Muhadjir & Abu Bakar Baasyir Ikut Upacara di Pesantren Al-Mukmin

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 17 Agu 2022 17:08 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Abu Bakar Ba'asyir dan Menko PMK Muhadjir Effendy mengikuti upacara peringatan HUT RI ke 77 di Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah.
tirto.id - Abu Bakar Ba'asyir mengikuti upacara peringatan HUT RI ke 77 di Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (17/8/2022). Dalam prosesi upacara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, turut hadir dan bertindak selaku Inspektur Upacara.

"Semoga dapat terus dilanjutkan untuk memupuk jiwa kebangsaan dan bela negara bagi seluruh peserta didik di lingkungan yayasan Al Mukmin Ngruki ini," kata Muhadjir.

Muhadjir meminta para peserta upacara dan masyarakat Indonesia untuk optimis dalam masa depan di Indonesia. Terutama dalam proses pemulihan pasca pandemi COVID-19.

"Rasa syukur ini akan memberikan optimisme bagi bangsa Indonesia untuk terus berikhtiar membangun bangsa. Seiring dengan meredanya pandemi kita meyakini Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Kita harus move on dan bangkit berkarya untuk memajukan bangsa," terangnya.

Sementara itu, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menjelaskan penyelenggaraan Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ini dapat menanamkan jiwa nasionalisme dan wawasan kebangsaan kepada para santri agar dapat semakin baik.

"Dengan pelaksanaan Upacara peringatan 17 Agustus ini, diharapkan stigma negatif tentang Pondok Al Mukmin Ngruki dapat berubah. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan jiwa nasionalisme kepada para santri," kata Wahyu.

Kemudian, Direktur Ponpes Al Mukmin Ngruki, Yahya Abdur Rohman, menjelaskan bahwa kegiatan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 77 Tahun 2022 di Ponpes Al Mukmin Ngruki ini merupakan inisiasi Kapolres Sukoharjo dan Dandim Sukoharjo

"Dengan dukungan dari pak Dandim dan Kapolres Sukoharjo, kita selenggarakan Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77 ini dengan besar. Kita libatkan sebanyak 600 santri Ponpes Al Mukmin untuk mengikuti upacara ini. Selama 4 hari para santri terlibat dalam gladi kesiapan upacara sehingga bisa berlangsung khidmat," kata Yahya.



Baca juga artikel terkait HUT KEMERDEKAAN atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Hard News)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight