Apa Itu LGBTQ+, Singkatan, Arti, Macam-Macam, & Penjelasannya

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari - 13 Mei 2022 10:34 WIB
Dibaca Normal 2 menit
LGBTQ adalah singkatan dari lesbian, gay, biseksual, transgender, dan queer.
tirto.id - LGBT ramai menjadi pembahasan dan trending di Twitter selama beberapa hari belakangan usai viral video podcast Youtube Deddy Corbuzier yang mengundang Ragil Mahardika sebagai bintang tamu.

Dalam video yang akhirnya dihapus tersebut, Ragil berbagi kisah tentang kehidupan bersama pasangannya, Frederik Vollert asal Jerman.

Meskipun video tersebut sudah dihapus dan Deddy Corbuzier sudah meminta maaf dengan menggunggah podcast baru bareng Gus Miftah sekaligus sebagai klarifikasi, tetapi hingga saat ini pembahasan soal LGBT masih ramai di media sosial.

Sementara itu, sebagian orang di Indonesia atau bahkan negara-negara lain seperti Amerika berusaha untuk menahan diri agar tidak terlalu banyak berbicara tentang orientasi seksual dan identitas atau ekspresi gender karena dianggap tabu dan sensitif. Selain itu mereka juga khawatir atau takut mengatakan hal yang salah.

Apa Itu LGBT dan LGBTQ+?

Dilansir dari laman The Human Rights Campaign, LGBTQ adalah singkatan dari lesbian, gay, biseksual, transgender, dan queer. Sedangkan tanda "+" pada LGBTQ+ adalah untuk mengenali orientasi seksual dan identitas gender tanpa batas.

Macam-macam LGBTQ+, Arti, dan Penjelasannya

Berikut arti dan penjelasan lebih detail soal LGBTQ+ (tidak hanya terbatas pada LGBTQ):

1. Lesbian

Lesbian pada umumnya digunakan untuk merujuk pada perempuan yang memiliki ketertarikan dan mengalami hal berbau percintaan dengan perempuan lain atau dikenal juga dengan homoseksual perempuan, seperti dilansir dari laman reprodukasi.org.

2. Gay

Gay adalah istilah untuk orang yang homoseksual dan sering digunakan untuk pria yang homoseksual, akan tetapi lesbian pun bisa disebut sebagai gay.

3. Biseksual

Biseksual adalah ketika seseorang mengalami kebiasaan ketertarikan dalam hal percintaan atau seksual terhadap pria atau perempuan (dua-duanya).

4. Transgender

Transgender adalah istilah umum untuk orang-orang yang identitas dan/atau ekspresi gendernya berbeda dari ekspektasi budaya berdasarkan jenis kelamin yang ditetapkan pada mereka saat lahir.

Menjadi transgender tidak menyiratkan orientasi seksual tertentu. Oleh karena itu, orang transgender dapat mengidentifikasi sebagai heteroseksual, gay, lesbian, biseksual, dll.



5. Queer

Queer adalah sebuah istilah untuk mendeskripsikan identitas seksual dan gender selain heteroseksual dan cisgender.

Terkadang istilah queer digunakan untuk mengekspresikan bahwa seksualitas dan gender bisa menjadi hal yang membingungkan dan berubah seiring waktu serta mungkin tidak sesuai dengan identitas seperti laki-laki, perempuan, gay, dll.

6. Cisgender

Cisgender adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang identitas gendernya sejalan dengan jenis kelamin yang diberikan kepada mereka saat lahir.

7. Intersex

Intersex adalah orang-orang yang terlahir dengan variasi karakteristik jenis kelamin seperti kromosom, gonad, atau alat kelamin yang tidak sesuai dengan definisi khusus sebagai pria atau perempuan.

8. Asexual

Asexual (nonseksualitas) (nonseksualitas) adalah kurangnya ketertarikan seksual pada siapapun atau dapat diidentifikasi ketika seseorang yang memiliki minat yang rendah atau sama sekali tidak memiliki minat akan kegiatan seksual.

9. Questioning

Questioning adalah istilah ketika seseorang masih dalam proses eksplorasi yang mungkin tidak yakin atau memiliki kekhawatiran dalam menggunakan label sosial untuk diri mereka sendiri karena berbagai alasan.

10. Disforia Gender

Disforia gender secara klinis disebabkan ketika jenis kelamin saat seseorang lahir tidak sama dengan yang mereka identifikasi.

11. Panseksual

Panseksual digunakan untuk menggambarkan seseorang yang memiliki potensi ketertarikan emosional, romantis, atau seksual kepada orang-orang dari jenis kelamin apa pun meskipun tidak harus secara bersamaan, dengan cara yang sama atau pada tingkat yang sama.

12. Ekspresi gender

Ekspresi gender adalah penampilan eksternal identitas gender seseorang, biasanya diekspresikan melalui perilaku, pakaian, karakteristik tubuh atau suara, dan yang mungkin atau mungkin tidak sesuai dengan perilaku dan karakteristik yang didefinisikan secara sosial yang biasanya dikaitkan dengan maskulin atau feminin.


Baca juga artikel terkait LGBT atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight