Mengenal Jenis dan Definisi dari Orientasi Seksualitas

Oleh: Destri Ananda Prihatini - 13 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Orientasi seksual adalah ketertarikan secara emosional dan seksual kepada jenis kelamin tertentu.
tirto.id - Orientasi seksual merupakan istilah dari ketertarikan secara seksual, emosional, serta jenis kelamin terhadap orang lain.

Selama ini, seksualitas selalu dipandang sebagai sesuatu yang tabu. Seksualitas dipahami sangat sempit sebagai hubungan seksual semata.

Di Indonesia, istilah seksualitas selalu dikaitkan dengan LGBT. Padahal sebetulnya ada banyak jenis dari orientasi seksual.

Selain itu, predator seksual selama ini selalu dikaitkan dengan "homoseksual" yang melakukan sodomi kepada anak-anak.

Padahal, kalau kita bicara soal kekerasan seksual ini bisa saja dilakukan oleh siapapun, baik itu yang memiliki orientasi seksual heteroseksual, biseksual, dan orientasi seksual lainnya.

Lalu apa saja jenis dan orientasi seksual?

Dilansir dari Sex Info, berikut beberapa jenis orientasi seksual dan definisinya.

1. Androseksual

Androseksual atau androfilia memiliki ketertarikan pada maskulinitas. Androseksual tertarik dengan orang yang memiliki sifat maskulin tanpa memandang gendernya.

Menurut Womens Health Mag, istilah ini dibuat untuk menggambarkan ketertarikan berdasarkan siapa orangnya dibandingkan dengan jenis kelamin orangnya.

2. Gineseksual

Gineseksual merupakan kebalikan dari androseksual. Gineseksual atau ginefilia adalah orientasi seksual yang memiliki ketertarikan pada femininitas seseorang.

Orang dengan gineseksual memandang ketertarikannya tanpa melibatkan jenis kelamin.

3. Aseksual

Aseksual merupakan orang yang tidak tertarik secara seksual dengan siapapun. Orang yang aseksual tidak memiliki keinginan untuk terlibat dalam aktivitas seksual.

4. Biseksual

Biseksual merupakan orientasi seksual yang tertarik pada kedua jenis kelamin. Orang dengan biseksual merasa nyaman berhubungan secara seksual atau romantis dengan kedua jenis kelamin. Meskipun demikian, biasanya ketertarikan terhadap satu jenis kelamin lebih kuat.

5. Demiseksual

Demiseksual adalah orientasi seks di mana seseorang hanya akan memiliki ketertarikan seksual setelah menciptakan ikatan emosi yang kuat dengan orang lain.

6. Heteroseksual

Heteroseksual merupakan orientasi seksual yang tertarik secara fisik, emosional, dan romantis kepada lawan jenis gendernya.

7. Homoseksual

Homoseksual merupakan orientasi seksual yang tertarik pada jenis kelamin yang sama dengan dirinya. Ketertarikan terhadap sesama pria disebut gay, sedangkan sesama perempuan disebut lesbian.

8. Panseksual

Dilansir dari The Times of India, Panseksual berarti perasaan tertarik secara seksual kepada semua jenis gender termasuk orang-orang transgender, transeksual, androgini, dan juga gender queer.

9. Queer

Queer merupakan istilah umum untuk semua identitas non-heteroseksual dan non-gender.

Queer dilihat sebagai orientasi seksual yang lebih cair. Queer merupakan orientasi seksual yang tertarik pada orang lain tanpa melihat gendernya.

10. Autoseksual

Menurut Theweek, autoseksual merupakan orang yang memiliki ketertarikan atau kepuasan seksual melalui rangsangan dalam dirinya sendiri.

Orang dengan orientasi seksual ini sering melihat dirinya di cermin untuk melihat penampilan dan ketelanjangan diri sendiri.

Orang dengan autoseksual juga sering bermasturbasi dengan berbagai fantasi tentang dirinya sendiri.


Baca juga artikel terkait ORIENTASI SEKSUAL atau tulisan menarik lainnya Destri Ananda Prihatini
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Destri Ananda Prihatini
Penulis: Destri Ananda Prihatini
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight