tirto.id - Dalam membuat raport sekolah semester 1, guru biasanya menulis catatan untuk orang tua siswa terkait hasil pembelajaran anak mereka selama satu semester. Artikel ini berisi cara membuat dan contoh komentar guru untuk orang tua murid.
Bagaimanakah cara untuk menulis catatan feedback guru untuk orang tua siswa? Seperti apakah contoh komentarnya di raport?
Peserta didik SD, SMP, maupun SMA telah selesai menjalankan ujian akhir semester (UAS) 1. Pencapaian belajarnya selama setengah tahun ini akan dirangkum melalui raport semester ganjil.
Adapun nilai-nilai yang disajikan di dalamnya dihitung dari sejumlah komponen atau sub materi yang pernah diajarkan. Pendidik dapat menulis catatan tertentu untuk bahan evaluasi peserta didik sekaligus perkembangannya.
Sebagaimana dikutip dari Parent Square, pihak guru bisa pula menyampaikan narasi kepada orang tua yang fokus membahas masing-masing murid.
Sebut misalnya menulis penghargaan untuk siswa, tantangan untuk perubahan, kebiasaan yang perlu diubah, perlunya dukungan tambahan, dan sebagainya.
Cara Menulis Catatan Feedback Guru untuk Orang Tua Siswa
Guru menulis feedback dalam rangka melaporkan hasil kegiatan belajar mengajar dan keadaan siswa di kelas. Berikut langkah membuat catatan yang bisa dilakukan guru untuk memberikan gambaran perkembangan murid kepada orang tuanya.
- Tetapkan tujuan dan kriteria catatan dengan jelas;
- Pilih bagaimana cara Anda akan menyampaikan catatan tersebut, formal atau informal;
- Tulis bagaimana perkembangan, perilaku, maupun kondisi siswa selama satu semester;
- Usahakan tulisan seimbang antara kritik dan pujiannya;
- Libatkan siswa di dalam catatan, misalnya menyarankannya untuk melakukan sesuatu atau mengapresiasi hasil pembelajarannya.
Contoh Komentar Orang Tua di Raport Sekolah Semester 1
Berikut ini beberapa contoh komentar untuk orang tua di raport sekolah semester ganjil.
- Anak Ibu/Bapak terlihat sangat semangat menjalani kegiatan belajarnya. Mohon terus bimbing agar prestasinya meningkat.
- Dalam pelajaran (nama siswa) cenderung lambat dalam menangkap pengetahuan. Bapak/Ibu bisa memberikannya les tambahan agar prestasinya bisa meningkat.
- Berkepribadian baik, anak Ibu/Bapak sepertinya diasuh di rumah dengan sempurna. Berikan ia dukungan terus agar sukses di kedepannya.
- (nama siswa) sudah cukup baik dalam menerima pelajaran. Namun, harus dibimbing lagi dalam bersosialisasi.
- Anak Ibu/Bapak cukup sempurna dalam hal kepemimpinan. Tapi, harus diberikan pengetahuan lagi tentang kapan mereka harus tidak bertindak sebagai pemimpin.
- (nama siswa) sangat cerdas hingga banyak mempertanyakan berbagai hal. Anda bisa membawanya ke tempat les lain agar semangat belajarnya terealisasi.
- Anak Bapak/Ibu masih kurang mengerti kapan harusnya bertanya. Beritahu dia untuk tidak perlu malu ketika ingin bertanya.
- Karakter anak Ibu/Bapak terbilang disukai oleh seluruh warga sekolah, tapi kurang disiplin dalam menjalani pembelajaran. Saya sarankan Bapak/Ibu untuk membimbing ia agar lebih disiplin lagi.
- (nama siswa) sering terlambat datang ke sekolah. Bapak/Ibu sebaiknya membangunkannya lebih cepat dari biasanya untuk agar tak sering telat di semester berikutnya.
- Saya melihat (nama siswa) sangat rajin mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, tapi kurang semangat saat pembelajaran. Mohon Ibu/Bapak untuk memberikan dukungan moril agar ia bisa semangat dalam hal apapun.
- (nama siswa) merupakan siswa yang semangat mempelajari hal-hal baru. Saya sarankan untuk mengajarinya berbagai hal lain di rumah.
- Datang tepat waktu, rajin belajar, dan termasuk salah satu siswa berprestasi. Berikan terus dukungan agar (nama siswa) bisa mencapai kesuksesan.
- Anak Bapak/Ibu cenderung cepat menyerah ketika menghadapi kesulitan. Berikan motivasi kepada mereka untuk tak menyerah dalam kondisi apapun.
- Pekerja keras, pintar, dan cerdas. Namun, perlu dibimbing lagi dalam mata pelajaran matematika.
- Berprestasi dan mendapatkan nilai tertinggi. Tapi, perlu dibimbing lagi dalam perilaku kehidupan sehari-harinya.
- (nama siswa) terlihat berinisiatif tinggi dalam segala kondisi. Kendati demikian, perlu mendapatkan arahan lagi untuk konsentrasi belajarnya.
- Anak Ibu/Bapak sering sekali bertanya tentang sesuatu yang berada di luar konteks pelajaran. Anda bisa membimbingnya untuk lebih menahan diri dan fokus terhadap apa yang disampaikan.
- (nama siswa) sangat disiplin mengikuti pelajaran dan terkenal aktif mengikuti berbagai ekstrakurikuler. Saya harap Ibu/Bapak dapat terus menjaga kesehatannya agar bisa menunjang aktifitasnya.
- Anak Ibu/Bapak sering kepergok menggambar ketika jam mata pelajaran. Berikan ia bimbingan untuk fokus terhadap pendidikannya.
- Anak Ibu/Bapak sering kepergok menggambar ketika jam mata pelajaran. Saya sarankan untuk memberikan ia les tambahan sesuai bakat dan minatnya.
- Pemikiran (nama siswa) jauh di atas teman-temannya sehingga terkesan sombong. Berikan nasehat kepadanya agar lebih bersikap ramah.
- Sopan dan santun tampak jelas ditunjukkan (nama siswa) di sekolah. Ibu/Bapak mungkin dapat memberikan apresiasi untuk hal ini.
- Saya penasaran mengapa anak Ibu/Bapak suka jahil terhadap teman-teman sekelasnya. Mohon dibimbing agar lebih bisa menahan diri.
- Anak Ibu/Bapak terlalu banyak berdiam diri ketika ada kesempatan bertanya. Beritahu ia agar bertanya jika kurang mengerti.
- Prestasi akademis anak Bapak/Ibu memang sudah cukup memuaskan. Namun, perlu dibimbing lagi terkait cara memperlakukan teman sebayanya.
- Saya sangat mengapresiasi (nama siswa) yang sudah mendapatkan nilai tertinggi di mata pelajaran matematika. Tapi, Ibu/Bapak harus menjelaskan lagi kepada mereka bahwa mata pelajaran yang lain juga perlu diasah.
- Konsentrasi (nama siswa) cukup memuaskan. Ia bisa menangkap berbagai hal yang dijelaskan meskipun hanya diberitahu satu kali. Ibu/Bapak dapat memberikan apresiasi kepadanya.
- (nama siswa) mempunyai keahlian menggambar yang baik. Namun, harus ditingkatkan lagi nilai matematikanya.
- Dalam satu semester ini (nama siswa) terbilang aktif dan disiplin. Terus berikan dukungan kepadanya agar tidak menurun performanya.
- Mempunyai kemampuan berbicara yang baik dan kepercayaan diri tinggi. Namun, perlu diajarkan lagi dalam hal mempelajari angka-angka.
- (nama siswa) cukup cerdas dan pintar dalam mempelajari sesuatu. Akan tetapi, mesti dibimbing lagi terkait kemampuan kerja samanya.
- Anak Ibu/Bapak sangat kreatif dalam menyiapkan konsep kerajinan-kerajinan tertentu. Berikan ia fasilitas yang memungkinkan untuk perkembangan minatnya.
- (nama siswa) cenderung suka mengobrol ketika pembelajaran berlangsung. Ingatkan kepadanya agar tidak mengganggu teman-teman sekelasnya.
- Siswa disiplin dan tidak pernah membuat masalah di kelas. Saya harap Ibu/Bapak dapat memberikannya les tambahan agar prestasinya selaras.
- Berkepribadian ramah dan sangat suka membantu teman sekelasnya. Bapak/Ibu bisa memberikan apresiasi atas beberapa keunggulannya ini.
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Yulaika Ramadhani