Menuju konten utama

Contoh Narasi Raport TK PAUD Kurikulum Merdeka Semester 1

Contoh narasi penilaian diri dalam raport TK PAUD Kurikulum Merdeka Semester 1 bisa Anda gunakan sebagai referensi untuk menyusun rapor. Berikut contohnya.

Contoh Narasi Raport TK PAUD Kurikulum Merdeka Semester 1
Guru menyerahkan rapor hasil semester ganjil kepada orang tua murid di Sekolah Dasar Negeri I Banda Aceh, Aceh, Jumat (18/12/2020). Antara Aceh/Ampelsa

tirto.id - Contoh narasi penilaian diri dalam raport TK PAUD Kurikulum Merdeka Semester 1 bisa Anda gunakan sebagai referensi untuk menyusun rapor bagi para peserta didik Anda di TK PAUD.

Pembagian raport bagi para peserta didik TK PAUD Kurikulum Merdeka Semester 1 sendiri akan dilaksanakan setelah Penilaian Akhir Semester (PAS).

Salah satu komponen dalam raport kurikulum merdeka untuk TK PAUD itu adalah narasi penilaian diri.

Narasi penilaian diri adalah laporan capaian pembelajaran peserta didik selama belajar di TK PAUD, termasuk berbagai rekam jejak peserta didik dalam berbagai elemen pembelajaran, seperti nilai agama dan budi pekerti, elemen jati diri, kemampuan literasi dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics).

Contoh Narasi Penilaian Diri dalam Raport

Berikut adalah contoh dari narasi penilaian diri yang bisa Anda jadikan referensi:

  • Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Ananda semakin mengenali dan semakin mampu menerapkan nilai-nilai keagamaan yang ia anut.
  • Ananda semakin rajin mengikuti kegiatan peribadahan yang dilangsungkan. Saat kegiatan ibadah bersama, Ananda juga selalu menyiapkan diri dengan baik, dan menjalankan kegiatan peribadahan dengan khidmat.
  • Ananda mampu mengucapkan kalimat-kalimat doa dengan lancar tanpa terbata-bata.
  • Selain dalam peribadatan, sikap Ananda dalam keseharian juga sangat baik. Ia selalu siap membantu teman-temannya.
  • Ananda juga tidak pernah absen saat bergotong royong di kelas. Ia selalu hadir membantu saat temannya mengalami kesulitan. Misalnya saja ketika salah seorang kawan Ananda tidak bisa membuka kotak makan, Ananda selalu sigap membantu. Ananda pun selalu membantu membereskan mainan, dan sangat baik dalam bekerjasama, seperti saat menanam tanaman atau saat membersihkan ruang kelas.
  • Ananda juga selalu rajin merawat lingkungan sekitarnya. Ia tidak pernah membuang kemasan makanan/minuman sembarangan. Ananda juga selalu bergotong royong membersihkan lingkungan, menyapu, memilah sampah dan membuang sampah pada tempatnya.
  • Di semester depan, saya akan membantu Ananda untuk makin rajin beribadah dan lebih banyak mempelajari berbagai doa yang perlu ia hafal dan mengerti artinya.
  • Ananda juga akan saya ajak untuk lebih banyak terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengutamakan kerja sama dan dengan teman, misalnya saja dalam berbagai permainan yang membutuhkan team building.
  • Kepedulian Ananda pada lingkungan dan sesama juga akan saya asah dengan melakukan kegiatan belajar yang lebih mengedepankan praktek ke lingkungan luar sekolah.
  • Saya harap ayah dan bunda dapat membantu Ananda untuk meningkatkan ketakwaannya dengan selalu bersama-sama beribadah dalam keluarga.
  • Ayah dan bunda diharapkan mendukung kegiatan belajar ananda di rumah, mengulas kembali belajar ananda ketika di sekolah, mendukung pemahaman yang sudah didapatkan, serta menambah pengetahuan baru bagi ananda yang belum diketahuinya.
  • Ayah dan bunda bisa memberikan dukungan berupa keleluasaan untuk melakukan kegiatan belajar yang disukainya, seperti menggunakan benda-benda yang ada di rumah untuk belajar serta bekerjasama dalam berkegiatan sehari-hari, misalnya saja melibatkan Ananda dalam menjaga kebersihan rumah, memasak, merawat lingkungan dan aktifitas lainya. Mengajak Ananda melakukan kegiatan positif adalah hal yang baik untuk pembiasaan ananda di rumah.

Link Unduh Contoh Raport TK PAUD

Berikut adalah link unduh raport TP PAUD yang bisa Anda jadikan referensi:

Raport TK PAUD Kurikulum Merdeka Semester 1

Baca juga artikel terkait RAPORT SISWA atau tulisan lainnya dari Lucia Dianawuri

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani