Sekjen Partai Demokrat Bantah SBY Jadi Ketua Tim Sukses

Oleh: Andrian Pratama Taher - 12 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
"Saya tegaskan bahwa berita yang beredar soal pak SBY telah ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan tidak benar," kata Hinca.
tirto.id - Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan membantah Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menjadi Ketua Tim Sukses Prabowo-Sandiaga dalam Pilpres 2019. Isu SBY menjadi Ketua Tim Sukses Prabowo-Sandi disebut santer setelah pasangan tersebut mendaftar di KPU, Jumat (10/8/2018).

Hinca menegaskan, tim koalisi Prabowo-Sandi belum membahas formasi tim sukses.

"Sepengetahuan Partai Demokrat, struktur dan siapa yg akan mengawaki Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga tersebut belum dibicarakan dalam format Koalisi dan belum dibentuk. Sehingga kembali saya tegaskan bahwa berita yang beredar soal pak SBY telah ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan tidak benar," kata Hinca dalam keterangan tertulis yang diterima Tirto, Minggu (12/8/2018).

Meskipun membantah ditunjuk sebagai ketua tim sukses, Hinca memastikan Presiden RI ke-6 itu siap membantu Prabowo-Sandi. Ia memastikan, SBY akan memberikan pandangan kepada tim sukses bila diminta demi memenangkan pasangan Prabowo-Sandi.

"Terlepas dari itu saya yakin bahwa pengalaman bpk SBY yg pernah dua kali memenangkan Pilpres (2004 & 2009) akan siap dan senang jika dimintai pandangan dan nasihatnya terhadap langkah Paslon Prabowo-Sandi yang kami usung, agar pasangan ini sukses dan memenangkan Pilpres," kata Hinca.

Pemilihan Presiden 2019 diikuti oleh dua calon presiden dan calon wakil, yakni Joko Widodo-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Kedua pasangan tersebut resmi mendaftar pada Jumat (10/8/2018). Mereka menyerahkan dokumen kelengkapan serta visi misi kepada KPU. KPU pun resmi menerima berkas kedua pasangan calon.

Seusai pendaftaran, para partai pengusung mulai sibuk membentuk tim sukses. Di kubu Prabowo-Sandiaga, sejumlah elit koalisi 4 partai berkumpul di kediaman Prabowo yang berlokasi di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan seusai pendaftaran. Hingga saat ini, sejumlah nama diisukan menjadi Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Sandiaga seperti Zulkifli Hasan (Ketua Umum PAN) maupun Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Sementara itu, di kubu Jokowi-Maruf Amin, para sekjen partai sudah melakukan rapat pembentukan tim pemenangan, Sabtu (11/8/2018). Dalam rapat tersebut, Jokowi-Maruf dikabarkan akan menunjuk 100 juru bicara untuk membantu kampanye Jokowi-Maruf.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Yulaika Ramadhani
Dari Sejawat
Infografik Instagram