Liga 1 2019

Prediksi PSM vs Barito Putera: Demi Naik Tingkat di Klasemen Liga 1

Oleh: Hendi Abdurahman - 13 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Prediksi PSM vs Barito Putera di Liga 1 2019: tuan rumah berpeluang menang, terutama setelah meraih trofi Piala Indonesia. Laga digelar pada Rabu (14/8/2019).
tirto.id - PSM membutuhkan tiga poin guna memperbaiki posisi di klasemen Liga 1 2019. Menjamu Barito Putera dalam lanjutan pekan 14, Rabu (14/8/2019) di Stadion Andi Mattalatta, peluang Juku Eja terbuka meski kehilangan Zulham Zamrun dan Guy Junior.

Usai meraih trofi Piala Indonesia 2018/2019, kepercayaan diri PSM diperkirakan bakal lebih baik. Kini, konsentrasi anak asuh Darije Kalezic tinggal fokus untuk memperbaiki performa di Liga 1.

Lawan yang akan dihadapi, Barito Putera memang berada di peringkat 14 klasemen Liga 1 2019. Namun, bukan berarti PSM akan menang mudah.

Di Liga 1 2018, Ferdinand Sinaga dan kawan-kawan selalu kerepotan saat melawan Laskar Antasari. Mereka kalah 2-1 di putaran pertama dan bermain seri 1-1 di putaran kedua.

Tak hanya itu, dalam laga nanti Juku Eja juga dipastikan tidak diperkuat Zulham Zamrun yang terkena akumulasi kartu dan Guy Junior karena cedera. Absennya dua penggawa tersebut diprediksi cukup berpengaruh terhadap daya dobrak tuan rumah.

Namun, Darije Kalezic selaku pelatih mengaku tak memiliki alasan selain mendapatkan hasil maksimal. Apalagi PSM juga sebelumnya dikandaskan Borneo FC 2-0. Artinya, jika ingin terus bersaing di papan atas, tiga poin di laga ini mesti diraih.

“Tidak peduli posisi mereka di klasemen, kita harus melakukan tugas kita dan memenangkan pertandingan. Saat ini kita mulai latihan persiapan. Tidak terlalu banyak yang bisa kita lakukan. Tiga hari ini, pemain kami beri waktu recovery. Fokus dalam latihan sangat dibutuhkan,” ucap Kalezic.

Dari seluruh kontestan, PSM menjadi tim dengan jumlah penampilan terminim karena baru memainkan delapan pertandingan.



Di lain pihak, Barito Putera melalui pelatihnya, Yunan Helmi mengatakan telah melakukan evaluasi terutama di lini pertahanan. Kekalahan atas TIRA Persikabo dengan skor 2-4 membuktikan bahwa para pemain belakang masih memiliki kelemahan dalam hal kerja sama.

Mengomentari kekuatan PSM, Yunan pun berujar bahwa semangat Juku Eja dalam kondisi yang bagus usai merengkuh gelar Piala Indonesia.

“Setelah juara di Piala Indonesia, mereka tentu dalam motivasi bagus apalagi bermain di hadapan pendukung sendiri. Tapi dengan persiapan bagus, harapan kita pemain bisa ambil poin di Makassar,” katanya.

Kendati musim lalu tidak pernah menang atas Barito Putera, kali ini PSM diprediksi bisa meraup tiga poin lantaran motivasi dan semangat membuncah usai juara Piala Indonesia.

Perkiraan Susunan Pemain

PSM: Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam, Abdul Rahman, Aaron Evans, Beny Wahyudi; Rizky Pellu, M. Arfan, Wiljan Pluim; Rahmat, Ferdinand Sinaga, Eero Markkanen.

Barito Putera: Adhitya Harlan; Nazar Nurzaidin, Dandi Maulana, Lucas Silva, Rony Beroperay; Bayu Pradana, Evan Dimas, Ady Setiawan, Gavin Kwan, Rizky Pora; Rafael Silva.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Hendi Abdurahman
DarkLight