Pesantren Ikut Kembangkan Sepakbola Nasional Melalui LSN

Oleh: Yantina Debora - 9 April 2017
Liga Santri Nusantara (LSN) menjadi wadah bagi para santri untuk mendukung pengembangan sepakbola nasional.
tirto.id - Sepak bolah saat ini terus berkembang. Makanya dibutuhkan keterlibatan semua pihak termasuk kalangan pesantren. Demi mendukung pengembangan sepakbola nasional itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah menyiapkan wadah dan selama ini sudah mulai berjalan sesuai dengan sasaran yang dituju yakni Liga Santri Nusantara (LSN).

"Tahun ini akan ada 1.300 pondok pesantren yang akan terlibat. Makanya kami juga meminta kepada santri di Pondok Pesantren Al Abror juga berperan dalam program ini," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi saat menjadi pembicara di Pondok Pesantren Al Abror Yamansari, Lebaksiu, Tegal, Jawa Tengah, seperti dikutip Antara, Minggu (9/4/2017).

Saat ditanya kenapa Kemenpora fokus dalam mendorong pesantren terlibat pada Liga Santri Nusantara, pria kelahiran Bangkalan, Jawa Timur itu menegaskan karena dirinya juga seorang santri.

"Wong aku juga santri. Makanya wajar kalau saya terus mendorong bergulirnya Liga Santri Nusantara itu," katanya dihadapan santri yang sebelumnya mendapatkan tausiah dari ketua umum PBNU Said Agil Siradj itu serta paparan dari Bupati Tegal Enthus Susmono.

Menpora yang akrab dipanggil Cak Imam ini menjelaskan, Liga Santri Nusantara merupakan bentuk nyata sumbangsih santri dalam pengembangan sepakbola nasional.

Liga Santri Nusantara sudah berjalan dua seri meski kontribusi nyata untuk timnas belum maksimal. Hanya saja, beberapa pemain U-19 sudah masuk radar pelatih Indra Sjafri. Bahkan, satu pemain masuk dalam seleksi akhir timnas yang dipersiapkan untuk Piala AFF 2017.

Selama di Tegal, ada beberapa kegiatan yang harus dihadiri Menpora. Setelah ke pondok pesantren Al Abror, ia dijadwalkan menghadiri kuliah umum "Pengarusutamaan Generasi Muda Dalam Pembangunan Yang Berkeadilan dan Berkekuatan Lokal Wisdom di STAIBN Tegal.

Baca juga artikel terkait SEPAKBOLA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Yantina Debora
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora