Menuju konten utama

Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Bekerja di Rumah Saat WFH

Mereka yang bekerja dari rumah selama pandemi virus corona perlu mengantisipasi risiko mengalami masalah kesehatan mental, seperti stres, merasa kesepian hingga insomnia. 

Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Bekerja di Rumah Saat WFH
Ilustrasi stres pada saat WFH. foto/istockphoto

tirto.id - Pandemi virus corona (Covid-19) membuat banyak masyarakat harus melakukan aktivitas di dalam rumah, termasuk untuk bekerja dan belajar. Pemerintah RI juga telah meminta masyarakat untuk tetap beraktivitas dan bekerja di rumah atau work from home (WFH).

WFH penting dilaksanakan masyarakat untuk mencegah penularan virus corona. Jika tidak untuk keperluan yang mendesak, masyarakat sangat diminta untuk tetap berada di rumah.

Meski demikian, terlalu lama bekerja dan beraktivitas di rumah saja juga berisiko memicu stres dan masalah kesehatan mental lain mengingat sebelum pandemi corona terjadi, banyak pekerja terbiasa beraktivitas di kantor atau tempat kerja di luar kediaman mereka.

Dikutip dari laman Black Dog Institute, di antara masalah kesehatan mental yang kerap terjadi di kalangan pekerja yang melakukan WFH adalah perasaan kesepian, terputus dari hubungan dengan orang lain secara sosial maupun profesional, dan stres karena kekurangan liburan.

Selain itu, kesulitan mendapatkan motivasi bekerja, susah memprioritaskan beban kerja, tak yakin dengan kemajuan yang dicapai hingga insomnia juga menjadi masalah yang kerap dialami banyak pekerja saat menjalani masa WFH.

Oleh karena itu, para pekerja yang menjalani WFH perlu berupaya mengantisipasi risiko masalah kesehatan mental. Berikut sejumlah tips untuk menjaga kesehatan mental saat bekerja dengan cara mengelola waktu dan pekerjaan secara baik, seperti dilansir laman Black Dog Institute dan sumber lainnya.

1. Buat Batasan Jelas Antara Waktu Bekerja dan Aktivitas Lain

Atur rutinitas waktu sebagaimana saat masih bekerja di kantor. Lalu, alokasikan pula waktu untuk beristirahat dan olahraga. Salah satu cara membatasi waktu bekerja ialah selalu memakai pakaian resmi sebagaimana saat masih beraktivitas di kantor.

Dengan menetapkan batasan yang jelas antara jadwal bekerja dan aktivitas rumah tangga, urusan pekerjaan tidak akan menyita terlalu banyak waktu, termasuk momen istirahat atau berinteraksi dengan keluarga. Dengan begitu, setiap hari selalu ada waktu untuk bekerja, mengurus rumah dan melakukan aktivitas pribadi.

2. Sediakan Ruangan Khusus di Rumah untuk Bekerja

Dalam menjalani WFH sebaiknya tidak menggunakan kamar tidur untuk tempat bekerja. Sejumlah studi menunjukkan banyak orang, terutama yang gila kerja, sulit memperoleh waktu tidur cukup saat memakai kamar tidur sebagai tempat melakukan pekerjaan. Selain itu, penting untuk bekerja dalam ruang khusus agar mudah untuk membedakan waktu bagi pekerjaan dengan urusan lain di rumah.

3. Jaga Komunikasi dengan Rekan Kerja dan Atasan

Ketika WFH, untuk menjaga komunikasi tetap terjalin baik dengan rekan kerja, sebaiknya sediakan waktu khusus untuk rutin melakukan pertemuan virtual atau pembicaraan via telepon.

Oleh karena pertemuan sehari-hari dengan kolega tidak terjadi secara spontan ketika Anda bekerja dari rumah, Anda harus proaktif dalam berkomunikasi dan menjaga hubungan positif, baik dengan rekan kerja maupun atasan.

Komunikasi rutin tersebut bisa dilakukan dengan memberitahukan apa saja pekerjaan yang sedang Anda lakukan kepada rekan kerja dan atasan.

Selain itu, Anda juga sebaiknya menceritakan perasaan Anda saat menjalani WFH kepada orang lain, terutama atasan, agar bisa mendiskusikan solusi yang dapat diambil jika ada masalah.

4. Lakukan "digital detox" pada malam hari

Teknologi membuat banyak orang lebih mudah untuk tetap terhubung selama 24 jam dalam 7 hari penuh. Namun, penggunaan teknologi komunikasi secara berlebihan dapat membikin pemisahan antara urusan pekerjaan dengan rumah tangga atau pribadi sulit dilakukan.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan "detoks digital" atau berhenti menggunakan alat komunikasi di saat malam hari, agar Anda mudah menyudahi urusan pekerjaan dan memiliki waktu yang cukup untuk keluarga, istirahat dan melakukan hal-hal privasi lainnya.

5. Berkeliling di sekitar rumah

Jika Anda sudah mulai stres karena merasa terlalu lama mengisolasi diri, sebaiknya coba berjalan-jalan di sekeliling rumah atau kompleks perumahan sekali dalam sehari. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan udara segar dan memperoleh lebih banyak paparan matahari. Namun, perlu diingat, sebaiknya Anda memakai masker dan menjaga jarak dengan orang lain untuk mencegah penularan virus corona.

6. Pelajari Hal Baru

Menambah pengetahuan baru bisa memberikan pemikiran segar pada saat menjalani WFH. Anda dapat memanfaatkan video pelatihan online, untuk mempelajari skill baru, terutama yang terkait dengan IT karena bisa memudahkan pekerjaan saat WFH.

Baca juga artikel terkait STRES atau tulisan lainnya dari Dewi Sekar Pambayun

tirto.id - Kesehatan
Kontributor: Dewi Sekar Pambayun
Penulis: Dewi Sekar Pambayun
Editor: Addi M Idhom