tirto.id - Pancasila menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia. Dia dalamnya memuat nilai-nilai yang sarat dengan keluhuran kehidupan masyarakat Indonesia. Sebagai pedoman, maka Pancasila mesti mengakar di jiwa dan semangat seluruh lapisan masyarakat.
Pancasila juga sebagai ideologi bangsa Indonesia. Mengutip laman Belajar Kemdikbud, Pancasila menjadi pegangan bagi masyarakat Indonesia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Lima sila di dalamnya penerapannya dilakukan pada semua lini lingkungan
Perilaku positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dapat diterapkan dalam berbagai lingkungan. Misalnya di lingkungan keluarga, sekolah, hingga masyarakat. Mengutip buku PKn 2 (2009) terbitan Depdiknas, berikut ini beragam contoh perilaku positif terhadap sila-sila Pancasila di ketiga lingkungan tersebut:
1. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa
a. Di lingkungan keluarga
- Melakukan ritual keagamaan sesuai agama masing-masing seperti berdoa sebelum bekerja.
- Melaksanakan acara pernikahan, selamatan anak, hingga upacara kematian.
- Melakukan syukuran saat memperoleh kebahagiaan atau karunia Tuhan.
- Bersilaturahmi ke sesama anggota keluarga.
b. Di lingkungan sekolah
- Mengikuti ceramah keagamaan
- Ikut serta dalam lomba kegiatan keagamaan
- Menghormati para guru
- Berdoa saat memulai dan mengakhiri pelajaran
c. Di lingkungan masyarakat
- Menjalankan ibadah menurut tata cara agama masing-masing
- Menyumbang untuk pembangunan sarana dan kegiatan ibadah
- Menengok dan membantu tetangga yang mengalami musibah, sakit, atau ada keluarga yang meninggal.
- Berpartisipasi kegiatan agama di masyarakat.
2. Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
a. Di lingkungan keluarga
- Mencintai, menghormati, dan menaati orang tua
- Menjunjung tinggi nilai luhur keluarga dengan penuh ketulusan
- Menjaga nama baik keluarga di masyarakat
- Menjadi pribadi yang mudah menghargai
b. Di lingkungan sekolah
- Menjunjung tinggi kesopanan dalam pergaulan di sekolah
- Melaksanakan program sekolah dalam bidang kemanusiaan
- Tidak merendahkan dan menyakiti perasaan teman
- Mengembangkan sikap tenggang rasa
c. Di lingkungan masyarakat
- Membantu korban bencana alam
- Memberi sedekah untuk fakir miskin
- Tidak memfitnah orang lain
- Meminta izin saat meminjam barang milik orang lain
3. Sila Persatuan Indonesia
a. Di lingkungan keluarga
- Mencintai sesama anggota keluarga dan membina kerukunannya
- Mengutamakan kepentingan keluarga dari kepentingan pribadi
- Tidak memaksakan kehendak pada anggota keluarga
- Menyayangi, menghormati, menghargai, dan saling membantu di antara sesama anggota keluarga
b. Di lingkungan sekolah
- Menghindari sikap dan perilaku yang mencemarkan nama baik sekolah
- Saling menghormati teman, guru dan petugas sekolah
- Mengutamakan kepentingan sekolah
- Bergaul tanpa mengejek dan membedakan suku, agama, ras, dan golongan
c. Di lingkungan masyarakat
- Mengembangkan transmigrasi
- Turut serta dalam sistem keamanan lingkungan dan bela negara
- Saling tukar kesenian daerah
- Bergaul dengan masyarakat tanpa melihat perbedaan suku, agama, ras, dan antargolongan
4. Sila Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
a. Di lingkungan keluarga
- Membangun rumah dengan dimusyawarahkan lebih dahulu
- Musyawarah pembentukan panitia acara perkawinan, khitanan, atau tamasya
- Pembagian harta waris melalui musyawarah
- Pembagian tugas kerja di rumah bersama anggota keluarga.
b. Di lingkungan sekolah
- Pemilihan ketua kelas, pengurus, dan ketua OSIS
- Pemilihan ketua regu Pramuka
- OSIS mengadakan kegiatan ekstrakurikuler
- Melakukan diskusi kelas
c. Di lingkungan masyarakat
- Perumusan dan pengesahan rencana anggaran pendapatan dan belanja pembangunan di tingkat desa
- Pembangunan Balai Desa
- Pembangunan sarana umum bagi masyarakat
- Pemilihan ketua RT, RW, pengurus LKMD, hingga kepala desa
5. Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
a. Di lingkungan keluarga
- Mengutamakan kebutuhan sekolah sebelum kebutuhan lainnya
- Melakukan pembagian waktu untuk belajar, bermain, dan membantu orang tua
- Berlatih diri dengan keterampilan atau hasta karya
- Berbagi rasa dengan keluarga lain yang memerlukan pertolongan
b. Di lingkungan sekolah
- Gemar menabung dan menghemat uang jajan
- Tidak mengenakan perhiasan secara berlebihan
- Melakukan pengadaan sarana belajar dengan wajar
- Bekerja keras untuk meraih prestasi
c. Di lingkungan masyarakat
- Melakukan kegiatan sosial
- Menggalakan program jaring pengaman sosial tepat sasaran
- Menggalakan program padat karya dan memanfaatkan lahan tidur
- Menggiatkan gerakan nasional orang tua asuh
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Dipna Videlia Putsanra