Menuju konten utama

30 Soal Ujian Asesmen Madrasah SKI Kelas 9 MTs dan Jawabannya

Kumpulan contoh soal ujian Asesmen Madrasah Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas 9 Madrasah Tsanawiyah (MTs) beserta kunci jawabannya.

30 Soal Ujian Asesmen Madrasah SKI Kelas 9 MTs dan Jawabannya
Ilustrasi ujian. foto/Istockphoto

tirto.id - Kumpulan contoh soal ujian Asesmen Madrasah mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas 9 Madrasah Tsanawiyah (MTs) beserta kunci jawabannya bisa digunakan sebagai bahan belajar untuk persiapan sebelum AM dilaksanakan.

Asesmen Madrasah merupakan penilaian sumatif sebagai pengganti dari Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional yang akan dihadapi oleh seluruh siswa di akhir jenjang pendidikan madrasah guna mengukur capaian hasil pembelajaran.

Penilaian tersebut tentunya juga dilakukan dengan merujuk pada Standar Kompetensi Lulusan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Pelaksanaan Asesmen ini juga menjadi salah satu syarat penentu kelulusan bagi siswa di akhir jenjang pendidikan .

Materi yang akan diujikan dalam Asesmen Madrasah yakni meliputi seluruh mata pelajaran wajib dan muatan lokal. Adapun bentuk soal Asesmen Madrasah untuk jenjang MI, MTs, dan MA/MAK dapat berupa tes tertulis, praktik, portofolio, maupun bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah.

Kumpulan Soal Asesmen Madrasah SKI Kelas 9 dan Jawabannya

Berikut ini adalah kumpulan soal Asesmen Madrasah mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam untuk Kelas 9 MTs. Kunci jawaban terletak di akhir pilihan jawaban dengan dicetak miring.

1. Sejarah dan geografi adalah ilmu yang membahas tentang perjalanan hidup, kisah, dan riwayat. Pada masa Dinasti Umayyah, Khalifah Muawiyyah bin Abu Sufyan memerintahkan pada Ubaid bin Syariyah al Jurhumi untuk menulis buku sejarah masa lalu dan masa Bani Umayyah. Diantara karyanya adalah kitab al Muluk wal Akhbar al Madli (Buku catatan sejarah raja – raja masa lalu). Peran ilmu sejarah bagi kehidupan manusia adalah ....

A. Dengan sejarah kita bisa mengetahui keburukan kehidupan manusia di masa lalu

B. Melalui belajar sejarah manusia mampu meniru kehidupan masa lalu

C. Melalui belajar sejarah diharapkan manusia menyadari bahwa segala sesuatu tidak instan, semua mengalami proses sehingga masa depan lebih baik

D. Dengan sejarah kita bisa memahami dan menyadari kehidupan masa lalu

Jawaban : C

2. Nabi Muhammad menyerukan kepada umatnya untuk menjaga kehidupan agar sesuai dengan aturan dan tuntunan Allah Swt. Setiap kebaikan akan mendapatkan balasan kebaikan sebaliknya setiap kejahatan akan mendapat balasan yang setimpal dengan apa yang dilakukannya. Hal tersebut sesuai dengan salah satu misi Nabi Muhammad Saw yang disampaikan kepada pengikutnya tentang ....

A. mengajarkan ketauhidan

B. merubah perilaku jahiliyah

C. menegaskan hari kiamat

D. mengangkat hak asasi manusia

Jawaban : C

3. Menciptakan kehidupan bernegara yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme telah diteladankan oleh salah satu Khulafaur Rasyidin. Prestasi yang membanggakan ini telah diukir oleh khalifah ....

A. Ali bin Abi Ṭalib

B. Uṡman bin Affan

C. Umar bin Khaṭṭab

D. Abu Bakar Aṣ-Ṣiddiq

Jawaban : A

4. Setibanya di kota Madinah, Nabi Muhammad Saw disambut serta mendapatkan perlindungan oleh masyarakat Madinah. Nabi Saw memberikan gelar umat Islam Madinah dengan sebutan kaum Anshar. Langkah awal yang dilakukan oleh Nabi Saw pertama kali tiba di Madinah adalah membangun masjid sebagai sarana ibadah. Sebagai pelajar yang saat ini sedang menghadapi tantangan pembelajaran di masa pandemi Covid 19 dengan pembelajaran terbatas, maka sikap yang dapat dilakukan adalah ....

A. menganggap kondisi pandemi Covid 19 bukanlah peristiwa darurat dan berbahaya

B. memperbanyak berdoa agar pandemi segera berlalu diikuti menjalankan prokes sambil belajar mengembangkan materi

C. menghabiskan waktu untuk melakukan hal yang tidak ada kaitannya dengan kegiatan pembelajaran

D. menciptakan komunitas game online tanpa memperhatikan prokes

Jawaban : B

5. Setelah mendapatkan wahyu dari Allah berupa perintah untuk berdakwah, Nabi Muhammad mulai mengatur strategi berdakwah di Makkah pada masyarakat quraisy secara sirriyah dan jahr. Nabi Muhammad Saw menyampaikan dakwah secara sirriyah dengan cara ....

A. menyampaikan dakwah terang-terang di pasar

B. mengajak pimpinan quraisy untuk masuk Islami

C. melaksanakan dakwah secara terbuka di bukit shafa

D. mengajak kerabat, sahabat dan tetangga dekat

Jawaban : D

6. Merebaknya perdagangan online menunjukkan pesatnya perdagangan di Indonesia. Hal ini pula yang pernah dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat Madinah melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan. Di masa pandemi, perdagangan online merupakan cara berdagang yang paling efektif dalam membatasi interaksi dengan orang lain (social distancing). Berdagang online sesuai cara dagang yang pernah dicontohkan Nabi Muhammad Saw. dapat dilakukan dengan ....

A. meningkatkan keuntungan dan variasi cara dagang

B. mengutamakan kejujuran tanpa mengesampingkan laba

C. menjalin hubungan dagang dengan para saudagar kaya

D. mengedepankan asas kekeluargaan dan hak asasi manusia

Jawaban : B

7. Setiap tanggal 12 Rabiul Awal umat Islam hampir di seluruh dunia, khususnya di Indonesia memperingati hari lahir Nabi Muhammad Saw. Peringatan itu tiada lain bertujuan untuk mengingat kembali jejak kehidupan dan perjuangan Rasulullah Saw. sejak lahir hingga Islami tersebar ke seluruh dunia. Sikap dan tindakan Rasulullah Saw. ketika berinteraksi dan berjuang menyampaikan risalah Islami selalu menjadi bahan renungan dan teladan umat manusia dewasa ini. Hal itu karena keluhuran budi pekertinya. Sikap yang dapat kita terapkan dalam berdakwah sesuai dengan strategi dakwah Rasulullah Saw. adalah ....

A. melakukan pencitraan diri untuk menarik simpati masyarakat

B. memposisikan diri sebagai pemimpin yang harus ditaati

C. menunjukkan sikap lemah lembut, bijaksana, dan sabar

D. menyebarkan Islam dengan cara sembunyi-sembunyi

Jawaban : C

8. Perhatikan kisah berikut !

Pada suatu malam, Khalifah Umar bin Abdul Aziz mengerjakan pekerjaan negara, anaknya menghampiri dan mengerjakan pekerjaan lain. Kemudian beliau segera memadamkan lampu. Anaknya bertanya : “Mengapa ayah mematikan lampu ?”. Beliau menjawab : “Aku gunakan lampu untuk kepentingan negara, sedangkan kamu untuk kepentingan pribadi. Padahal minyak dalam lampu ini dibiayai oleh kas negara.” Dari kisah kepribadian Umar bin Abdul Aziz tersebut dapat diambil pelajaran ....

A. shalih, sederhana, jujur, dan amanat serta zuhud dalam kehidupan

B. sederhana karena pemerintahannya miskin

C. sombong dan mementingkan diri sendiri

D. perilaku sederhana untuk mendapatkan pengakuan dan simpati rakyat

Jawaban : A

9. Cacar air atau disebut juga varicella merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Penyakit yang kerap dialami anak-anak ini ditandai munculnya lepuhan merah dan gatal pada kulit. Diagnosa seputar penyakit cacar beserta cara pengobatannya telah disumbangkan oleh seorang tokoh kedokteran muslim dalam sebuah karyanya yang berjudul al-Judar wal Hasbat. Ilmuwan muslim penemu penyakit cacar air yang dimaksud, adalah ....

A. At-Thabari

B. Ar-Razi

C. Al-Kindi

D. Al-Ghazali

Jawaban : B

10. Imam Malik memiliki nama lengkap Malik bin Anas bin Malik bin Abi Amir bin Amr bin al Harits bin Ghaiman bin Jutsail bin Amr bin al Harits Dzi Ashbah. Imam Malik dilahirkan di Madinah tahun 93 H dan wafat pada tahun 179 H. Beliau dikenal dengan sebutan “Sayyid Fuqaha’ al Hijaz” (Pemimpin para ahli fiqh di seluruh daerah Hijaz). Imam Malik membangun madzhabnya atas empat dasar rujukan, yaitu ....

A. Al qur’an, Sunnah Rasul, Fatwa Sahabat, Istihsan, Ijma’, dan ‘Urf

B. Al qur’an, Sunnah Rasul, Ijma’, dan Qiyas

C. Al qur’an, Sunnah Rasul, Ijma’, Qiyas, Maslahah Mursalah, dan Istihsan

D. Al qur’an, Hadits, dan Ijma’ Ulama

Jawaban : B

11. Syarafuddin Abu Abdillah Muhammad bin Abdullah As-Shanhaji Al-Bushiri, sastrawan dan sosok ulama yang hafal dan faham tiap detail ayat-ayat Al-Qur’an. Karya besarnya yang hingga kini masih sering ditampilkan pada acara maulid Nabi Muhammad Saw. adalah ....

A. Al-Barzanji

B. Ad-Dibai

C. Dhiya Al-Lami

D. Qasidah Burdah

Jawaban : D

12. Perhatikan nama-nama berikut ini!

1. Imam Syafi'i

2. Imam Bukhari

3. Imam Hanafi

4. Imam At-Tirmidzi

5. Imam An-Nasa'i

6. Imam Muslim

Nama-nama ulama di atas yang termasuk penyusun Kutubus Sittah ditunjukan pada nomor ....

A. 1, 2, 3, dan 4

B. 1, 3, 5, dan 6

C. 2, 4, 5, dan 6

D. 3, 4, 5, dan 6

Jawaban : C

13. Kehidupan Shalahuddin al Ayyubi (Sultan Saladdin) penuh dengan perjuangan menunaikan tugas negara dan agama. Perang yang dilakukan sepenuhnya untuk membela agama dan negara. Ia merupakan ksatria yang berjiwa toleransi tinggi. Ketika memasuki Iskandariyah, Shalahuddin tetap mengunjungi orang – orang kristen pada saat perdamaian terjadi dengan tentara salib. Ia mengizinkan orang Kristen berziarah ke Baitul Maqdis. Sikap yang dapat diteladani untuk diterapkan di masa sekarang adalah ....

A. Menjunjung tinggi nilai kesatuan dan persatuan bangsa

B. Menegakkan agama Allah Swt dengan penuh kedamaian

C. Memberikan toleransi antar umat beragama untuk menjaga persatuan

D. Menjaga keamanan dan perdamaian dunia

Jawaban : C

14. Dilahirkan di Khawarizm, Uzbekistan pada tahun 780 M dengan nama lengkap Muhammad bin Musa Al Khawarizmi yang kemudian lebih dikenal dengan Al-Khawarizmi. Beliau dikenal sebagai tokoh utama dalam kajian matematika dan observer bidang astronomi. Beliau menulis karya tentang aritmatika dan aljabar. Karya aljabarnya yang memuat tentang pengetahuan matematika yang kemudian disebut barisan Fibonacci terdapat dalam karyanya yang berjudul ....

A. Al-Mukhtasar fil Hisab al-Jabar wal Muqabalah

B. Tahdzibul Akhlaq wa Taṭhirul A’raq

C. Risalah fi Madkhal al-Mantiq bil Istifa al Qaul Fih

D. Thafutut al-Falasifah

Jawaban : A

15. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

(1) percetakan mata uang dirham campuran (fulus) sebagai alat tukar

(2) pengembangan masjid sebagai sekolah juga mausoleum

(3) dibangunnya benteng Qal’al Jabal

(4) menjadikan Damaskus sebagai kota pendidikan

(5) berdirinya madrasah Nidzamiyah

Pernyataan diatas yang merupakan bukti kemajuan bidang pendidikan pada masa Daulah Ayyubiyah diklasifikasikan pada huruf ....

A. (1), (2), dan (4)

B. (1), (3), dan (5)

C. (2), (4), dan (5)

D. (3), (4), dan (5)

Jawaban : C

16. Usaha membangun peradaban emas Daulah Abbasiyyah juga terjadi pada bidang administrasi pemerintahan. Pengangkatan kepala daerah untuk menjaga daerah kekuasaan Daulah Abbasiyyah yang dipimpin oleh gubernur (Amir). Untuk memudahkan koordinasi pemerintah pusat dan daerah, pimpinan pemerintah desa (Qaryah) yang bertanggung jawab pada gubernur adalah ....

A. Diwanul hisab

B. Diwanul kharaj

C. Syaikhul qaryah

D. Wazirul qurra’

Jawaban : C

17. Berdirinya Dinasti Abbasiyah ditandai dengan runtuhnya Bani Umayyah tidak lepas dari peranan penting parah tokoh yang sangat berjasa, antara lain : Muhammad bin Ali, Ibrahim bin Muhammad bin Ali, dan Abu Muslim Al Khurasani. Dinasti Abbasiyah dipimpin oleh 37 khalifah dan berkuasa selama 5,5 abad. Khalifah pertama Dinasti Abbasiyah adalah ...

A. Abu Muslim Al Khurasani

B. Abul Abbas As-Saffah

C. Abu Ja’far Al-Mansur

D. Harun Ar-Rasyid

Jawaban : B

18. Daulah Mamluk berkuasa di Mesir pada tahun 1250-1517 M. Meskipun Daulah Mamluk terdiri atas berbagai ras yang berbeda-beda, mereka mampu mengapresiasi dengan baik pembangunan arsitektur dan kesenian, sehingga dalam kedua bidang itu, Mesir boleh dibandingkan dengan daulah-daulah yang lain. Bahkan Kairo hingga saat ini masih menjadi tempat yang indah bagi dunia peradaban Islami. Berikut yang merupakan faktor pendukung Daulah Mamluk dalam membangun peradaban Islami di Mesir adalah ....

A. memiliki paham Islam Sunni sama dengan paham yang diikuti Daulah Ayyubiyah, sehingga mendapatkan dukungan yang kuat

B. berhasil mengorganisir angkatan perang dan memperkuat benteng Suriah, serta menjadi pusat penyampaian ajaran Syi’ah

C. adanya kepribadian dan wibawa Sultan yang tinggi, solidaritas sesama yang kuat, dan stabilitas Negara yang aman dari gangguan

D. menerapkan bentuk pemerintahan yang oligarki dan menerapkan kepemimpinan berdasarkan kekuatan dan pengaruh

Jawaban : C

19. Sebagai lembaga pendidikan, pesantren ikut bertanggung jawab terhadap proses pencerdasan kehidupan bangsa secara integral. Sedangkan secara khusus pesantren bertanggung jawab terhadap kelangsungan tradisi keagamaan dalam kehidupan masyarakat. Dalam kaitannya dengan dua hal tersebut, pesantren memilih model tersendiri yang dirasa mendukung secara penuh tujuan dan hakekat pendidikan itu sendiri, yaitu ....

A. sebagai wadah generasi muslim untuk menuntut ilmu pengetahuan

B. menciptakan manusia yang cerdas dan dapat menghasilkan produk karya modern

C. menyiapkan generasi muda masa depan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi

D. membentuk manusia mukmin sejati yang memiliki kualitas moral dan intelektual secara seimbang

Jawaban : D

20. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang sudah lama ada di Indonesia, sehingga begitu mengakar dengan adanya budaya bangsa serta mampu mempertahankan eksistensinya dari berbagai ujian. Pondok pesantren tidak akan lepas dari beberapa hal, kyai, santri, asrama, dan kurikulum pembelajaran berupa kitab kuning. Pondok pesantren berasal dari 2 kata, pondok dan santri. Pondok berasal dari bahasa arab ‘funduq’ yang berarti ....

A. Tempat penginapan, asrama

B. Tempat peristirahatan

C. Orang yang tidur bersama

D. Tempat persinggahan

Jawaban : A

21. Nyadran adalah serangkaian upacara yang dilakukan oleh masyarakat Jawa, terutama Jawa Tengah. Tradisi nyadran biasanya dilakukan ketika menjelang bulan Ramadhan, Idul Fitri atau pada saat datangnya bulan Sya’ban. Tradisi ini bertujuan untuk ....

A. menyambut malam Lailatul Qadar

B. menyambut datangnya bulan Ramadhan

C. saling memohon maaf antar sesama muslim

D. menghormati dan mendoakan leluhur dengan menziarahi makamnya

Jawaban : D

22. Sebagai sebuah kerajaan, Aceh mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses Islamisasi, hal ini dikarenakan ....

A. terletak dekat dengan penghasil rempah-rempah terbesar di Nusantara

B. masyarakat Aceh bersifat fanatis dan intoleran dalam beragama

C. menjadi jalur penting perdagangan setelah Malaka dikuasai Portugis

D. adanya hubungan keluarga dengan penguasa Islam di Gujarat

Jawaban : C

23. Sunan Kalijaga adalah putra bupati Tuban yang bernama Raden Tumenggung Wilatikta. Banyak masyarakat yang simpati dengan cara dakwah beliau yang memanfaatkan wayang purwa atau wayang kulit dan gamelan sebagai media dakwah. Dalam menyampaikan dakwah, Sunan Kalijaga banyak menggunakan pendekatan kultural karena ....

A. budaya adalah sesuatu yang sudah mendarah daging di masyarakat

B. masyarakat banyak menyukai kegiatan budaya dan kesenian

C. selain mendapatkan ajaran Islami masyarakat juga terhibur

D. pendekatan kultural lebih mudah dilakukan

Jawaban : A

24. Islami ditengarai mulai masuk ke Indonesia pada abad 7 M yang ditandai dengan munculnya perkampungan komunitas Pedagang Arab muslim di Boga, Sriwijaya. Meskipun sudah ditengarai masuk pada abad tersebut, proses Islamisasi belum berlangsung secara masal. Adapun tokoh yang mendukung teori Islam pada abad ke 7 tersebut adalah ....

A. Koentjaraningrat

B. H. Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA)

C. Ibnu Battutah

D. K.H. Agus Salim

Jawaban : B

25. KH. Ahmad Dahlan dididik dalam lingkungan pesantren sejak kecil. Di lingkungan itulah beliau menimba berbagai disiplin ilmu dan pengetahuan, termasuk agama Islami dan bahasa Arab. Beliau membuktikan ketidakpuasan terhadap sistem dan praktek pendidikan yang ada pada saat itu dengan cara ....

A. mencari ilmu agama dan ilmu umum hingga ke Makkah

B. mengadopsi sistem pendidikan Barat yang dipadukan dengan sistem pendidikan tradisional

C. membina pribadi muslim sejati dengan cara-cara pendidikan Barat

D. mencampurkan pendidikan antara ilmu agama dengan ilmu umum di pondok pesantren

Jawaban : B

26. Berikut ini adalah informasi yang tepat tentang Syekh Abdur Rauf As Singkili, yaitu....

A. Pembawa tarekat Syattariyah yang berjuang mengembangkan Islam di wilayah Sumatera

B. Mubaligh pertama yang berdakwah di Sumatera melalui tarekat Naqsabandiyah

C. Mufti kerajaan Aceh yang memiliki karya besar berjudul Sabilul Muhtadin

D. Tokoh penyebar Islami yang menciptakan gending sebagai media dakwah

Jawaban : A

27. Pahami pernyataan-pernyataan berikut!

1) Ulama nasionalis

2) Ulama yang menolak tradisi lokal

3) Ulama yang menerima bid’ah dhalalah

4) Kyai peduli umat

5) Kyai pelawan penjajah

6) Kyai pendiri Muhammadiyah

Pernyataan di atas yang menunjukkan sosok KH. Hasyim Asy’ari adalah ....

A. (1), (3), dan (5)

B. (1), (4), dan (5)

C. (2), (3), dan (6)

D. (2), (4), dan (6)

Jawaban : B

28. Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari dikenal karena kefasihan beliau dalam membaca al-Qur’an sejak berusia 7 tahun. Beliau juga menuntut ilmu di Haramain al-Syarifain selama kurang lebih 30 tahun sehingga banyak karya besar yang telah ditulisnya. Hikmah perjuangan beliau dalam menuntut ilmu yang dapat diteladani adalah ....

A. aktif dalam dakwah Islami

B. mensyiarkan Islam ke luar negeri

C. selalu belajar agar mampu berkarya

D. mampu menciptakan lembaga pendidikan

Jawaban : C

29. Masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia memerlukan proses yang sangat panjang dan melalui saluran Islamisasi yang beragam. Adanya perkampungan pekojan membuktikan bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui jalur ....

A. Perdagangan

B. Perkawinan

C. Pendidikan

D. Penaklukan

Jawaban : A

30. Pada masa khalifah Abu Bakar As-shidiq terdapat kelompok yang membangkang untuk membayar zakat maupun keluar dari Islam (murtad). Hal tersebut disebabkan ketika Nabi Muhammad Saw wafat, mereka menyatakan masuk Islam karena adanya perjanjian dengan Nabi Saw, bahkan bermunculan yang mengaku sebagai Nabi setelah Nabi Muhammad Saw. Khalifah Abu Bakar As-shidiq mengambil kebijakan untuk menumpas para Nabi palsu tersebut. Perang tersebut mengakibatkan banyak penghafal Al-Qur’an gugur. Salah satu sahabat mengusulkan untuk mengkodifikasikan Al-Qur`an dengan pertimbangan lenyapnya Al Qur’an seiring para penghafal Al-Qur`an wafat. Usul pengkodifikasian Al-Qur`an berasal dari sahabat ....

A. Abu Bakar As-shidiq

B. Utsman bin Affan

C. Ali bin Abi Thalib

D. Umar bin Khattab

Jawaban : D

Baca juga artikel terkait ASESMEN MADRASAH 2024 atau tulisan lainnya dari Ririn Margiyanti

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yulaika Ramadhani