Cara Cek BPOM Kosmetik Skincare & Tips Menghindari Produk Palsu

Kontributor: Chyntia Dyah Rahmadhani - 21 Jan 2022 21:50 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini cara cek BPOM untuk produk kosmetik skincare beserta tips agar terhindari dari produk-produk palsu.
tirto.id - Belakangan ini semakin marak terjadi pemalsuan produk kosmetik, termasuk skincare. Dengan iming-iming harga murah, konsumen biasanya mudah tertarik meski keamanan dan khasiat produk tidak terjamin.

Tawaran untuk membeli produk-produk seperti itu semakin banyak karena penjualannya tidak hanya melalui toko offline, tetapi online. Produk-produk itu bisa dijual via media sosial, website, hingga market place e-commerce.

Sudah banyak konsumen yang dirugikan karena membeli produk perawatan kecantikan, seperti skincare, dengan harga di bawah standar, tapi ternyata palsu. Di lapak-lapak online, iklan produk itu biasanya mengecoh konsumen karena gambar menyerupai produk asli.

Meski begitu, tidak semua produk kosmetik berharga murah bisa dianggap palsu atau keamanan dan kualitasnya meragukan. Karena itu, konsumen perlu jeli untuk membedakan produk kosmetik yang asli dan palsu.

Berikut sejumlah tips untuk menghindari produk kosmetik palsu yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Periksa Label

Produsen yang memalsukan produk sering kali melewatkan detail penting. Apabila Anda menemukan kesalahan ketik, salah eja, dan pencetakan yang buruk di kemasan, dapat diduga kuat bahwa produk tersebut palsu.

2. Periksa komposisi bahan produk

Perhatikan kandungan dalam produk. Beberapa bahan berbahaya yang dimungkinkan ada di produk kecantikan, yaitu hidrokinon, merkuri, asam retinoat dan rhodamin B. Apabila digunakan dalam jangka waktu lama, bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi kulit dan bahkan menimbulkan kematian.

3. Gunakan Akal Sehat

Tawaran dari penjual perlu diperhatikan pula. Jika ia memberikan harga yang murah serta dijual dalam jumlah besar, dan harga tertera di bawah standar, ada kemungkinan produk tersebut tiruan.

Apabila Anda menemukan kejanggalan, hubungi kontak yang tertulis d kemasan merek. Hal ini untuk memeriksa apakah penjual merupakan pengecer resmi atau bukan.


Cara Cek Nomor BPOM Produk Kosmetik Skincare

Ketentuan terkait peredaran kosmetik di Indonesia termuat di peraturan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) nomor 30 tahun 2017 tentang pengawasan pemasukan obat dan makanan ke dalam wilayah Indonesia.

Berdasarkan peraturan BPOM tersebut, setiap produk kosmetik, termasuk skincare, yang dijual di pasar Indonesia harus memiliki nomor izin layak edar yang terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Setiap produk kecantikan yang didaftarkan ke BPOM akan melalui serangkaian pengujian dahulu untuk diperiksa keamanan bahan dan kualitasnya. Jika lolos pemeriksaan BPOM, produk itu akan mendapatkan nomor izin edar.

Mengecek nomor izin edar BPOM yang tertera di kemasan produk juga bisa menjadi salah satu cara agar terhindar dari barang palsu.

Mengecek nomor izin edar BPOM di kemasan produk kosmetik bisa dilakukan via website atau aplikasi resmi milik Badan Pengawas Obat dan Makanan. Berikut ini langkah-langkahnya.

1. Cara cek nomor BPOM kosmetik melalui situs resmi BPOM:

  • Buka situs cekbpom.pom.go.id di browser
  • Pilih kolom “Cari Berdasarkan” dengan pilihan “Nomor Registrasi”,
  • Masukkan nomor registrasi yang tertera di kemasan produk pada kolom “Kata Kunci”.
  • Selanjutnya pilih “Cari”
  • Kemudian akan muncul tampilan informasi terkait produk yang dicari.

2. Cara cek BPOM melalui aplikasi Cek BPOM:

  • Unduh aplikasi “Cek BPOM” di Google Play Store maupun App Store.
  • Di tampilan halaman utama, klik 'Semua Produk'.
  • Lalu, pilih pencarian berdasarkan kategori produk di BPOM.
  • Pilih “'Nomor Registrasi”
  • Masukan nomor izin edar BPOM yang tertera di kemasan produk untuk mendapatkan informasi produk.
  • Apabila produk telah terdaftar, akan muncul daftar lengkap mengenai produk tersebut.

Baca juga artikel terkait BPOM atau tulisan menarik lainnya Chyntia Dyah Rahmadhani
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Chyntia Dyah Rahmadhani
Penulis: Chyntia Dyah Rahmadhani
Editor: Addi M Idhom

DarkLight