Cara Perpanjang STR Online di Satusehat Kemkes SDMK

Penulis: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 16 Okt 2023 21:12 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini cara perpanjang STR online di situs web Satusehat Kemkes SDMK. Perpanjangan STR kini bisa dilakukan untuk seumur hidup.
tirto.id - Cara perpanjang STR online di satusehat.kemkes.go.id/sdmk bisa dilakukan ketika tenaga kesehatan sudah memenuhi sejumlah persyaratan. Perpanjangan STR online itu pun saat ini sudah bisa dilakukan untuk seumur hidup.

Setiap tenaga medis (named) dan tenaga kesehatan (nakes) membutuhkan Surat Tanda Registrasi (STR) agar mendapatkan perizinan dalam menjalankan praktik. STR biasanya juga menjadi syarat administrasi untuk mengikuti seleksi CPNS atau PPPK formasi nakes.

Sesuai dengan keterangan terbaru dari Kementerian Kesehatan, registrasi sudah berlaku selamanya dengan ditetapkannya kebijakan STR seumur hidup. Pengurusannya dilakukan secara online melalui platform SatuSehat SDMK.

SatuSehat SDMK merupakan platform yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan untuk memperbarui profil mereka dengan informasi yang relevan.


Mengutip siaran resmi Kemkes, platform ini dapat meningkatkan kualitas informasi yang nantinya dibagikan kepada seluruh fasilitas kesehatan dan instansi di bawah Kementerian Kesehatan.

Beberapa fitur SatuSehat SDMK mencakup pengelolaan profil, info tahapan keprofesian, hingga pengembangan kompetensi. Ada pula fitur layanan perizinan serta jejaring antar-tenaga kesehatan untuk tujuan pertukaran pengetahuan dan kesempatan.


Syarat Perpanjang STR Seumur Hidup

Mengutip fitur FAQ di laman Satusehat Kemkes, penerbitan STR seumur hidup difokuskan untuk tenaga medis dan nakes yang memiliki STR akan atau sudah kadaluarsa.

Penerbitan atau perpanjangan STR Seumur Hidup dilakukan lewat SatuSehat SDMK. Link platform tersebut berada di satusehat.kemkes.go.id/sdmk.

Terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatikan. Syarat penerbitan atau perpanjangan STR seumur hidup adalah:

  • Memiliki data diri dan STR yang tervalidasi di SatuSehat SDMK
  • Telah mengisi data pendukung di SatuSehat SDMK
  • Tidak memiliki perbedaan data dengan STR sebelumnya.

Data nama bank beserta nomor rekening milik tenaga medis dan Nakes juga dimasukkan sebagai syarat tambahan perpanjangan STR.

Nomor rekening bank digunakan untuk keperluan transfer insentif secara langsung. Tidak hanya itu, adanya informasi rekening bank dapat menjaga konsistensi sistem penggajian, tunjangan kinerja, hingga penyaluran TPP tenaga medis dan tenaga kesehatan, terutama yang bekerja di bawah naungan pemerintah kabupaten/kota.


Cara Perpanjang STR Online di SatuSehat SDMK

Penerbitan atau perpanjangan STR Seumur Hidup kini bisa dilakukan secara online lewat situs web satusehat.kemkes.go.id/sdmk.

Berikut cara perpanjang STR seumur hidup di laman SatuSehat SDMK:

  • Buka laman satusehat.kemkes.go.id/sdmk.
  • Lakukan pendaftaran akun jika belum memiliki.
  • Klik "Daftar Sekarang" untuk buat akun.
  • Lengkapi data NIK, nama, email, hingga tanggal lahir.
  • Setelah punya akun, pakai untuk login di laman Satusehat SDMK
  • Untuk login klik tombol "Masuk" di kanan atas situs.
  • Lengkapi semua data yang diminta sesuai dengan intruksi sistem.
  • Ikuti tahapan untuk pengurusan data, termasuk memasukkan informasi dari data-data yang dipersyaratkan.
  • Pastikan pula data pribadi, data pendukung, hingga verifikasi dari konsil kesehatan (KKI/KTKI) lengkap dan valid.

Penerbitan STR seumur hidup memerlukan waktu pemrosesan untuk terbit. Penerbitan STR seumur hidup dilakukan dalam 14 hari kerja bagi dokter/dokter gigi, serta 15 hari kerja untuk Nakes. Periode itu dihitung setelah pembayaran biaya STR dilakukan.

Pemutakhiran data dan proses registrasi STR lewat SatuSehat SDMK akan memangkas biaya yang muncul dari pengurusan STR sebelum akibat birokrasi yang rumit.

Penerbitan STR dari jalur ini jauh lebih mudah dilakukan karena tersentralisasi dan tidak melibatkan banyak entitas. Dengan demikian, tenaga medis dan tenaga kesehatan bisa secepatnya melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Biaya Perpanjang STR Seumur Hidup di SatuSehat

Tarif perpanjangan STR seumur hidup dibedakan untuk dokter/dokter gigi, apoteker, dan tenaga kesehatan lainnya.

Biaya perpanjang STR seumur hidup di SatuSehat SDMK adalah sebagai berikut:

  • Biaya STR seumur hidup dokter/dokter gigi: Rp300.000
  • Biaya STR seumur hidup apoteker: Rp250.000
  • Biaya STR seumur hidup tenaga kesehatan lain: Rp100.000.

Baca juga artikel terkait TENAGA KESEHATAN atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Addi M Idhom

DarkLight