Rizieq Syarat Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo, PAN: Jangan Dipolitisasi

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 12 Juli 2019
PAN menyatakan syarat pihak oposisi meminta pemerintah mempertimbangkan Rizieq Shihab kembali ke Indonesia seharusnya tidak dipolitisasi.
tirto.id - Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan mengatakan syarat untuk meminta pemerintah mempertimbangkan Rizieq Shihab kembali ke Indonesia yang diajukan oleh pihak oposisi seharusnya tidak dipolitisasi.

"Kita kan tidak tau cerita aslinya gimana saya bukan otoritas ya. Rizieq belum bisa pulang katanya sudah beberapa kali minta kembali tapi Arab Saudi tidak membiarkan izin untuk Rizieq meninggalkan Saudi. Kalau itu jadi syarat rekonsiliasi, itu tidak masuk akal," jelas dia di Gedung Nusantara III, Senayan Jumat (12/7/2019).

Ia menjelaskan, kepulangan Rizieq Shihab dan rekonsiliasi politik sehabis pemilihan presiden yang panas merupakan dua hal yang berbeda.

"Yang ditekankan ini [Rizieq] murni masalah hukum harus ditangani secara hukum. Kalau nanti persyaratan ini dipenuhi ini akan menimbulkan kesan ada permainan politik," ujar dia.

Rekonsiliasi usai Pilpres 2019 masih terus diupayakan kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Namun, kubu Prabowo-Sandiaga mensyaratkan sejumlah hal, salah satunya meminta pemerintah memulangkan Rizieq Shihab ke Indonesia.

Tak hanya itu, syarat rekonsiliasi adalah menghentikan kriminalisasi para pendukung Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019, termasuk meminta dihentikannya narasi kelompok pendukung Prabowo sebagai radikal.

Syarat memulangkan Rizieq Shihab untuk mewujudkan rekonsiliasi ternyata tak ditanggapi serius kubu Jokowi-Ma'ruf. Mereka malah mempersilakan Rizieq untuk pulang dan mengklaim pemerintahan Jokowi tak pernah menghalangi Rizieq kembali ke Tanah Air.

Kepala Staf Kepresidenan yang juga Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Moeldoko menyatakan Rizieq yang seharusnya pulang sendiri ke Tanah Air karena pemerintah tak pernah meminta ia pergi ke luar negeri.

"Ya siapa yang pergi, siapa yang pulangin. Kan, pergi, pergi sendiri, kok dipulangin, gimana, sih? Emangnya kami yang ngusir? kan, enggak," kata Moeldoko diikuti tawa di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, seperti dikutip Antara, Selasa (9/7/2019).


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Politik)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Maya Saputri