Cara Uninstall Adobe Flash Player pada Perangkat Windows

Oleh: Yuda Prinada - 5 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Adobe akan melakukan pemblokiran terhadap pengguna yang masih menggunakan Flash Player mulai 12 Januari 2021.
tirto.id - Flash Player, salah satu program Adobe yang digunakan untuk mengakses konten flash di perangkat Windows, sudah tidak dapat digunakan lagi sejak 31 Desember 2020.

Bahkan, Adobe akan melakukan pemblokiran terhadap pengguna yang masih menggunakan Flash Player mulai 12 Januari 2021.

Menurut laman resminya, Adobe memberikan saran pada seluruh pengguna untuk mencopot pemasangan program tersebut di perangkatnya dengan alasan demi kemananan sistem.

Pada awalnya, program ini memang sangat diperlukan untuk menikmati konten-konten yang membutuhkan plugin flash. Namun, seiring berkembangnya teknologi, Flash Player semakin tidak dibutuhkan dan telah mencapai End Of Life (EOL).


Cara Uninstall

Untuk uninstall Adobe Flash Player pada perangkat Windows, tahap pertama yang harus dilakukan pengguna adalah mengunduh terlebih dahulu program Uninstaller melalui laman resmi Adobe.

Program ini dapat digunakan untuk menghapus Adobe Flash Player yang sudah terpasang di Windows, baik itu versi 32-bit maupun 64-bit.

Simpan file yang sudah diunduh pada tempat yang mudah ditemukan, misalnya, di folder "Desktop" yang selalu terlihat ketika pengguna menyalakan perangkat.

Setelah langkah tersebut, pengguna diwajibkan untuk menutup seluruh web browser seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, atau Google Chrome.

Selain itu, pantau juga program yang berjalan di latar belakang, misalnya, AOL Instant Messenger, Yahoo! Messenger, dan lain-lain. Alasannya, sudah tentu untuk memastikan seluruh aktivitas dari Flash Player terhenti.

Lalu, bukalah program Uninstaller yang telah diunduh dan taruh di folder Desktop tadi. Jika ada tampilan “Do you want to allow the following program to make changes to this computer”, klik "Yes”.

Secara otomatis, program penghapus Adobe Flash Player akan berjalan. Jika sudah selesai, pengguna juga harus menghapus segala data yang masih bersangkutan dengan Flash Player.

Untuk mencari data-data tersebut dengan cepat, klik “Start” lalu pilih “Run”. Isi kolom yang tersaji dengan C:\Windows\system32\Macromed\Flash lalu klik "OK". Setelah proses pencarian selesai, klik kanan pada folder Flash dan pilih “Delete”.

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mencari tahu kepastian mengenai apakah program tersebut sudah tidak ada atau masih menempel di perangkat. Pengguna hanya perlu restart device lalu membuka browser Adobe untuk melakukan pengecekan.


Baca juga artikel terkait ADOBE FLASH PLAYER atau tulisan menarik lainnya Yuda Prinada
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Ibnu Azis
DarkLight