Periksa Fakta

Benarkah Campuran Minyak Tanah, Garam, Es Bisa Obati Asam Urat?

Oleh: Irma Garnesia - 20 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Pola hidup kurang baik jadi penyebab asam urat, kolesterol, dan darah tinggi.
tirto.id - Obat-obatan tradisional sangat lumrah digunakan oleh rumah tangga di Indonesia. Berbagai ramuan dapur seperti jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, dan jeruk nipis kerap digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

Namun, apakah resep ramuan-ramuan tradisional yang sering tersebar di media sosial tersebut sungguh mampu menyembuhkan penyakit? Belakangan, unggahan dari akun Facebook Ahmad L Sr. (arsip) terkait pengobatan tradisional ramai tersebar. Akun tersebut membagikan sebuah foto yang diberi deskripsi sebagai berikut:

Begni cara mengobati penyakit asam urat,kolestrol,tekanan darah tinggi..
Bahan yg di gunakan..
1.minyak tanah 1 liter
2.garam dapur 1 bks
3.es batu 2 bungkus di hancurkan..
Diaduk didalam tempat seperti Poto diatasi lalu rendam kaki kita sampai semampu kita menahan rasa sakitnya..di ulang trus sampai 4 kali setiap hari..

Unggahan Ahmad tersebut merupakan unggahan lama pada Juli 2016. Namun, unggahan ini telah dibagikan sebanyak 143 ribu kali.

Benarkah klaim yang menyatakan ramuan minyak tanah, garam dapur, dan es batu tersebut dapat mengobati asam urat, kolesterol, dan tekanan darah tinggi sekaligus?

Periksa Fakta Minyak tanah Garam Es Batu
Periksa Fakta Minyak Tanah, Garam, Es Batu Obati Penyakit Kronis. facebook/Ahmad L Sr



Penelusuran Fakta

Penyakit asam urat, kolesterol, dan tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang sering dialami masyarakat Indonesia. Menurut blog Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, asam urat merupakan salah satu kategori penyakit kronis tidak menular (PTM).

Gejala asam urat ditandai dengan ada­nya hiperurisemia atau pening­katan kadar asam urat dalam darah. Penyakit ini merupakan penyakit metabolisme yang terkait pola makan diet tinggi purin dan minuman beralkohol.

Menurut blog yang sama, di Indonesia belum banyak publikasi tentang penyakit asam urat, sehingga prevalensi penyakit ini belum diketahui pasti. Namun menurut Perhimpunan Reumatologi Indonesia, prevalensi penyakit ini diperkirakan menyerang 13,6 per 1.000 pria dan 6,4 per 1.000 wanita.

Sementara itu, kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh, dan sekitar seperempat kolesterol yang dihasilkan dalam tubuh diproduksi oleh sel-sel hati.

Pada dasarnya tubuh membutuhkan kolesterol untuk tetap sehat. Namun, tingkat kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan buruknya sirkulasi darah.

Di Indonesia sendiri, berdasarkan data Riskesdas 2013, ada 35,9% penduduk Indonesia yang berusia lebih dari 15 tahun dengan kadar kolesterol tinggi dengan komposisi penduduk perempuan lebih banyak dibanding laki-laki.

Selanjutnya, hipertensi merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia setiap tahunnya. Menurut WHO, dikutip dari Kemenkes, pada 2015 ada sekitar 1,13 Miliar orang di dunia menderita hipertensi, artinya 1 dari 3 orang di dunia terdiagnosis hipertensi.

Jumlah tersebut meningkat setiap tahunnya, dan diperkirakan pada 2025 akan ada 1,5 Miliar orang terkena hipertensi, dengan diperkirakan 9,4 juta orang meninggal setiap tahunnya.


Karena faktor bahaya, tak jarang orang-orang selalu ingin mencari tahu pengobatan asam urat, kolesterol tinggi, dan hipertensi. Namun, campuran garam dapur, es batu, dan minyak tanah tidak terbukti dapat menyembuhkan penyakit tersebut, seperti dikonfirmasi oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kobar, dr Fachrudin, dalam laman Turnbackhoax.id.

Menurutnya, belum ada penelitian terkait hal itu. Pengobatan alternatif atau tradisional terkadang memang melabrak aturan medis yang terutama dalam pengobatan modern. Ia juga menyampaikan pentingnya mengetahui penyebab penyakit untuk dapat menangani masalah kolesterol tinggi, asam urat, dan juga tekanan darah tinggi. Pengobatannya pun tidak bisa secara instan.

Gejala nyeri dan pembengkakan pada penyakit asam urat disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat. Apakah kristal ini bisa luruh dan terbuang keluar hanya dengan dilakukan perendaman? Menurut Fachrudin, hal ini masih jadi tanda tanya.

Kolesterol dan tekanan darah tinggi, sementara itu, bisa disebabkan karena pola hidup yang kurang baik, tidak pernah melakukan aktivitas gerak tubuh. Tiga masalah kesehatan dia atas biasanya juga disebabkan oleh kegemaran mengonsumsi makanan berlemak seperti jeroan, hidangan laut, dan daging merah.

Selain sejumlah hal yang disebutkan sebelumnya, terdapat banyak faktor yang menjadi pemicu timbulnya masalah kesehatan tersebut, seperti usia, konsumsi minuman beralkohol, dan tingkat stres dalam pekerjaan sehingga pola makan, istirahat, dan olahraga tidak teratur.

”Masalah kesehatan ini juga rawan dialami oleh orang-orang yang menderita obesitas, diabetes, atau penyakit ginjal kronik,” lanjut Fachrudin.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kobar itu juga menyarankan sebaiknya masyarakat melakukan upaya penyembuhan secara medis. Bisa melalui puskesmas atau dengan mendatangi Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM). "Lebih baik upayakan penanganan masalah kesehatan ke fasilitas yang telah ada, jangan mencoba-coba sesuatu yang belum jelas," sarannya, masih dari Turnbackhoax.id.


Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran yang telah dilakukan, tidak benar bahwa campuran minyak tanah, garam dapur, dan es batu dapat menyembuhkan penyakit asam urat, kolesterol, dan tekanan darah tinggi. Dengan demikian, disimpulkan bahwa unggahan terkait campuran ramuan tersebut bersifat salah dan menyesatkan (false & misleading).

Baca juga artikel terkait PERIKSA FAKTA atau tulisan menarik lainnya Irma Garnesia
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Irma Garnesia
Editor: Ign. L. Adhi Bhaskara
DarkLight