Koalisi Indonesia Kerja Mulai Latih Ratusan Juru Kampanye

Oleh: Lalu Rahadian - 12 Agustus 2018
"Kami Senin akan lakukan pelatihan jurkam (juru kampanye)."
tirto.id - Koalisi Indonesia Kerja (KIK) selaku gabungan partai politik pengusung Joko Widodo dan Ma'ruf Amin di pemilu 2019 akan melakukan pelatihan juru kampanye, Senin (13/8/2018).

Pelatihan akan berlangsung setelah tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf hampir pasti terbentuk. Ada ratusan juru kampanye yang akan menjalani pelatihan esok.

"Kami Senin akan lakukan pelatihan jurkam (juru kampanye), sehingga semua berjalan dengan baik, rapi, efektif, di mana pelatihan seluruh jurkam ini akan dilakukan dengan melibatkan semua parpol," kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta, Minggu (12/8/2018).

Hasto berkata, komposisi tim kampanye nasional Jokowi-Ma'ruf akan segera diumumkan setelah selesai disusun. Rumusan tim kampanye diklaim akan berdasarkan hasil konsultasi seluruh sekretaris jenderal partai politik pendukung, termasuk Jusuf Kalla selaku wakil presiden petahana.

Hasto berkata, setiap pekan tim kampanye akan melakukan sosialisasi keberhasilan kerja Jokowi selama 4 tahun terakhir. Ia menyebut, komposisi tim kampanye terbuka kemungkinan akan diisi juga oleh sejumlah menteri atau kepala daerah.

"Ya berdasarkan PKPU kan itu diizinkan [menteri jadi bagian tim kampanye]. Bahkan kepala daerah diizinkan selama dia tidak jadi ketua tim pemenangan," katanya.

Pemilu Presiden pada 2019 mendatang akan berlangsung bersamaan dengan pemilu legislatif. Hari pemungutan suara akan jatuh pada 17 April 2019. Masa kampanye pemilu akan dimulai pada 23 September 2018 hingga 14 April 2019.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Lalu Rahadian
(tirto.id - Politik)

Reporter: Lalu Rahadian
Penulis: Lalu Rahadian
Editor: Yulaika Ramadhani