Simak Susunan Acara Upacara 17 Agustus di Istana Negara

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 17 Agu 2022 08:04 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Maruf Amin dan para istri memasuki tempat upacara sekitar pukul 09.56 WIB.
tirto.id - Pemerintah akan menggelar acara perayaan detik-detik proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022). Selain pelaksanaan kegiatan upacara, sejumlah acara hiburan ikut memeriahkan acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Indonesia ke-77.

Acara akan dimulai pukul 07.25 WIB dan dibuka dengan pemutaran video Indonesia Bangkit Lebih Kuat. Kemudian dilanjutkan dengan hiburan dari paduan suara Gita Bahana Nusantara dan Vidi Aldiano.

Selanjutnya, terdapat pemutaran video testimoni Presiden Joko Widodo dan para presiden terdahulu. Setelah pemutaran video akan dilanjutkan dengan hiburan Reog Ponorogo dan live report situasi Monas serta prosesi penyerahan duplikat bendera pusaka.

Acara dilanjutkan dengan tarian daerah sebelum acara upacara detik proklamasi dimulai pukul 09.40 WIB. Prosesi upacara akan diawali dengan peniupan terompet pertama pukul 09.40 WIB.

Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Maruf Amin dan para istri memasuki tempat upacara sekitar pukul 09.56 WIB. Dilanjutkan dengan laporan dari komandan upacara kepada Presiden Jokowi selaku inspektur upacara.

Setelah laporan, peringatan detik-detik proklamasi akan dilakukan dengan bunyi tembakan meriam 17 kali, bunyi sirine, beduk dan lonceng di rumah ibadah.

Lalu, pembacaan teks proklamasi pada pukul 10.04 WIB akan dilakukan oleh Ketua DPD RI La Nyalla Mattaliti. Kemudian dilanjutkan dengan acara mengheningkan cipta dan pembacaan doa sebelum proses upacara pengibaran bendera merah putih.

Setelah itu, prosesi pengibaran bendera merah putih dengan penyerahan bendera pusaka dari Jokowi selaku inspektur upacara kepada paskibra.

Dilanjutkan dengan pergelaran acara fly pass pesawat tempur dan helikopter TNI AU sekitar pukul 10.32 WIB. Acara dilanjutkan dengan persembahan lagu dari paduan suara Gita Bahana Nusantara, laporan upacara dan ditutup dengan penghormatan kebesaran.





Baca juga artikel terkait UPACARA BENDERA HUT RI KE 77 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Hard News)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight