Menuju konten utama
Sejarah Indonesia

45 Soal PAT Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2 & Jawaban

Berikut contoh soal PAT Sejarah Indonesia kelas 11 semester 2 beserta jawabannya untuk pilihan ganda dan essay.

45 Soal PAT Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2 & Jawaban
Siswa mengerjakan soal ujian menggunakan telepon genggam saat mengikuti Penilaian Akhir Semester (PAS) di SMK Negeri 1 Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (5/12/2022). ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/nym.

tirto.id - Kumpulan contoh soal PAT Sejarah Indonesia kelas 11 semester 2 berikut dapat menjadi bahan latihan peserta didik menjelang ujian. Para guru juga bisa menggunakan sejumlah soal Sejarah Indonesia kelas 11 semester 2 itu untuk acuan membuat materi ujian.

Mempelajari contoh soal Sejarah Indonesia kelas 11 semester 2 dan jawabannya menjadi latihan penting bagi peserta didik jelang PAT. Sebab, PAT adalah kegiatan ujian penilaian yang dilakukan di akhir semester genap.

Tujuan PAT mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap. Hasil PAT juga bisa menjadi salah satu indikator kenaikan kelas.

Kisi-Kisi Soal Ujian Akhir Sekolah Sejarah Kelas 11 Semester 2

Mayoritas soal PAT Sejarah Indonesia kelas 11 semester 2 akan berkaitan dengan 2 fase penting dalam sejarah Negara RI, yakni penjajahan jepang dan proklamasi kemerdekaan.

Namun, ada sedikit perbedaan materi Sejarah Indonesia Kurikulum Merdeka dengan yang ada dalam Kurikulum 2013. Meskipun demikian, perbedaan itu lebih terletak pada detail pembahasan saja.

Untuk melihat perbedaannya, berikut perkiraan kisi-kisi soal ujian akhir sekolah pelajaran sejarah kelas 11 SMA dalam kedua kurikulum:

1. Kisi-kisi soal ujian akhir sekolah sejarah kelas 11 semester 2 Kurikulum Merdeka

  • Sejarah masuknya Jepang dan jatuhnya Hindia Belanda
  • Sejarah penjajahan Jepang dan transformasi pemerintahan di Indonesia
  • Dampak penjajahan Jepang di berbagai bidang di Indonesia
  • Strategi bangsa Indonesia menghadapi penjajagan Jepang
  • Kekalahan Jepang di perang dunia II
  • Sejarah menjelang proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia
  • Sejarah detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia
  • Sambutan terhadap proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

2. Kisi-kisi soal Sejarah Indonesia kelas 11 semester 2 Kurikulum 2013

  • Sejarah masuknya Jepang ke Indonesia dan pemerintahannya
  • Sejarah organisasi pergerakan di Indonesia masa pendudukan Jepang
  • Sejarah penindasan Jepang terhadap bangsa Indonesia
  • Sejarah perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan Jepang
  • Akibat pendudukan Jepang di Indonesia
  • Pembentukan BPUPKI dan PPKI
  • Sejarah kekalahan Jepang di PD II
  • Sejarah peristiwa Rengasdengklok
  • Sejarah perumusan teks proklamasi
  • Sejarah proklamasi kemerdekaan RI
  • Sejarah pengesahan UUD 1945
  • Sejerah pembentukan pemerintahan RI
  • Sejarah lahirnya TNI
  • Peran para tokoh proklamasi kemerdekaan RI
  • Sejarah kedatangan sekutu dan Belanda pada 1945
  • Sejarah perang revolusi kemerdekaan RI
  • Sejarah konferensi meja bundar
  • Sejarah pembentukan RIS
  • Sejarah proses kembalinya RIS ke NKRI.

Soal PAT Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Sejumlah contoh soal Sejarah Indonesia kelas 11 semester 2 dan jawabannya berikut ini tersedia dalam jenis pertanyaan pilihan ganda maupun essay.

Berikut ini 45 contoh soal PAT Sejarah Indonesia kelas 11 semester 2 beserta jawaban:

A. Soal PAT Sejarah Indonesia Kelas 11 Pilihan Ganda

1. Berdasarkan rencana yang dirumuskan Kementerian Angkatan Darat Jepang pada Oktober 1940, apa alasan utama Jepang menyerang Indonesia?

A. Jepang ingin mendominasi politik di Asia

B. Jepang ingin membebaskan Indonesia dari penjajahan Belanda

C. Jepang ingin menguasai kekayaan alam Indonesia

D. Jepang ingin menunjukkan supremasinya di Asia

E. Jepang ingin menjadikan Indonesia sebagai koloninya

Jawaban: C

2. Saat menjajah Indonesia, jumlah orang Jepang di tanah air sebenarnya sedikit. Mengapa Jepang bisa menguasai wilayah Indonesia?

A. Jepang memanfaatkan penguasa lokal untuk membantu

B. Jepang mempunyai organisasi tentara yang solid

C. Jepang sudah terbiasa mengelola daerah kepulauan

D. Jepang memiliki sistem pemerintahan yang baik

E. Bangsa Indonesia mudah diatur dan dikuasai

Jawaban: A

3. Mengapa sebagian rakyat Indonesia semula menyambut kedatangan Jepang dengan gembira, padahal diketahui bahwa setelah itu penjajahan Jepang justru menyengsarakan bangsa kita?

A. Karena Jepang adalah sesama bangsa Asia.

B. Karena menghadapi musuh bersama.

C. Karena rakyat Indonesia masih bodoh.

D. Karena rakyat Indonesia mudah ditipu

E. Karena Jepang berhasil mengalahkan Belanda.

Jawaban: E

4. Mengapa Jepang berhasil menggagalkan berbagai upaya perlawanan terbuka yang dilakukan oleh bangsa Indonesia?

A. Perlawanan bangsa Indonesia kurang terencana dengan baik

B. Perlawanan bangsa Indonesia hanya menggunakan senjata tradisional

C. Perlawanan bangsa Indonesia dilakukan secara sporadis

D. Jepang memiliki kekuatan kepolisian dan militer yang lebih baik

E. Jepang memiliki jaringan mata-mata yang hebat

Jawaban: D

5. Salah satu warisan penjajahan Jepang yang masih ada hingga masa kini adalah sistem tonarigumi atau rukun tetangga. Mengapa Jepang menerapkan sistem tersebut?

A. Untuk menciptakan pemerintahan langsung (direct rule)

B. Untuk memudahkan pengawasan dan mobilisasi rakyat

C. Untuk meningkatkan kebersamaan di kalangan rakyat

D. Untuk melakukan kontrol secara langsung ke tingkat bawah

E. Untuk memudahkan sistem administrasi pemerintahan Jepang

Jawaban: B

6. Bala tentara Jepang datang ke Indonesia dengan cepat tanpa banyak kendala, karena....

A. Tentara Jepang sudah sangat terlatih

B. Belanda sudah tidak berdaya dalam PD II

C. Jepang mengirim mata-mata ke Indonesia sebelum masuk ke Indonesia

D. Jepang menebar propaganda "saudara tua"

E. Kelemahan pemerintah Hindia Belanda sudah diketahui Jepang

Jawaban: B

7. Salah satu contoh dampak pendudukan Jepang di Indonesia di bidang ekonomi adalah...

A. Pertanian maju dan perkebunan melemah

B. Perkebunan dan pertanian sama-sama mundur

C. Pertanian melemah dan perkebunan maju

D. Tanaman kopi dimusnahkan, diganti jarak

E. Industri produksi senjata makin maju

Jawaban: B

8. Jepang menyerang pangkalan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai, pada tanggal .....

A. 8 Desember 1941

B. 8 Desember 1942

C. 8 Januari 1941

D. 8 Januari 1942

E. 8 Maret 1941

Jawaban: A

9. Tujuan Jepang menguasai sumber daya alam Indonesia adalah .....

A. meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia

B. mengembangkan industri logam Indonesia

C. memperoleh bahan mentah untuk industri perang

D. mengekspor minyak bumi untuk kebutuhan pasar dunia

E. mengisi kas negara Jepang yang kosong akibat perang

Jawaban: C

10. Sikap yang ditunjukkan Jepang untuk menarik simpati bangsa Indonesia adalah .....

A. segala kekuatan dimobilisasi untuk mendorong tercapai kemenangan Jepang dalam perang Asia Timur Raya

B. rakyat Indonesia boleh menyanyikan lagu "Indonesia Raya" bersama lagu kebangsaan Jepang "Kimigayo"

C. mempropagandakan bahwa barang-barang buatan Jepang itu menarik dan mahal harganya, sehingga menyulitkan bagi bangsa Eropa untuk membelinya

D. Jepang berjanji memenangkan perang di Pasifik

E. Jepang berjanji akan mengalahkan Belanda

Jawaban: B

11. Organisasi militer yang pemimpinya bangsa Indonesia yang mendapatkan latihan kemiliteran dan dibentuk pada tanggal 3 Oktober 1943 atas usul dr. Gatot Mangunprojo adalah .....

A. Heiho

B. Pembela Tanah Air

C. jibakutai

D. seinendan

E. keibodan

Jawaban: B

12. Gerakan Tiga A memiliki tiga arti, yaitu .....

A. Jepang Pelindung Asia, Jepang Pemimpin Asia, dan Jepang Penolong Asia

B. Jepang Pelita Asia, Jepang Pemimpin Asia, dan Jepang Penolong Asia

C. Jepang Pelindung Asia, Jepang Penguasa Asia, dan Jepang Cahaya Asia

D. Jepang Pelindung Asia, Jepang Pemimpin Asia, dan Jepang Cahaya Asia

E. Jepang Pemimpin Asia, Jepang Penyelamat Asia dan Jepang Cahaya Asia

Jawaban: D

13. Berikut empat tokoh nasionalis yang dikenal dengan sebutan Empat Serangkai, kecuali .....

A. Ir. Soekarno

B. Drs. Moh. Hatta

C. K.H. mas Mansyur

D. Ki Hajar Dewantara

E. Ahmad Subardjo

Jawaban: E

14. Berikut upaya Jepang untuk mencapai cita-cita dan ambisi politiknya di bidang ekonomi, kecuali .....

A. mengeluarkan peraturan untuk melakukan pengawasan terhadap penggunaan dan peredaran sisa persediaan barang diperketat

B. memonopoli penjualan hasil perkebunan teh, kopi, karet, dan kina

C. rakyat hanya diperbolehkan mempunyai 60% dari hasil pertaniannya dan sisanya untuk pihak Jepang dan lumbung desa

D. bekas perkebunan tembakau, kopi dan teh dipakai untuk ditanami bahan makanan

E. bekas perkebunan tembakau, kopi dan teh dipakai untuk ditanami bahan makanan

Jawaban: C

15. Kerja paksa tanpa upah bagi pemimpin dan tokoh masyarakat pada masa pemerintahan Jepang disebut dengan .....

A. kerja rodi

B. romusha

C. kinrohosi

D. kempetai

E. seinendan

Jawaban: C

16. Pendudukan Jepang di Indonesia membawa berbagai pengaruh dalam kehidupan bangsa. Dampak pendudukan Jepang terhadap perekonomian di Indonesia adalah .....

A. makin langkanya bahan pangan

B. makin langkanya bahan pangan

C. awal kegiatan ekspor hasil bumi

D. membaiknya kesejahteraan petani

E. dikenalnya berbagai macam tanaman ekspor

Jawaban: A

17. Alasan Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada seluruh negara jajahannya adalah .....

A. adanya desakan dari PBB

B. kekuatan militer Jepang mulai tersudut oleh pasukan Sekutu

C. banyak terjadi pemberontakan di negara-negara jajahan Jepang

D. terjadi krisis ekonomi dan politik di negara Jepang

E. logistik perang militer Jepang mulai menipis

Jawaban: B

18. Secara resmi keanggotaan BPUPKI diumumkan pada tanggal 29 April 1945. Jabatan ketua BPUPKI dipegang oleh .....

A. Muh. Hatta

B. Soekarno

C. dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat

D. Ahmad Subardjo

E. Sutan Sjahrir

Jawaban: C

19. Jepang menyerah kepada Sekutu pada tanggal .....

A. 14 Agustus 1945

B. 16 Agustus 1945

C. 17 Agustus 1945

D. 15 Agustus 1944

E. 14 Agustus 1944

Jawaban: A

20. Menyerahnya Jepang kepada Sekutu mengakibatkan kondisi di Indonesia terjadi .....

A. pemindahan penduduk dari Jepang kepada Inggris

B. kemerdekaan

C. vacum of power

D. penjajahan Jepang dan Belanda

E. penguasaan Inggris sepenuhnya

Jawaban: C

21. Perdebatan antara golongan tua dengan golongan muda menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia terkait tentang .....

A. perbedaan sah dan tidaknya proklamasi dalam pandangan Jepang

B. waktu dan tata cara pelaksanaan proklamasi

C. tokoh yang menandatangani teks proklamasi kemerdekaan

D. tokoh yang menyusun teks proklamasi

E. tempat pembacaan teks proklamasi kemerdekaan

Jawaban: B

22. Agar Soekarno-Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang, para pemuda membawa dua tokoh tersebut ke daerah .....

A. Surabaya

B. Jakarta

C. Solo

D. Rengasdengklok

E. Cianjur

Jawaban: D

23. Makna penolakan Nishimura memberi izin Sukarno untuk rapat PPKI adalah...

A. Sukarno memperhitungkan kekuatan militer Jepang

B. Kemerdekaan RI tergantung dari kemauan dan kemampuan bangsa Indonesia

C. Kemerdekaan RI perlu dibicarakan dengan anggota PPKI

D. Kemerdekaan RI tidak diizinkan Jepang

E. Kemerdekaan RI harus didukung oleh semua kekuatan, termasuk Jepang

Jawaban: B

24. Golongan pemuda menolak proklamasi dilakukan oleh PPKI karena .....

A. PPKI merupakan boneka buatan dari Jepang sehingga keputusannya tidak sah

B. PPKI mementingkan kepentingan pemerintahan Jepang

C. PPKI terlalu lambat dalam bekerja mempersiapkan kemerdekaan

D. PPKI beranggotakan orang yang pro Jepang

E. Kemerdekaan Indonesia akan dianggap sebagai pemberian dari Jepang

Jawaban: E

25. Laksamana Muda Maeda mempersilahkan rumahnya untuk dijadikan tempat dalam perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia dengan alasan.....

A. dipastikan bahwa rumahnya tidak akan digeledah oleh pasukan Jepang

B. perasaan kasihan kepada pejuang bangsa Indonesia

C. Laksamana Maeda merupakan teman dekat Soekarno-Hatta

D. rumah Laksamana Maeda jauh dari markas tentara Jepang

E. rumah Laksamana Maeda dijaga ketat oleh tentara Jepang

Jawaban: A

26. Di antara tokoh yang berperan signifikan dalam perumusan Teks Proklamasi adalah....

A. Sukarno, Moh. Hatta, B.M. Diah, Sukarni

B. Sukarni, B.M. Diah, Sudiro, Ahmad Subarjo

C. Sayuti Melik, Ahmad Subarjo, Sudiro, Sukarno

D. Sukarno, Ahmad Subarjo, Moh. Hatta, Sukarni

E. Sukarni, Moh. Hatta, Ahmad Subarjo, Sayuti Melik

Jawaban: D

27. Arti proklamasi kemerdekaan secara hukum yang tepat adalah .....

A. pernyataan yang berisikan keputusan bangsa Indonesia untuk menghapus tata hukum kolonial dan menggantikannya dengan tata hukum nasional

B. puncak perjuangan rakyat Indonesia dalam mencapai kemerdekaannya

C. pernyataan kemerdekaan yang memberi tahu baik kepada angsa Indonesia sendiri maupun dunia luar bahwa Indonesia lepas dari penjajajah

D. mercusuar yang menunjukkan jalannya sejarah, pemberi inspirasi, dan motivasi dalam perjalanan bangsa Indonesia

E. menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara berdaulat

Jawaban: A

28. Pemilihan Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta sebagai presiden dan wakil presiden atas usulan Otto Iskandardinata dilakukan dengan cara .....

A. aklamasi

B. pemilu

C. rapat dengan pemimpin Jepang

D. perwakilan rakyat

E. rapat para menteri

Jawaban: A

29. Salah satu hasil dari keputusan pertemuan PPKI adalah dibentuknya suatu komite nasional yang berfungsi untuk .....

A. membuang Undang-Undang Dasar

B. membantu presiden sebelum terbentuknya MPR

C. mengawasi dan memantau kerja dari presiden dan wakil presiden

D. membuat dan mengawasi penggunaan Anggaran Dasar Negara

E. mengubah dan mengangkat presiden

Jawaban: B

30. Perang gerilya yang dipimpin Jenderal Sudirman pada masa revolusi kemerdekaan menunjukkan pada PBB dan dunia internasional bahwa...

A. Politik Belanda licik dan kejam

B. TNI masih eksis

C. Tentara protes pada pimpinan pemerintahan yang mudah ditangkap Belanda

D. Tentara menekan para perunding di meja perundingan Indonesia-Belanda

E. Rakyat Indonesia tidak menghendaki Belanda kembali memerintah di tanah air.

Jawaban: E

31. Perdana Menteri Jepang Kuniaki Koiso, pada tahun 1944, pernah berjanji bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Mengapa Jepang menjanjikan kemerdekaan?

A. Jepang tidak ingin Indonesia dijajah bangsa Eropa

A. Jepang berniat membantu Indonesia agar merdeka

C. Jepang ingin mendapat dukungan bangsa Indonesia di perang dunia II

D. Jepang tidak ingin Indonesia dikuasai oleh Sekutu

E. Jepang ingin disebut sebagai pembebas Indonesia

Jawaban: C

32. Bagaimana reaksi Mayor Jenderal Nishimura saat petinggi militer Jepang itu mendengar rencana proklamasi kemerdekaan Indonesia yang disampaikan Soekarno dan Hatta setelah keduanya kembali dari Rengasdengklok?

A. Melarang Sukarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

B. Mencegah rencana proklamasi kemerdekaan Indonesia

C. Menolak bicara dengan Sukarno dan Hatta karena Jepang sudah kalah perang

D. Tidak tegas mendukung atau menolak proklamasi kemerdekaan Indonesia

E. Memberikan dukungan untuk proklamasi kemerdekaan Indonesia

Jawaban: A

33. Setelah ada berita Jepang menyerah pada Sekutu, para pemuda mendesak agar kemerdekaan Indonesia secepatnya diproklamasikan, sehingga terjadi peristiwa Rengasdengklok. Apa alasan para pemuda mendesak Sukarno-Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia?

A. Indonesia terlalu lama dijajah oleh bangsa asing

B. Bangsa Indonesia harus memanfaatan kesempatan menentukan nasib sendiri

C. Proklamasi kemerdekaan akan menjadi peristiwa bersejarah bagi Indonesia

D. Jepang diyakini tidak akan menepati janji memberikan kemerdekaan

E. Kemerdekaan adalah hak segala bangsa

Jawaban: B

34. Mengapa berita proklamasi kemerdekaan Indonesia sempat disiarkan oleh radio di Surabaya dengan bahasa Madura?

A. Karena semua warga Surabaya bisa bahasa Madura

B. Karena bahasa Madura mudah dimengerti penduduk Surabaya

C. Karena untuk menghindari sensor tantara Jepang

D. Karena ingin mempercepat penyebaran berita

E. Karena ini berita tersebar hingga ke Pulau Madura

Jawaban: C

35. Apa makna Amanat Sultan Hamengkubuwono IX pada 5 September 1945 yang menyatakan bahwa Negeri Ngayogyakarta Hadiningrat merupakan bagian dari Republik Indonesia?

A. Kesultanan Yogyakarta mendukung Republik Indonesia yang baru diproklamasikan

B. Kesultanan Yogyakarta ingin menjadi kerajaan yang berdaulat penuh

C. Kesultanan Yogyakarta menyatakan bukan bagian dari Republik Indonesia

D. Sultan Hamengku Buwono IX ingin tetap berkuasa

E. Perintah kepada rakyat Yogyakarta untuk merebut kekuasaan dari Jepang

Jawaban: A

B. Soal Essay PAT Sejarah Indonesia Kelas 11

1. Bagaimana strategi Jepang sehingga begitu cepat dapat masuk ke Indonesia dan mengusir sisa-sisa kekuatan Belanda?

Jawaban:

Strategi Jepang dalam menguasai wilayah Indonesia pada Perang Dunia II didasari oleh perencanaan matang yang dilaksanakan di tengah kekacauan situasi dunia, terutama Asia Pasifik. Jepang juga sejak lama mengirimkan mata-mata ke Indonesia untuk memahami kondisi di berbagai daerah dan kekuatan militer pemerintah Hindia-Belanda.

Jepang juga telah membangun kekuatan militer kuat dan terorganisasi rapi sehingga mampu melancarkan serangan cepat dan efektif. Jepang bisa mengombinasikan serangan udara, laut, dan darat yang masuk ke berbagai wilayah Indonesia dalam Waktu singkat.

Bala tantara Jepang masuk ke Indonesia pertama kali pada 11 Januari 1942 melalui Tarakan, Kalimantan Timur, wilayah yang kaya akan sumber minyak. Hanya dua bulan setelahnya, pemerintah Hindia Belanda resmi menyerah tanpa syarat kepada Jepang pada 8 Maret 1942. Penyerahan Hindia Belanda tanpa syarat tersebut ditandatangani di Kalijati, Subang.

2. Jelaskan bagaimana sifat penjajahan Jepang di Indonesia?

Jawaban:

Sifat pendudukan Jepang di Indonesia adalah militeristik dan menindas sehingga menyebabkan banyak rakyat Indonesia sengsara. Namun, Jepang juga menampakkan sikap yang berbeda pada saat awal masuk ke Indonesia.

Pada awal berkuasa di Indonesia, Jepang menunjukkan sikap lunak untuk tujuan propaganda dan menarik simpati rakyat. Jepang ingin mendapatkan dukungan dari rakyat Indonesia dalam perang dunia II. Sikap itu berubah drastis ketika Jepang sudah berkuasa secara penuh di Indonesia. Aparat militer Jepang bertindak kejam untuk memaksa rakyat Indonesia melakukan kerja paksa dan mengikuti permintaan mereka. Tentara Jepang juga menindak keras setiap gerakan perlawanan rakyat Indonesia secara brutal.

3. Bagaimana penjajahan Jepang di Jawa? Jelaskan!

Jawaban:

Pada awal pendudukannya di Jawa, Jepang menarik simpati rakyat dengan memberikan harapan merdeka dan terbebas dari penjajahan Belanda. Jepang juga merombak struktur pemerintahan. Jabatan tinggi yang dulu hanya dipegang oleh pejabat Belanda diserahkan kepada orang Indonesia dan Jepang. Namun, Jepang setelah itu memberlakukan pemerintahan militer yang keras dan kejam. Tak hanya menindas perlawanan rakyat Indonesia, Jepang juga mengerahkan banyak rakyat di Jawa untuk kerja paksa (kerja rodi). Jepang juga aktif merampas hasil panen padi petani di Jawa. Akibatnya kemiskinan dan kelaparan melanda Jawa. Sebagian penduduk di Jawa bahkan terpaksa makan bonggol pisang karena kelangkaan makanan. Kekurangan pakaian juga dialami penduduk di Jawa selama penjajahan Jepang.

4. Jelaskan tujuan Jepang menjajah Indonesia!

Jawaban:

Ada dua tujuan Jepang menjajah Indonesia. Pertama, Jepang ingin menghapus pengaruh penjajah dari Eropa di Indonesia. Kedua, Jepang ingin menguasai sumber daya alam dan memobilisasi rakyat Indonesia untuk kepentingan mereka dalam Perang Dunia II, khususnya dalam perang Asia Timur Raya.

5. Bagaimanakah pemerintahan Jepang di Indonesia?

Jawaban:

Pemerintahan Jepang di Indonesia berbeda dari pendahulunya, Hindia Belanda, yang terpusat. Jepang membagi pemerintahan Indonesia menjadi 3 wilayah otoritas militer yang terpisah dan memiliki kebijakan berlainan. Pertama, Sumatra dikuasai oleh Angkatan Darat (Rikugun) ke-25 dengan pusatnya di Bukittinggi. Kedua, Jawa dan Madura diperintah Angkatan Darat (Rikugun) ke-16. Ketiga, Kalimantan dan Indonesia Timur diperintah oleh Angkatan Laut (Kaigun).

6. Jelaskan contoh dampak penjajahan Jepang di bidang pemerintahan!

Jawaban:

Ketika Jepang berkuasa, pejabat-pejabat kolonial Hindia-Belanda segera diberangus. Posisinya digantikan oleh orang Indonesia dan Jepang. Sebagian pejabat lama asli Indonesia juga dipertahankan dan bahkan naik jabatan. Namun, pejabat-pejabat pribumi itu kemudian justru menjadi kaki-tangan Jepang dalam menindas rakyat Indonesia. Akibatnya, Ketika kekuasaan Jepang melemah, para pejabat lokal itu menjadi sasaran kemarahan rakyat, seperti di Sumatra Timur, Brebes, Tegal, Pemalang, dan lain sebagainya.

7. Jelaskan dampak penjajahan Jepang di bidang militer!

Jawaban:

Penjajahan Jepang membuka peluang bagi anak muda Indonesia untuk mendapatkan keterampilan militer. Pada dasarnya, militer Jepang melatih banyak pemuda guna menjadikan mereka tenaga bantuan yang menyokong bala tantara Dai Nippon dalam Perang Dunia II. Melalui berbagai pelatihan militer dan semi militer, banyak pemuda Indonesia memiliki keterampilan berperang sehingga pada 1945 dapat merampas senjata militer Jepang dan mempertahankan kemerdekaan.

Banyak pemuda Indonesia mendapatkan keterampilan perang dari organisasi-organisasi militer bentukan Jepang, seperti Heiho (prajurit pembantu Jepang), PETA (Pembela Tanah Air), dan Giyugun. Pelatihan juga didapatkan dari organisasi semimiliter bentukan Jepang, seperti Seinendan (Barisan Pemuda Indonesia) dan Keibodan (Organisasi Keamanan).

8. Mengapa Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu?

Jawaban:

Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu karena kalah di berbagai front Perang Dunia II di Asia Timur dan Asia Tenggara. Puncaknya, Amerika Serikat yang menjadi bagian dari Sekutu dalam Perang Dunia II menjatuhkan bom atom di Hirosima dan Nagasaki pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945. Serangan bom atom dari AS itu membuat Jepang kalah telak dan terpaksa menyerah tanpa syarat kepada Sekutu.

9. Menjelang proklamasi Kemerdekaan Indonesia, mengapa para pemuda mengizinkan Sukarno dan Hatta dibawa kembali ke Jakarta dari Rengasdengklok?

Jawaban:

Para pemuda mengizinkan Sukarno dan Hatta Kembali ke Jakarta dari Rengasdengklok karena Ahmad Subarjo berhasil meyakinkan mereka dan menjamin bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945.

10. Mengapa Laksamana Muda Tadashi Maeda mengizinkan kediamannya dijadikan tempat pertemuan dan perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia, padahal dia merupakan petinggi militer Jepang?

Jawaban:

Karena Tadashi Maeda memiliki kedekatan personal dengan Ahmad Subardjo yang bekerja di kantornya. Selain itu, Maeda punya simpati terhadap perjuangan bangsa Indonesia.

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Edusains
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Addi M Idhom