Upacara Penurunan Bendera di Istana Negara Berlangsung Lancar

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 17 Agu 2022 18:17 WIB
Komandan Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih adalah Kolonel Pnb Agni Prayogo.
tirto.id - Acara penurunan bendera sebagai rangkaian HUT kemerdekaan Republik Indonesia berjalan lancar, Rabu (17/8/2022) sore. Acara penurunan bendera dimulai pukul 17.00 WIB.

Diawali dengan penghormatan kebesaran dan mendengarkan laporan komandan upacara kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku inspektur upacara. Kemudian dilanjutkan dengan penurunan bendera dan penyerahan bendera kepada inspektur upacara dari pengibar bendera pusaka.

Pada saat penurunan bendera, tim yang bertugas berbeda dengan tim pagi. Kini, tim yang bertugas dengan nama Tim Pancasila Sakti.

Ayumi Putri Sasaki yang merupakan perwakilan dari Jawa Timur terpilih sebagai pembawa bendera merah putih saat nanti diturunkan. Tiga orang lainnya dari Tim Pancasila Sakti yang bertugas untuk menurunkan bendera terdiri dari Arnold Steven Sinaga sebagai Komandan Kelompok 8 yang Sulawesi Tenggara, Isra Mashel Arifin sebagai pembentang bendera yang mewakili Banten, dan Muhammad Rajwa Al Farizi sebagai pengerek bendera yang mewakili Jawa Tengah.

Komandan Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih adalah Kolonel Pnb Agni Prayogo.
Saat ini, dia menjabat sebagai Komandan Wing 4 (Danwing 4) Lanud Atang Sendjaja.

Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah AKP Yaumil Hendityo, S.I.K., yang saat ini bertugas sebagai Pasi Ops Batalyon C Resimen I Pasukan Pelopor Korps Brimob Polri.


Acara kemudian ditutup dengan kirab arak-arakan pengembalian bendera merah putih dan naskah proklamasi dari Istana Merdeka menuju Monumen Nasional (Monas).



Baca juga artikel terkait UPACARA KEMERDEKAAN atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight