Cak Imin-Ma'ruf Amin Bertemu Hari Ini dan Sempat Bahas Kabinet

Oleh: Bayu Septianto - 5 Juli 2019
Cak Imin mengakui sempat membahas soal pembentukan kabinet saat dirinya bertemu Ma'ruf Amin pada hari ini.
tirto.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menemui cawapres terpilih, Ma'ruf Amin di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/7/2019).

Cak Imin mengatakan berbagai hal dibahas dalam pertemuannya dengan Ma'ruf. Dia mengakui salah satu yang dibahas adalah tentang kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Tentu ada diskusi kecil [soal kabinet], tapi tidak membahas [nama] menteri," kata Cak Imin usai bertemu Ma'ruf.

Menurut Cak Imin, PKB masih menggodok nama-nama calon menteri yang akan diusulkan kepada Jokowi-Ma'ruf. Nama-nama itu merupakan kader PKB dan ada juga yang non-kader.

"Dua sumber ini lagi kita godok terus, nanti kita serahkan ke Kiai Ma'ruf, ke Pak Jokowi, baik yang kader maupun non-kader," ujar Cak Imin.

Dia menambahkan pembahasan lebih lanjut terkait kabinet akan dilakukan bersama Jokowi pada pertengahan bulan ini.

Dalam pertemuan hari ini, Cak Imin juga mengundang Ma'ruf untuk hadir dalam acara peringatan ulang tahun PKB pada 23 Juli mendatang.

Selain itu, Cak Imin mengaku, bersama Ma'ruf, dirinya membahas tantangan yang harus dihadapi pemerintahan mendatang. Tantangan itu seperti peningkatan kualitas pendidikan, UMKM serta soal masalah keislaman di Indonesia.

"Kiai Ma'ruf Amin diharapkan masih tetap memegang legitimasi untuk mendorong gerakan Islam ini terorganisir supaya mensukseskan pembangunan pemerintah," ujar Cak Imin.

Sementara Ma'ruf Amin menegaskan persoalan penyusunan kabinet belum dibahas secara detail dalam pertemuannya dengan Cak Imin. Ma'ruf juga mengklaim belum ada nama calon menteri yang dibahas.

"Belum, belum. Masing-masing berapa, apalagi orangnya, belum dibahas," kata Ma'ruf.


Baca juga artikel terkait KABINET JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Addi M Idhom
DarkLight