untuk menyimpan file

5. Ubah nama file dalam tab File Name

6. Centang perintah open file after publishing jika ingin membuka file secara otomatis ketika PDF selesai dibuat, dan hilangkan centang jika tidak ingin melakukannya

7. Tampilan akhir PDF dapat diubah dengan memilih ukuran file yang ingin disimpan. Pilih Standar untuk kualitas yang lebih tinggi (cocok jika tujuannya untuk dicetak).

Pilih Minimum size untuk membuat ukuran file lebih kecil (cocok digunakan ketika ingin melampirkan file melalui email)

8. Terakhir Klik Publish.

Microsoft Word dan PowerPoint 2010

1. Buka file Word yang ingin diubah menjadi PDF

2. Klik tab File, lalu klik Simpan Sebagai

3. Dalam kotak dialog Simpan Sebagai, klik panah di dalam daftar Simpan sebagai tipe, lalu klik PDF atau XPS

4. Klik Opsi

5. Pastikan bahwa kotak centang Tag struktur dokumen untuk aksesibilitas telah dipilih, lalu klik OK

6. Klik Simpan


Baca juga artikel terkait ADOBE atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yandri Daniel Damaledo
Kontributor: Yonada Nancy