tirto.id - Perusahaan selalu berusaha untuk mengadakan inovasi kreatif sebagai strategi pemasaran. Berbagai cara unik dan menarik akan diupayakan supaya berhasil menarik perhatian publik. Salah satu cara yang diterapkan ialah PR stunt. Lantas, apa itu PR stunt, apa manfaat PR stunt, dan apa conoth PR stunt?
PR stunt (singkatan dari public relation stunt) atau kerap disebut juga publicity stunt menjadi bagian dari strategi marketing. Strategi ini kerap tampil mencolok dan dramatis untuk menarik perhatian publik.
Penerapan PR stunt memiliki tujuan jelas dalam hal pemasaran untuk meningkatkan kesadaran publik dan reputasi. Tentu perencanaan PR stunt memerlukan analisis yang matang supaya eksekusinya berhasil dengan baik.
Usai eksekusi, tim pun wajib melaksanakan monitoring dan evaluasi. Dengan demikian, PR stunt dapat dipantau dan dinilai secara optimal.
Menjawab 'Apa itu PR Stunt?'

Sebelum membahas lebih lanjut tentang PR stunt, perlu terlebih dahulu mengenal PR stunt. Apa itu PR stunt?
PR stunt adalah upaya atau aksi yang dirancang secara sengaja untuk menarik perhatian publik dan media. Istilah PR stunt kerap digunakan dalam dunia public relations dan komunikasi massa.
Selain dikenal dengan PR stunt, istilah lainnya juga adalah publicity stunt, yakni aksi yang dibuat dengan tujuan untuk meraih publisitas besar dalam waktu singkat. Ada berbagai cara yang dapat diwujudkan dalam PR stunt.
Mulai dari aksi sosial, kejutan kreatif, kampanye viral, hingga kolaborasi yang unik dan menarik. Tujuan utama PR stunt ialah untuk membuat orang membicarakan merek atau individu yang diusung, baik di media tradisional maupun media sosial.
Ketahui Manfaat PR Stunt

Strategi marketing berupa PR stunt memiliki manfaat penting. Apa saja manfaat PR stunt bagi perusahaan atau individu?
1. Meningkatkan Brand Awareness
Manfaat PR stunt ialah dapat meningkatkan brand awareness. Saat publik dan media membicarakan aksi tertentu, eksposur atau paparan merek tersebut akan secara otomatis menjadi meningkat.2. Membangun Citra Positif
Manfaat PR stunt selanjutnya ialah dapat membangun citra positif. PR stunt yang relevan dan sesuai dengan nilai perusahaan berpotensi meningkatkan reputasi positif di mata publik. Selain itu, hasil dari PR stunt juga dapat memperdalam kedekatan emosional dengan audiens.3. Mendongkrak Interaksi di Media Sosial
Konsep unik yang diusung dalam PR stunt dapat mendongkrak interaksi di media sosial. PR stunt berpotensi viral dan mampu meningkatkan engagement di beragam platform.4. Menjadi Pembeda dari Kompetitor
PR stunt yang dilakukan suatu perusahaan dapat menjadi karakter tersendiri perusahaan tersebut. Strategi ini bia menjadi pembeda kuat di tengah pasar kompetitif antara satu brand dengan brand lain.Bagaimana Cara Kerja PR Stunt?
Tim analisis memanfaatkan BI Fintech. FOTO/iStockphoto

Melakukan PR stunt tidak bisa asal-asalan. Perlu pemahaman matang tentang cara kerja PR stunt.
Semua rancangan PR stunt perlu dipertimbangkan dengan baik supaya hasilnya juga optimal. Bagaimana cara kerja PR stunt?
1. Melakukan Riset dan Perencanaan
Tahapan penting dari PR stunt adalah melakukan riset dan perencanaan. Tim PR atau tim marketing yang biasanya sebagai penanggung jawab perlu memahami target audiens, tren yang berkembang saat ini, hingga kapankah waktu pelaksanaan yang tepat.2. Kreativitas dalam Eksekusi
Nilai kreatif diperlukan dalam melaksanakan PR stunt. Ide menarik dan unik menjadi salah satu kunci kesuksesan PR stunt. Dengan begitu, aksi PR stunt akan berhasil dikemas secara unik untuk memancing perhatian dan tetap relevan dengan brand.3. Kolaborasi Media dan Influencer
Kolaborasi media dan influencer menjadi salah satu cara kerja yang tak kalah penting dalam PR stunt. Perusahaan bisa menyebarkan berita melalui pihak ketiga yang terpercaya dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan menjangkau lebih luas.4. Monitoring dan Evaluasi
Usai PR stunt dilakukan, jangan lupa melakukan monitoring dan evaluasi. Diperlukan analisis hasil. Mulai dari eksposur media, sentimen publik, hingga dampak pada brand.Contoh PR Stunt
PR stunt sudah banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan. Jadi contoh PR stunt dari beberapa brand ini dapat memberi gambaran tentang ‘apa itu PR stunt?’ Berikut contoh PR stunt:
1. IKEA Sleepover
IKEA mengadakan PR stunt bertajuk “Sleepover”. Penerapan PR stunt dilakukan dengan mendekor toko IKEA seperti rumah sungguhan lengkap dengan perabotan IKEA.Aksi ini mengundang ketertarikan banyak orang untuk mengunjungi IKEA. Pelanggan dapat bermalam di IKEA dengan nyaman dan gratis sehingga orang-orang antusias mencobanya.
2. GO-JEK Berbagi Takjil
Go-Jek juga melakukan PR stunt dengan program bagi takjil. Namun, program ini tak sekadar berbagi takjil.Driver yang membagikan takjil ini berdandan unik sehingga membuat aksi ini viral. Tak ayal PR stunt ini memperkuat citra Go-Jek sebagai brand yang dekat dengan masyarakat.
3. UNIQLO Kampanye Kemeja Flanel di MRT
Aksi PR stunt tak kalah menarik datang dari brand UNIQLO. PR stunt yang dilakukan UNIQLO dilakukan dengan sejumlah orang mengenakan kemeja flanel warna-warni memenuhi MRT.Sontak aksi ini berhasil menarik perhatian orang-orang. Kondisi tersebut kemudian disebarkan di media sosial. Barulah diketahui bahwa aksi tersebut merupakan PR stunt kampanye UNIQLO untuk mempromosikan produknya.
PR stunt menjadi strategi unik dan menarik bagi berbagai perusahaan. Selain itu, eksekusi yang tepat sasaran juga akan berdampak positif untuk brand. Tentu analisis matang diperlukan sebelum melakukan PR stunt.
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Nurul Azizah & Yulaika Ramadhani
Masuk tirto.id







































