BPN akan Datangi Kantor Media Guna Paparkan Bukti Kecurangan Pemilu

Oleh: Haris Prabowo - 26 April 2019
BPN berencana memaparkan bukti kasus pelanggaran aturan dan kecurangan pemilu ke sejumlah media dan lembaga internasional.
tirto.id - Direktur Materi dan Debat BPN Prabowo-Sandiaga, Sudirman Said mengatakan kubunya berencana memaparkan bukti-bukti kecurangan di Pemilu 2019 ke berbagai pihak, termasuk sejumlah media.

Oleh karena itu, menurut Sudirman, BPN akan melakukan kunjungan ke sejumlah kantor media.

Bukti-bukti itu, kata Sudirman, telah ditemukan dan dikumpulkan oleh Direktorat Hukum dan Advokasi BPN Prabowo-Sandiaga.

"Kami sedang dokumentasikan. Ada beberapa grup yang lakukan itu, ada grup tim advokasi yang lakukan tugas mereka untuk dokumentasikan dan sampaikan kepada yang berwenang," kata dia saat berbicara dalam konferensi pers di jalan Sriwijaya, Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2019) sore.

"Pekan lalu laporan pertama dilakukan Pak Dasco [Direktur Advokasi dan Hukum] ke Bawaslu RI, sampai 1.200 pelanggaran dan kecurangan," tambah Sudirman.


Selain akan dibeberkan ke media, Sudirman mengatakan bukti 1.200 kasus pelanggaran aturan dan kecurangan pemilu itu juga akan diungkapkan kepada lembaga-lembaga internasional.

"Kami punya tim untuk susun persiapan komunikasi dengan semua stakeholder. Tim kami juga sedang persiapan kunjungan ke berbagai media dan bertemu pihak-pihak lembaga internasional untuk jelaskan ini," kata dia.

Sudirman menegaskan, langkah pemaparan bukti ke media tidak dimaksudkan untuk mengintervensi pemberitaan.

"Bukan untuk intervensi, tapi untuk concern bersama, karena diharapkan pihak ketiga bisa objektif [me]lihatnya," ujar dia.


Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Addi M Idhom