Jelang Indonesia vs Filipina, Timnas Siap Hadapi Tuan Rumah

Oleh: Agung DH - 21 November 2016
Dibaca Normal 1 menit
Indonesia akan mencoba strategi baru yakni mengantisipasi bola silang dari tuan rumah Filipina.
tirto.id - Indonesia menelan kekalahan 2-4 dari Thailand pada laga perdana Piala AFF 2016. Menghadapi pertandingan kedua melawan Filipina pada Selasa (22/11/2016), timnas mengaku telah siap untuk menang.

Laga Indonesia kontra Filipina dihelat Selasa (22/11) di Philippine Sports Stadium, Bulacan, Filipina, yang nerupakan pertandingan "hidup-mati" bagi Tim "Garuda Indonesia". Sebab pada laga pertama melawan Thailand, Indonesia kalah 2-4, sedangkan Filipina bermain imbang tanpa gol lawan Singapura.

"Target kita jelas harus menang," kata pelatih timnas Indonesia Alfred Riedel seperti diwartakan Antara.

Ia pun optimistis timnas Indonesia bisa memenangi pertandingan karena kondisi pemainnya lebih baik jika dibandingkan tahun 2014 dimana Indonesia dikalahkan Filipina.

"Saat itu fisik pemain Indonesia buruk. Sekarang berbeda," kata dia.

Begitu pun dengan mental anak asuhnya yang menurut Riedl cukup baik meski bermain di hadapan pendukung tuan rumah.

Sementara pelatih Filipina Thomas Dooley mengatakan pihaknya mewaspadai penyerang Indonesia termasuk pemain tengahnya karena jika ada kesempatan sedikit bisa menciptakan gol.

Terkait tidak adanya gol saat melawan Singapura, Dooley menegaskan bukan anak asuhnya yang tumpul tetapi pertahanan lawan cukup ketat.

"Banyak pemain Singapura turun menjaga daerah pertahanan sehingga cukup sulit pemain kami mencetak gol," jelasnya.

Dooley juga menegaskan pemain Indonesia kuat di tengah dan depan, tetapi lemah di pertahanan. "Ini peluang kami untuk menang," kata dia.

Pada Minggu (20/10) Alfred Riedl menyampaikan bahwa ia menyiapkan strategi antisipasi umpan silang karena para pemain timnas Filipina memiliki postur lebih tinggi.

"Mereka memiliki kelebihan di postur tubuh," katanya seperti diwartakan Antara. "Beberapa pemain [Indonesia] memang kami siapkan untuk itu [antisipasi bola atas]."

Riedl juga mengaku meski Indonesia kalah melawan Thailanda, para pemainnya telah ia beri pengarah untuk tetap optimistis. "Yang berlalu sudah, harus lihat ke depan," katanya.

Para pemain pada sesi latihan tersebut terlihat antuasiasmenya melahap semua materi yang diberikan pelatih dan asistennya.

Di bagian lapangan lain yang tidak masuk tim inti pada laga lawan Thailand lalu, terlihat Evan Dimas Darmono dan kawan-kawan usai pemanasan melakukan permainan cepat dan bola silang langsung menusuk ke jantung pertahanan lawan.

Beberapa kali umpan silang dari pemain sayap langsung ke tengah dan disambut pemain tengah atau depan dengan tembakan langsung ke gawang.

Salah seorang pemain inti ketika melawan Thailand, Rizki Pora mengaku siap untuk menghadapi laga selanjutnya.

"Kami siap," katanya singkat.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2016 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)

Sumber: Antara
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH
DarkLight