Cara Membuat Penomoran Halaman yang Berbeda di Microsoft Word 2016

Oleh: Rachma Dania - 12 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Penomoran halaman ada beberapa jenis, seperti i, ii, iii dan 1, 2, 3.
tirto.id - Saat mengerjakan tulisan terkadang akan ada beberapa aturan penomoran halaman. Pada saat dicetak hal ini bisa memudahkan kita untuk mencari bagian-bagian tertentu pada buku karena cukup mencari dengan nomor halaman saja.

Penomoran halaman ada beberapa jenis, seperti i, ii, iii dan 1, 2, 3. Akan tetapi tidak semua orang mengetahui cara membuat penomoran halaman yang berbeda.

Salah satu aplikasi pengolah dokumen populer untuk menulis dan menyunting adalah Microsoft Word, yang sudah ada sejak tahun 1983 dan masih eksis hingga sekarang. Seri terbaru Microsoft Word adalah Microsoft Word 2019 yang rilis pada September 2018.

Pada aplikasi Microsoft Word terkadang beberapa orang memilih untuk membuat lembar kerja baru pada dokumen baru agar lebih mudah dalam menomorinya. Padahal ada cara tersendiri apabila akan menomori halaman dengan format nomor yang berbeda.

Berikut ini cara membuat dan menambahkan nomor halaman atau format nomor yang berbeda pada halaman lain dalam aplikasi Microsoft Word 2016.

  1. Buka dokumen dan pilih halaman yang akan diberi nomor
  2. Pilih opsi tata letak atau layout pada Microsoft Word 2016. Pilih opsi break lalu pilih halaman berikutnya atau next page
  3. Di halaman setelah break, klik dua kali di bagian atas halaman atau header. Bisa juga klik dua kali di bagian bawah halaman atau footer. Terserah di mana ingin menampilkan nomor halaman. Setelah diklik maka akan muncul tab desain
  4. Berikutnya, klik tautan sebelumnya atau link to previous untuk memutuskan sambungan header dan footer dari header atau footer di bagian sebelumnya
  5. Di dalam pilihan header dan footer, klik nomor halaman kemudian pilih lokasinya
  6. Untuk memilih format atau mengontrol nomor awal, dalam grup Header & Footer, pilih Nomor Halaman > Format Nomor Halaman
  7. Klik Format angka untuk memilih format penomoran, seperti a, b, c atau i, ii, iii
  8. Anda bisa menyesuaikan lebih lanjut di dalam kotak format penomoran

Salah satu contoh penomoran halaman yang berbeda terjadi pada tugas akhir atau skripsi. Di dokumen ini, penomoran halaman i, ii, iii, dan seterusnya biasanya dipakai untuk halaman kata pengantar, daftar isi, dan abstrak.

Sementara penomoran halaman 1, 2, 3, dan seterusnya untuk halaman pendahuluan, latar belakang masalah, bab 1, termasuk kesimpulan.


Baca juga artikel terkait MICROSOFT atau tulisan menarik lainnya Rachma Dania
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Rachma Dania
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Rachma Dania