Menuju konten utama

Bank DBS Indonesia Luncurkan Layanan Transaksi Cross-Border Tracker

Bank DBS menjadi yang pertama di Indonesia yang meluncurkan layanan transaksi cross-border tracker untuk nasabah korporasi. 

Bank DBS Indonesia Luncurkan Layanan Transaksi Cross-Border Tracker
Ilustrasi DBSI. FOTO/Dok. DBSI

tirto.id - Perkembangan teknologi mendorong sektor keuangan dan perbankan untuk melakukan transformasi digital dalam memenuhi kebutuhan nasabah.

Sebagai bank yang senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan solusi dan inovasi perbankan, pada awal November 2020, Bank DBS Indonesia menjadi bank pertama di Indonesia yang meluncurkan sistem pelacakan daring cross-border untuk transaksi masuk bagi nasabah korporasi.

Layanan ini merupakan pelengkap dari sistem pelacakan untuk transaksi keluar yang diluncurkan tahun 2018 silam guna memberikan kenyamanan digital kepada nasabah korporasi Bank DBS Indonesia.

DBS Incoming SWIFT GPI (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication, Global Payment Innovation) merupakan layanan pelacakan online DBS yang didukung oleh SWIFT, di mana GPI akan membantu memberikan informasi terkini mengenai status transaksi keluar dan masuk secara real time, tanpa biaya tambahan.

Layanan DBS Incoming SWIFT GPI memastikan bahwa penerimaan transaksi dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan nasabah dapat dilakukan secara cepat, terlacak, dan transparan.

Dengan kemampuan digital dari GPI, nasabah korporasi dapat melacak dan memegang lebih banyak kendali atas seluruh aliran pembayaran mereka secara real time.

“Perkembangan teknologi dan mengantisipasi peningkatan kebutuhan nasabah mendorong Bank DBS Indonesia untuk terus melakukan inovasi digitalnya guna menghadapi kompleksitas dan tantangan masa kini. Sebelumnya, nasabah harus melewati proses manual dan membutuhkan waktu untuk mendapatkan status terkini dari transaksi Incoming Telegraphic Transfer. Oleh karena itu, DBS Incoming SWIFT GPI akan mempermudah dan mempercepat proses tersebut dengan memungkinkan nasabah untuk melacak transaksi secara real-time, transparan dan informatif melalui layanan internet banking kami, DBS IDEAL, di manapun dan kapanpun mereka berada,” ujar Executive Director, Head of Global Transaction Services, PT Bank DBS Indonesia, Iwan Rusli, dalam rilis yang diterima Tirto, Senin (7/12/2020).

Sebelumnya, pelacakan cross-border dilakukan secara manual dan dengan biaya yang tinggi serta memakan waktu. Dalam proses tersebut, korporasi mengandalkan salinan pesan SWIFT dari pengirim sebagai bukti bahwa dana mereka telah diproses oleh bank.

Untuk mengetahui status terkini dari transaksi yang dilakukan pun korporasi harus bergantung pada bank mereka atau bank pengirim.

Berbeda halnya dengan layanan DBS Incoming SWIFT GPI, yang memiliki tiga keunggulan, yakni terlacak, transparan, dan lengkap. Informasi transaksi pengiriman uang dapat diselesaikan secara cepat, status pengiriman dapat diakses oleh seluruh pihak, dan setiap transaksi dapat dilacak secara real time.

“SWIFT GPI telah menciptakan sebuah standar baru untuk transaksi cross-border dengan menawarkan kecepatan, kepastian, serta transparansi biaya, yang memberikan keuntungan bagi korporasi. Globalisasi dalam transaksi commerce yang ada saat ini tidak hanya membutuhkan proses transaksi yang lebih efisien, melainkan juga mampu menyederhanakan rantai pasokan serta mempercepat transaksi hanya dalam hitungan menit. Kami bangga dapat bekerja sama dengan Bank DBS Indonesia dalam peluncuran DBS Incoming SWIFT GPI ini. Korporasi Indonesia sekarang dapat melacak transaksi cross-border mereka dari awal hingga akhir, sehingga mereka dapat mengoptimalkan likuiditas dan merencanakan keuangan lebih baik lagi,” ucap Country Manager Indonesia, SWIFT, Johan Sidarno.

Dengan arus transaksi masuk yang mudah dilacak dan transparan, kini korporasi dapat mengelola keuangan mereka secara efektif dan memenuhi kewajiban komersial secara cepat, seperti mengirim barang sesaat setelah menerima bukti pembayaran dari keluarga dan handai tolan di luar negeri, mengoptimalkan inventaris dan siklus kas, serta membangun rantai pasokan yang lebih efisien.

Layanan DBS Incoming SWIFT GPI telah terintegrasi dengan internet banking untuk nasabah korporasi, yaitu DBS IDEAL, guna mempermudah nasabah untuk dapat mengakses fitur-fitur yang ada.

PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman merupakan salah satu pengguna layanan menyampaikan, “Layanan terbaru DBS IDEAL, yaitu Incoming SWIFT GPI, merupakan inovasi yang efektif dalam melakukan pelacakan dana masuk dari transaksi telegraphic transfer ke rekening kami. Dengan kemampuan terlacak secara real time, digital, dan mandiri, kami memiliki visibilitas penuh atas transaksi yang dilakukan oleh pengirim dana, serta dapat tracking transaksi incoming. Proses manual yang sebelumnya kami lakukan juga berkurang sehingga meningkatkan efisiensi kerja karyawan kami. Dengan pendekatan transformatif yang diambil oleh Bank DBS Indonesia ini, kami yakin kegiatan bertransaksi kami akan lebih mudah sehingga pengelolaan modal kerja dapat lebih efektif dan meningkat di masa mendatang,” ucap Head of Finance, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, Yuliana Kusuma.

Sebelum diimplementasikan untuk nasabah korporasi di Indonesia, Bank DBS telah meluncurkan layanan ini untuk nasabah Bank DBS Singapura dan Hongkong. Didukung oleh SWIFT GPI, lebih dari 240.000 nasabah korporasi dan usaha kecil dan menengah (UKM) di Singapura telah terbantu oleh layanan ini.

Menyusul peluncuran layanan DBS Incoming SWIFT GPI di Indonesia, Bank DBS akan memperluas area cakupan layanan ini ke negara lainnya di beberapa bulan kedepan, seperti Vietnam, India, Tiongkok, dan Taiwan.

Baca juga artikel terkait BANK DBS INDONESIA

tirto.id - Marketing
Sumber: pers rilis
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH