Jokowi: Formula E Jadi Ajang Kampanye Kendaraan Ramah Lingkungan

Reporter: Dwi Aditya Putra - 4 Jun 2022 19:05 WIB
Presiden Joko Widodo menuturkan ajang Formula E berdampak baik untuk Indonesia. Salah satunya jadi ajang kampanye kendaraan ramah lingkungan.
tirto.id - Presiden Joko Widodo optimistis ajang Formula-E atau 'Jakarta E-Prix' ke depannya menjadi sebuah tontonan digemari masyarakat di Tanah Air. Sebab, event tren pergeseran dari mobil berbahan bakar minyak menuju listrik.

"Ini menjadi sebuah tontonan yang ke depan menurut saya akan semakin digemari," kata Jokowi usai menyaksikan Formula-E, di Jakarta, Sabtu (4/6/2022).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu bahkan mengakui pelaksanaan ajang balap mobil listrik itu berdampak baik untuk Indonesia. Jadi ajang kampanye kendaraan ramah lingkungan. RI juga saat ini sedang membangun ekosistem mobil listrik, mulai dari baterai, nikel, raw material, smelter, dan komponen lainnya.

"Saya kira ini teknologi yang dipertontonkan di formula e akan mendukung ke arah sana. Semua akan menuju ke ramah lingkungan," jelasnya.

Bahkan, Kepala Negara siap mendukung jika seri kedua balapan tersebut kembali digelar di Jakarta.

"Semua yang baik untuk negara ini kita dukung," katanya.

Formula-E merupakan kejuaraan balap mobil listrik dunia. Kejuaraan ini pertama kali digelar di Indonesia dan Indonesia berada di etape ke-9. Ajang bertajuk 2022 Jakarta E-Prix tersebut akan diikuti oleh 22 pembalap yang tergabung dalam 11 tim.




Baca juga artikel terkait FORMULA E 2022 atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight