Tips Perawatan Ibu Menyusui yang Mengalami Mastitis

Oleh: Ega Krisnawati - 16 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Mastitis adalah peradangan di payudara karena adanya infeksi yang kerap dialami ibu menyusui.
tirto.id - Mastitis seringkali dialami oleh ibu menyusui. Penyakit ini merupakan infeksi atau peradangan pada jaringan payudara.

Mengutip laporan Johns Hopkins Medicine, mastitis bisa menyebabkan nyeri serta kemerahan pada payudara. Tidak hanya itu, seorang ibu menyusui yang mengalami mastitis juga akan mengalami gejala mirip flu, seperti nyeri tubuh ataupun demam. Penyakit ini juga bisa berkembang menjadi kondisi yang lebih parah, seperti infeksi jamur hingga mengganggu kelancaran ASI.

Di sisi lain, seperti dilaporkan Mayoclinic kanker payudara juga bisa memicu kemerahan ataupun pembengkakan yang awalnya kerap diasumsikan sebagai mastitis. Sehingga, gejala-gejala mastitis membutuhkan pengamatan lebih lanjut seperti biopsi untuk memastikan bahwa ia tidak berkaitan dengan kanker payudara.


Jika mastitis tidak segera diobati, bisa terjadi komplikasi yang menyebabkan gumpalan nanah atau abses. Hal ini akan muncul apabila terjadi gejala seperti benjolan di bawah area kemerahan pada kulit. Oleh karena itu, dilansir dari Healthline, para perempuan disarankan untuk segera menemui dokter apabila mengalami nyeri pada payudara dan demam, terutama saat menyusui.

Sementara para ibu yang mengalami gejala awal mastitis, dianjurkan melakukan perawatan awal dengan cara sebagai berikut.

1. Konsumsi antibiotik

Jika mengalami infeksi, pastikan untuk mengonsumsi antibiotik. Biasanya lama waktu konsumsi yaitu 10 hari. Sebaiknya, konsumsi anti-biotik dilakukan atas saran dokter. Sementara jika infeksi tidak kunjung sembuh, segera kembali berkonsultasi dengan dokter.

2. Gunakan pereda nyeri

Biasanya dokter akan merekomedasikan obat seperti acetaminophen (Tylenol dan lainnya) atau ibuprofen (Advil, Motrin IB, dan lainnya) untuk meredakan nyeri akibat mastitis.

Namun sebetulnya, menyusui dapat membantu meredakan mastitis. Sedangkan, menyapih secara tiba-tiba dapat beresiko memperburuk gejala matitis.

3. Perawatan di rumah

Selain berkonsultasi dengan dokter, para ibu juga dapat menerapkan sejumlah cara di bawah ini untuk meredakan gejala mastitis. Sejumlah cara yang terkait teknik menyusui itu ialah:

  • Tidak memerah payudara untuk mengisi botol susu terlalu lama, sebelum menyusui.
  • Pastikan bayi menyusu dengan benar, meski payudara sedang mengalami pembengkakan.
  • Pijat payudara saat menyusui atau memompa dari area yang terkena, ke arah puting.
  • Payudara harus terkuras selama menyusui.
  • Kompres air hangat ke daerah payudara, sehingga bagian itu jadi lembab, sebelum menyusui atau memompa ASI.
  • Cobalah untuk menyusui dengan sisi payudara yang terkena mastitis, saat bayi lapar.
  • Variasikan posisi saat sedang menyusui.

Baca juga artikel terkait MENYUSUI atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Addi M Idhom
DarkLight