15 Ucapan Selamat Hari Hewan Sedunia 4 Oktober 2022 untuk Sosmed

Penulis: Yonada Nancy, tirto.id - 3 Okt 2022 14:35 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Salah satu cara merayakan Hari Hewan Sedunia 4 Oktober 2022 adalah menyebarkan pesan peduli hewan di sosmed dan ucapan selamat Hari Hewan Sedunia.
tirto.id - Perayaan Hari Hewan Sedunia rutin diselenggarakan di berbagai negara setiap tahun pada tanggal 4 Oktober. Di tahun 2022, hari istimewa ini akan jatuh pada Selasa (4/10/2022).

Hari Hewan Sedunia menjadi momen yang tepat untuk menyampaikan kepedulian terhadap hewan-hewan yang ada di sekitar kita. Salah satu caranya adalah menyebarkan kampanye peduli hewan di sosial media (Sosmed) dengan ucapan selamat Hari Hewan Sedunia.

Hewan adalah makhluk hidup yang paling sering mengalami kekerasan dan ketidakadilan. Menurut The Humane Society jumlah kasus kekejaman terhadap hewan yang dilaporkan setiap harinya hanyalah puncak gunung es.

Artinya, ada lebih banyak kasus kekerasan hewan yang tidak dilaporkan. Kekerasan yang dimaksud termasuk perburuan hewan, pengabaian, eksploitasi, hingga penyiksaan.

Di Indonesia, hak asasi hewan diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2009. Setidaknya ada lima hak asasi hewan yang dilindungi di Indonesia, termasuk:

  • Kebebasan dari rasa haus dan lapar.
  • Kebebasan dari rasa tidak nyaman.
  • Kebebasan mengekspresikan tingkah laku alami hewan.
  • Kebebasan dari rasa stres dan takut.
  • Kebebasan dari rasa sakit maupun dilukai.


Sejarah Hari Hewan Sedunia


Melansir National Today, gerakan kampanye perlindungan hewan yang menjadi tonggak dibentuknya Hari Hewan Sedunia sudah dimulai sejak zaman Yunani. Pada 530 Sebelum Masehi (SM) filsuf Yunani, Pythagoras menyatakan bahwa hewan memiliki jiwa dan menganjurkan umat manusia menganut vegatrianisme.

Kemudian di tahun 1624, gerakan vegan awal mulai populer, khususnya setelah Lewis Gompertz buku berjudul Moral Inquiries on the Situation of Man and of Brutes. Buku tersebut merupakan buku pertama yang mengadvokasi hak-hak hewan.

Ini kemudian disusul dengan rilisnya novel karya Anna Seawell berjudul Black Beauty pada 1877 sebagai kisah pertama yang ditulis dari sudut pandang non-manusia. Novel ini memicu perdebatan tentang perlakuan manusia terhadap kuda.

Lalu, di tahun 1925 terbit sebuah majalah pecinta hewan di Jerman berjudul Man and Dog. Penerbitan majalah tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap kesejahteraan hewan.

Selanjutnya, pada 1931 Kongres Perlindungan Hewan Internasional diadakan di Florence Italia. Seluruh peserta kongres sepakat untuk menerima dan mengadopsi Hari Hewan Sedunia secara global.

Tanggal 4 Oktober dipilih sebagai hari istimewa tersebut, karena bertepatan dengan hari raya Santo Fransiskus dari Assisi. Ia merupakan salah satu tokoh yang begitu dicintai oleh umat Katolik kala itu.

Santo Fransiskus sendiri merupakan tokoh pelindung binatang yang dipercaya bisa berkomunikasi dengan hewan dan menjinakkannya.

Seiring berjalannya waktu, hari Hewan Sedunia mulai dimanfaatkan para ahli ekologi sebagai momen untuk membahas masalah-masalah yang terkait dengan spesies yang terancam punah. Lalu, di tahun 2003 badan amal Naturewatch Foundation berdiri di Inggris dan mensposori berbagai acara kampanye kepedulian hewan di seluruh dunia.


15 Ucapan Selamat Hari Hewan Sedunia 4 Oktober 2022


Merayakan Hari Hewan Sedunia yang akan jatuh pada 4 Oktober 2022 dapat dilakukan dengan berpartisipasi dalam kampanye kepedulian hewan. Sosmed menjadi platform yang tepat untuk kegiatan ini karena dapat menjangkau banyak orang.

Pengguna sosmed dapat meramaikan Hari Hewan Sedunia dengan membahas masalah serius terkait pelanggaran hak asasi hewan. Beberapa isu yang bisa diangkat bisa berupa perburuan gading gajah, perburuan sirip hiu, perlindungan habitat harimau, budaya adu binatang, hingga pertunjukkan dan sirkus binatang.

Selain itu, pengguna sosmed juga bisa menyampaikan ucapan selamat Hari Hewan Sedunia dan menyampaikan pesan-pesan peduli hewan. Berikut beberapa 15 ucapan selamat Hari Hewan Sedunia untuk sosmed seperti yang dikutip dari Best Message:

1. Tuhan menciptakan hewan dan kemudian Tuhan menciptakan manusia untuk memeliharanya. Mari kita buat Hari Hewan Sedunia lebih bermakna dengan merawat dan melestarikan mereka.

2. Mereka tidak dapat berbicara sendiri. Mereka tidak bisa berjuang sendiri. Oleh karena itu, kita berbicara untuk mereka dan memperjuangkan hak-hak mereka. Selamat Hari Hewan Sedunia.

3. Setiap makhluk hidup di Bumi berhak mendapatkan tempat tinggal yang layak, baik manusia maupun hewan. Lindungi hak-hak hewan dan selamatkan habitatnya. Selamat Hari Hewan Sedunia!

4. Bayangkan jika dunia tanpa hewan. Terima kasih telah menjadikan planet ini tempat yang menakjubkan! Selamat Hari Hewan Sedunia 4 Oktober 2022!

5. Hewan hadir di Bumi jauh sebelum manusia ada. Tidak adil rasanya jika hak mereka untuk hidup damai direnggut karena ego manusia. Selamat Hari Hewan Sedunia!

6. Semua hewan itu istimewa dan semua hewan berhak mendapatkan kehidupan yang baik. Selamat Hari Hewan Sedunia!

7. Binatang mungkin tidak mengerti bahasamu, tapi kamu pasti bisa mengerti bahasa cinta mereka. Aku ucapkan selamat Hari Hewan Sedunia untuk kalian semua.

8. Ketika satu spesies punah, maka manusia berjalan semakin dekat dengan kepunahannya sendiri. Selamat Hari Hewan Sedunia!

9. Ayo terima dan rangkul hewan karena mereka adalah bagian dari keberadaan kita dan harus dicintai dan dihormati. Salam hangat di Hari Hewan Sedunia!

10. Meskipun mereka tidak bicara, bukan berarti mereka tidak merasa sedih ketika habitatnya direnggut. Mari tingkatkan kepedulian kita untuk mereka di Hari Hewan Sedunia.

11. Hewan memiliki hak yang sama di planet ini dan manusia tidak berhak merenggutnya. Selamat Hari Hewan Sedunia!

12. Mata hewan memiliki kekuatan untuk berbicara dalam bahasa yang hebat. Selamat Hari Hewan Sedunia!

13. Charles Darwin pernah berkata "cinta untuk semua makhluk hidup adalah atribut paling mulia dari manusia." Selamat Hari Hewan Sedunia!

14. Hewan merasakan semua emosi yang kita rasakan, jadi pikirkan seratus kali sebelum bersikap kasar kepada mereka. Selamat Hari Hewan Sedunia!

15. Selamat Hari Hewan Sedunia! Mari bersatu dan berbaris bersama untuk melindungi semua hewan di sekitar kita.


Baca juga artikel terkait HARI HEWAN SEDUNIA 2022 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight