Menuju konten utama

41,85 Ha Lahan Pertanian di Sukabumi Gagal Panen akibat El Nino

Produksi gabah kering giling (GKG) yang hilang akibat gagal panen di Sukabumi mencapai 292,95 ton.

41,85 Ha Lahan Pertanian di Sukabumi Gagal Panen akibat El Nino
Ilustrasi sawah gagal panen. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/tom.

tirto.id - Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Jawa Barat, mencatat 41,85 hektere lahan pertanian di wilayahnya gagal panen akibat fenomena alam El Nino.

"Dari luas lahan pertanian yang mengalami gagal panen akibat kemarau berkepanjangan ini mayoritas berada di Kelurahan Sindangpalay, Kecamatan Cibeureum," kata Kepala DKP3 Kota Sukabumi Adrian Hariadi dikutip dari Antara, Jumat (27/10/2023).

Menurut Adrian, dampak kemarau yang terjadi sejak awal Juni 2023 membuat mayoritas lahan pertanian di Kota Sukabumi terdampak kekeringan. Kondisi paling parah terjadi di Kecamatan Lembursitu dan Cibeureum.

​​​​

Petani yang sebelumnya sudah menanam padi dan ditargetkan bisa panen pada September atau Oktober merugi karena lahannya tidak bisa mendapatkan pasokan air.

Jika setiap satu hektare menghasilkan gabah kering giling (GKG) sebanyak tujuh ton, maka produksi GKG yang hilang akibat gagal panen mencapai 292,95 ton.

Untuk mengurangi kerugian petani akibat gagal panen, Pemerintah Kota Sukabumi menyalurkan bantuan cadangan beras pemerintah (CBP). Bantuan CBP ini sudah disalurkan ke para petani yang mengalami gagal panen.

"Meskipun akibat kemarau berkepanjangan ini puluhan hektare lahan pertanian di Kota Sukabumi mengalami gagal panen, tetapi untuk persediaan beras untuk masyarakat masih mencukupi," tambahnya.

Di sisi lain, Adrian mengatakan untuk jumlah kepala keluarga atau penerima manfaat bantuan CBP mencapai 248 KK. Jumlah penerima manfaat itu tidak hanya petani yang mengalami gagal panen, tetapi warga korban bencana dan lainnya.

Pada November 2023, Pemkot Sukabumi akan kembali melakukan pengadaan untuk persediaan CBP sebanyak 16 ton. Beras ini diperuntukkan untuk membantu warga yang menjadi korban bencana, salah satunya gagal panen akibat bencana kekeringan.

Baca juga artikel terkait DAMPAK EL NINO

tirto.id - Sosial budaya
Sumber: Antara
Editor: Gilang Ramadhan