Cara Menghentikan Overthinking, Pikiran dan Kecemasan Berlebihan

Oleh: Ahmad Efendi - 13 Oktober 2021
Dibaca Normal 2 menit
Menurut psikolog, ada 6 cara menghilangkan overthinking, salah satunya berlatih mindfulness. Berikut penjelasan masing-masing metode tersebut.
tirto.id - Cara menghilangkan overthinking perlu diketahui lantaran memikirkan suatu hal secara berlebihan dan terus menerus dapat berdampak buruk bagi kesehatan mental seseorang.

Overthinking kerap kali muncul karena seseorang terus mengingat dan memikirkan hal-hal tertentu yang lahir dari berbagai keadaan. Ia bisa jadi muncul dari kenangan pilu di masa silam, kesalahan yang kita sesali hingga bayang-bayang kegagalan yang berisiko terjadi.

Dikutip dari Psychology Today, overthinking dapat berupa ruminasi, kondisi ketika seseorang berhubungan dengan ingatan terus-menerus pada masa lalu, dan khawatir berlebihan, jika ia berhubungan dengan masa depan.

Sebuah studi menemukan bahwa 52 persen dari orang-orang setengah baya berusia 45 hingga 55 tahun memikirkan suatu problem secara berlebihan atau mengalami overthinking. Demikian pula, ada sekitar 73 persen dari orang dewasa usia 25 hingga 35 tahun terjebak di masalah yang sama.

Dilansir dari The Health Site, beberapa masalah yang kerap muncul akibat overthinking antara lain bisa berupa terganggunya metabolisme tubuh, masalah pencernaan, berpotensi merusak organ jantung, hingga merusak kesehatan kulit.

Cara Menghilangkan Overthinking


Maka dari itu, berikut ini tips untuk menghentikan overthinking, sebagaimana dilansir dari Psychology Today.

1. Perhatikan pikiran

Kesadaran adalah langkah pertama untuk mengakhiri overthinking. Ketika telah menyadari bahwa Anda mulai banyak berpikir: melihat peristiwa dalam pikiran secara berulang, atau mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan, akui bahwa pikiran itu tidak produktif.

2. Hadapi pikiran negatif sebelum memburuk

Setelah menyadari kondisi yang Anda alami, sekarang saatnya untuk belajar mengendalikan pikiran tersebut. Pikiran negatif dapat dengan mudah membuat Anda terbawa.

Kendalikan diri Anda agar tidak terlarut dalam pikiran tersebut dan tanamkan dalam pikiran bahwa hal tersebut terlalu berlebihan untuk dipikirkan, sehingga sebaiknya Anda berhenti memikirkannya.

3. Fokus pada pemecahan masalah

Overthinking dapat muncul ketika kita menghadapi masalah tertentu dalam hidup. Namun, yang harus diketahui memikirkannya berlarut-larut tidak selalu dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Sebaiknya Anda fokus pada langkah pasti yang dapat menjadi solusi masalah tersebut. Jangan terus menyesali mengapa sesuatu dapat terjadi, tapi lebih baik fokus pada apa yang dapat memperbaiki keadaan tersebut.

4. Jadwalkan waktu refleksi

Jika harus memikirkan masalah-masalah kehidupan, luangkanlah waktu untuk hal tersebut. Anda dapat meluangkan waktu sekitar 20-30 menit untuk refleksi dan introspeksi diri. Anda dapat memikirkan kesalahan yang Anda lakukan dan fokus pada bagaimana memperbaikinya.

Selain itu Anda juga dapat memikirkan tentang tantangan-tantangan di depan dan menyusun strategi untuk melewatinya. Apabila waktu tersebut habis, Anda harus kembali ke aktivitas biasa dan kembali produktif.

5. Berlatih Mindfulness

Mindfulness mengharuskan Anda sepenuhnya sadar dan fokus pada keberadaan saat ini. Cara ini membutuhkan latihan dan jika Anda berhasil melakukannya, maka akan sangat membantu dalam mengurangi overthinking.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih mindfulness adalah sebagai berikut:

  • Hindari akses pada pekerjaan di luar jam kerja Anda dan fokus pada aktivitas lain yang bisa dilakukan;
  • Nikmati makanan Anda dengan perhatian penuh, jangan melakukan hal lain ketika makan;
  • Jalan-jalan sambil memerhatikan lingkungan sekitar, bila perlu catat apa saja yang Anda temui di jalan mulai dari apa yang Anda lihat, dengar, dan hirup.

6. Mencari Distraksi

Mencari kegiatan baru dapat menjadi salah satu cara menghilangkan overthinking yang ampuh. Setiap orang dapat memiliki distraksi yang berbeda-beda.

Lakukanlah kegiatan-kegiatan yang dapat membuat Anda senang dan lupa pada apa yang dipikirkan. Kegiatan ini dapat berupa olahraga, membaca buku, mempelajari hal baru, atau banyak aktivitas lainnya.

Selain cara-cara tersebut, mengapresiasi segala pencapaian diri serta melakukan meditasi juga bisa menjadi alternatif lain dalam menghentikan overthinking.


Baca juga artikel terkait CEMAS atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight