Pengguna Gagal Akses LinkAja, Imbas Jakarta Mati Listrik

Oleh: Zakki Amali - 4 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah pengguna LinkAja mengalami gagal akses, Minggu (4/8/2019) pukul 15.00 WIB hingga 16.50 WIB.
tirto.id - LinkAja, layanan keuangan berbasis elektronik, dilaporkan gagal diakses oleh sejumlah pengguna, Minggu (4/8/2019) pukul 15.30 WIB.

Dua orang pengguna di Yogyakarta melaporkan aplikasi yang dibuat oleh BUMN ini tak dapat diakses. Hal ini membuat salah satu pengguna, Azis (34) gagal bayar di toko modern saat akan membeli kebutuhan pokok.

"Saya akses tidak bisa masuk. Lama saya tunggu sekitar 30 menit juga tak bisa. Akhirnya bayar pakai alat pembayaran lain," kata Azis kepada Tirto, Minggu (4/8/2019).

Hal yang sama dialami oleh Hendi (23). Menurut dia, aplikasi ini tak bisa diakses bersamaan dengan informasi di Jakarta sedang mengalami pemadaman listrik.


"Tidak tahu apa penyebabnya, tapi waktunya bersamaan dengan informasi mati listrik di Jakarta," ujar dia.

Dari pantauan media sosial, keluhan gagal akses LinkAja juga disampaikan sejumlah warganet. Mereka mengadukan persoalan ini dengan menyebut akun Twitter resmi milik LinkAja.

Dalam cuitan LinkAja, para pengguna diminta untuk mencoba akses secara berkala.

"Hai, mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Terkait kendala tersebut saat ini kami sarankan dicoba berkala terlebih dahulu. Terima kasih :)," cuit akun Twitter LinkAja, dikutip Minggu (4/8/2019) pukul 16.40 WIB.


Pengguna juga diminta melakukan pembaharuan agar dapat mengakses, namun sebagian warganet menyebut tetap gagal akses. Hal ini diduga terkait pemadaman listrik di Jakarta dan sekitarnya.

Hingga berita ini dinaikkan, belum ada penjelasan resmi dari LinkAja. CEO LinkAja, Danu Wicaksana belum merepons saat kami konfirmasi terkait gagal akses pengguna.

Diketahui, terjadi pemadaman listrik di Pulau Jawa bagian tengah dan barat akibat gangguan Transmisi Ungaran-Pemalang 500 KV sejak Minggu (4/8/2019) sekitar pukul 11.00 WIB. PLN saat ini sedang berupaya memulihkan jaringan.


Baca juga artikel terkait MATI LISTRIK atau tulisan menarik lainnya Zakki Amali
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Zakki Amali
Editor: Addi M Idhom
DarkLight