Jokowi atau Prabowo Bakal Menang Pilpres 2019 di Sleman?

Oleh: Ibnu Azis - 17 April 2019
Bagaimana prediksi pemenang Pilpres 2019 di Sleman? Hasil Pilpres 2014 di wilayah ini, perolehan suara Jokowi mencapai 355.975 suara dan Prabowo memperoleh 303.420 suara.
tirto.id - Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 digelar serentak di seluruh Indonesia pada Rabu 17 April 2019. Pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan berebut kursi presiden dan wakil presiden Indonesia periode 2019-2024.

Kabupaten Sleman Provinsi DI Yogyakarta akan menjadi salah satu daerah pertarungan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk meraih suara pada Pilpres 2019.

Sebelum pelaksanaan pencoblosan pasangan Jokowi-Ma’ruf dan pasangan Prabowo-Sandiaga telah melakukan sosialisasi dan kampanye di wilayah Sleman untuk menarik simpati para pemilih.

Selama masa kampanye Pilpres 2019 pasangan Jokowi-Ma’ruf telah melakukan beberapa kegiatan di Sleman:
  • Ma'ruf Amin kunjungi mantan ketua umum PP Muhammadiyah
  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Universitas Aisyiyah Yogyakarta (Unisa) sekaligus bersilaturahmi dengan para pengurus pusat Aisyiyah di Dusun Mlangi, Kabupaten Sleman, Kamis, 6 Desember 2018.
  • Ma'ruf Amin menyebut khilafah menyalahi kesepakatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ia menyampaikan itu di Pondok Pesantren Mlangi, Sleman, Yogyakarta, Kamis, 28 Maret 2019.
Pasangan Prabowo-Sandiaga di Sleman melakukan kampanye dan sosialisasi, di antaranya:
  • Prabowo menghadiri acara silaturahmi bersama warga Muhammadiyah DIY
  • Prabowo menyampaikan pidato kebangsaan dalam acara "Prabowo Menyapa Masyarakat dan Purnawirawan TNI/Polri" di Grand Pacific Hall, Sleman
  • Sandiaga menghadiri Acara Prabowo Cup Berbah, Sleman
  • Sandiaga menghadiri peluncuran Rumah Siap Kerja & Pelatihan OK OCE, Dialog Pengusaha, Millenials & Warga Klaten

Sebagai gambaran, pada Pilpres 2014 lalu di Sleman perolehan suara saat Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla mencapai 355.975 suara. Sedangkan Prabowo Subianto yang berpasangan dengan Hatta Rajasa memperoleh 303.420 suara.

Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Politik)

Reporter: Ibnu Azis
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH