Obat Alami Redakan Arthritis atau Radang Sendi: Teh Hijau dan Jahe

Oleh: Hanafi - 19 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Obat alami untuk meredakan Arthritis: teh hijau, kurkumin, lidah buaya, hingga Jahe.
tirto.id - Arthritis atau radang sendi biasanya terjadi pada lansia. Penyakit ini tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya.

Penderita arthritis umumnya menggunakan obat anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi. Namun, penggunaan obat dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping.

Cara alternatif yang mulai dilirik masyarakat ialah dengan menggunakan obat alami. Selain efektif, obat alami juga lebih aman dikonsumsi jangka panjang.

Obat Alami Arthritis


Berikut beberapa pengobatan alami yang dapat meredakan arthritis:

1. Teh Hijau

Kandungan anti-inflamasi yang tinggi dalam teh hijau dapat membantu meredakan arthritis. Bahkan, kandungan anti-arthritic pada teh hijau lebih tinggi dari teh hitam.

Sebuah penelitian oleh Steven Dudics, dkk membuktikan bahwa pemberian teh hijau pada tikus dapat mencegah perkembangan arthritis.

Pada percobaan perbandingan tersebut, tikus dengan perawatan teh hijau menunjukkan penurunan tingkat arthritic dibanding tikus dengan perawatan teh hitam atau tanpa perawatan.

2. Minyak Biji Beri Hitam (Blackcurrent)

Kandungan dalam biji beri hitam mampu meredakan arthritis. Dalam artikelnya, K. L. Soeken, dkk menyebutkan bahwa pasien yang mengonsumsi minyak biji beri hitam menunjukkan perubahan yang signifikan.

Pasien diberi 10,5 gram minyak tersebut selama 6 bulan. Hasilnya, kelembutan sendi pasien mengalami peningkatan.

3. Kurkumin

Kurkumin adalah unsur yang terdapat di jaringan akar kunyit yang memiliki kandungan anti-inflamasi.

Dalam studinya, K. L. Soeken, dkk menyebutkan bahwa pasien yang diberi perawatan kurkumin mengalami penurunan kekakuan sendi di pagi hari, pembengkakan sendi, dan meningkatnya intensitas waktu jalan kaki.

4. Lidah Buaya

Selain dapat mengobati berbagai permasalahan kulit, lidah buaya juga mengandung anti-inflamasi yang dapat meredakan radang sendi.

Dikutip dari Healthline, lidah buaya tidak menimbulkan efek negatif dari nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs) yang biasanya digunakan sebagai obat pengurang rasa sakit akibat radang sendi. Cara menggunakannya yakni dengan mengoleskan gel lidah buaya langsung ke kulit atau memakannya langsung.

5. Jahe

Studi membuktikan bahwa jahe memiliki kandungan anti-inflamasi yang tinggi. Ini yang membuatnya memiliki rasa yang kuat.

Jahe dapat mengendalikan gejala-gejala arthritis serta mencegah kerusakan tulang. Anda dapat mengolah jahe dengan merebusnya selama 5 menit lalu tambahkan herbal lain yang diinginkan.


Baca juga artikel terkait OBAT ALAMI ARTHRITIS atau tulisan menarik lainnya Hanafi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Hanafi
Penulis: Hanafi
Editor: Dhita Koesno
DarkLight