Jokowi akan Karantina 3 Hari di Istana Bogor Usai dari Luar Negeri

Oleh: Andrian Pratama Taher - 4 November 2021
Jokowi dijadwalkan mendarat di Indonesia pada Jumat (5/11/2021) pagi.
tirto.id - Presiden Joko Widodo akan menjalani karantina di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, usai kunjuangan dari luar negeri. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan hal itu dilakukan sebagai penerapan protokol kesehatan saat pandemi COVID-19.

Jokowi dijadwalkan mendarat di Tanah Air pada Jumat (5/11/2021) pagi. Hari ini ia masih kunjungan kerja di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

"Bapak presiden isoman (isolasi mandiri/karantina) di istana [Bogor]. Paspamres akan berganti grup dan yang kembali dari luar negeri akan isoman di tempat yang telah disiapkan [3 hari] sesuai aturan yang baru," kata Heru kepada reporter Tirto, Kamis (4/11/2021).

Heru memastikan Jokowi bakal menjalani tes antigen setiap pagi dan tes PCR dua hari sekali hingga karantina selesai. Jokowi akan didampingi dokter Istana Kepresidenan selama karantina.

Heru juga mengatakan Jokowi akan tetap bekerja secara daring dari tempat karantina.

"Kembali Jumat dan Selesai isoman kan Senin," kata Heru.

Sementara itu, rombongan presiden dan Paspampres akan menjalani karantina di tempat yang disiapkan Satgas COVID-19. Heru tak menyebut spesifik lokasi karantina mereka.

Jokowi bertolak ke luar negeri pada Jumat, 29 Oktober 2021. Dia mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia; KTT COP26 Perubahan Iklim di Glasgow, Skotlandia; dan pertemuan bilateral dengan pimpinan Uni Emirat Arab (UEA) serta sejumlah investor sebelum pulang ke Indonesia.


Baca juga artikel terkait KUNJUNGAN KERJA JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight