Apple Tatap Masa Depan di India

Oleh: Ign. L. Adhi Bhaskara - 23 Mei 2016
CEO Apple Tim Cook melakukan kunjungan resmi ke India untuk bertemu dengan pemerintah dan operator selular di negara tersebut. Kunjungan tersebut bertujuan untuk membahas masa depan Apple di India, yang dinilai oleh Tim Cook memiliki masa depan yang menjanjikan.
tirto.id - Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook dalam kunjungan resminya ke India dikabarkan bertemu dengan pemerintah dan operator setempat untuk berbicara tentang masa depan Apple pada negara tersebut.

Apple melihat India memiliki "masa depan yang sangat besar dan cerah", dan perusahaan dengan logo buah apel tergigit itu ingin menjadi bagian dari masa depan India.

Dalam wawancara eksklusif di salah satu stasiun televisi, Tim Cook berbagi rencana langkah Apple di pasar India. Ia melihat adopsi 4G sebagai kunci, baik untuk masa depan India, maupun masa depan Apple di dalamnya.

Dia melihat jelas "bakat" di India, dan menyebut bahwa hal itu perlu diberi kesempatan. Oleh karenanya, Tim Cook mengatakan bahwa pembukaan pengembangan akselerator aplikasi iOS direncanakan akan digelar di India tahun depan.

Selain itu, Apple juga akan mengucurkan dana ratusan juta dolar untuk fasilitas pembangunan aplikasi peta digitalnya, Apple Maps.

Salah satu tantangan yang Apple hadapi di India adalah membawa perangkat pre-owned bersertifikat ke dalam negara tersebut, yang sejauh ini telah dibatasi oleh pemerintah. Langkah tersebut dinilai merupakan jalan untuk masuk ke dalam ekosistem Apple secara terjangkau.

Soal ekosistem Apple, yang saat ini belum ada di India, Tim Cook mengatakan bahwa Apple berencana membawa semua layanan yang dimilikinya ke pasar lokal. Dan, jika ada layanan baru yang unik ditemukan di India, Apple juga akan mengembangkan layanan tersebut.

Khusus Apple Pay, Apple juga tengah dalam pembicaraan dengan sejumlah bank di India.

Belum lama ini Apple merilis laporan keuangan kuartal keduanya yang cukup mengecewakan. Penjualan iPhone mereka di Cina, salah satu pasar terpenting perusahaan tersebut setelah Amerika Serikat, jatuh cukup dalam. Selain itu, beberapa layanan mereka juga ditutup akibat regulasi yang baru-baru ini diterapkan di Negara Tirai Bambu tersebut.

Baca juga artikel terkait APPLE atau tulisan menarik lainnya Ign. L. Adhi Bhaskara
(tirto.id - Teknologi)

Sumber: Antara
Penulis: Ign. L. Adhi Bhaskara
Editor: Ign. L. Adhi Bhaskara