Apakah Tidak Menggunakan Bra Bisa Membuat Payudara Kendur?

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 2 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Pada umumnya, payudara mengendor akibat usia, dan ligamen cooper yang terdapat di payudara membentang dari waktu ke waktu.
tirto.id - Sejak imbauan work from home atau bekerja dari rumah akibat pandemi global Covid-19, tak sedikit perempuan yang mungkin lebih senang tidak mengenakan bra selama di rumah.

Pasalnya, kini mereka tak perlu lagi pergi keluar rumah yang membuat mereka harus mengenakan bra. Akan tetapi, apakah benar, bahwa tidak mengenakan bra dapat membuat payudara kendur?

Melansir situs Her, banyak penelitian telah menyangkal bahwa tidak menggunakan bra dapat membuat payudara kendur.

Ahli ilmu olahraga Jean Denis Roullion dari Universitas Besancon, Prancis, mengatakan mengenakan bra bagi banyak perempuan justru mungkin tidak memiliki banyak manfaat.

Salah seorang sukarelawan penelitiannya, Capucine (28 tahun), mengatakan ia memperoleh manfaat ketika tidak mengenakan bra termasuk bernapas dengan lebih mudah, membawa diri lebih baik, dan berkurangnya rasa sakit di punggung melansir Medical News Today.

Akan tetapi, Rouillon juga memperingatkan bahwa beberapa perempuan tidak seharusnya segera melepaskan bra mereka sebagai respons dari penelitiannya tersebut.

Pasalnya, perempuan yang lebih tua dengan umur lebih dari 45 tahun tidak akan mendapat manfaat dari tidak mengenakan bra mereka.

Dalam sebuah wawancara dia berkata, “Tetapi seorang perempuan paruh baya, kelebihan berat badan, dengan 2 hingga 4 anak? Saya sama sekali tidak yakin meraka mendapat manfaat dari mengabaikan bra.”

Sementara itu, Rouillon juga menekankan bahwa penelitiannya merupakan hasil awal.

“Sampel kecil dari 320 perempuan tidak mewakili seluruh populasi yang akan membutuhkan sekitar 300.000 subjek,” ungkapnya dikutip dari The Local.

Lebih lanjut, melalui penelitiannya, telah terkonfirmasi bahwa menurut data awal, tidak ada kerusakan pada payudara perempuan muda ketika tak mengenakan bra.

Dilansir Antara, wakil presiden American Society for Aesthetic Plastic Surgery, Dan Mils, MD, dalam Healthline menyampaikan bra dapat digunakan untuk mengangkat payudara sehingga bisa menunjang penampilan. Akan tetapi, payudara yang kendur akibat usia dan gravitasi tidak dapat dicegah dengan menggunakan bra.

Lantas, apa penyebab payudara kendur?

Pada umumnya, payudara mengendor akibat usia, dan ligamen cooper yang terdapat di payudara membentang dari waktu ke waktu.

Dilansir dari Healthline, selain karena usia, payudara mengendor juga terjadi akibat dari gravitasi meskipun ada penyebab lain yang juga memengaruhinya.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan payudara mengendor:

- Penuaan

- Defisiensi kolagen

- Defisiensi estrogen

- Gravitasi

- Indeks massa tubuh tinggi

- Ukuran payudara lebih besar

- Kehamilan ganda

- Menopause

- Penurunan berat badan yang cepat diikuti dengan penambahan berat badan, atau sebaliknya

Ukuran payudara yang besar memiliki potensi kendur yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena massa payudara yang lebih tinggi lebih rentan terhadap gravitasi.

Di sisi lain, memilih untuk menyusui anak tidak berpengaruh pada kekencangan payudara.

Menyusui umumnya dianggap meregangkan jaringan payudara dan menyebabkan kendur. Namun, sebuah penelitian menemukan hal tersebut tidak benar.


Baca juga artikel terkait PENYEBAB PAYUDARA KENDUR atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight