Menuju konten utama

25 Contoh Soal Tes Akhir Modul PPG SKI Kemenag & Jawabannya

Cek contoh soal Tes Modul Akhir (TAM) PPG Kemenag Modul Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang dilengkapi dengan jawabannya.

25 Contoh Soal Tes Akhir Modul PPG SKI Kemenag & Jawabannya
Ilustrasi Latihan Soal. foto/Freepik

tirto.id - Terdapat sejumlah contoh soal Tes Modul Akhir (TAM) bagi peserta Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) Kementerian Agama (Kemenag) terkait materi guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Tes Akhir Modul merupakan bagian dari rangkaian evaluasi dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Kemenag. Latihan menggunakan soal-soal dalam artikel ini sangat membantu dalam meningkatkan kesiapan peserta dalam menghadapi ujian tersebut.

TAM bagi calon guru mata pelajaran SKI dirancang untuk mengukur penguasaan materi terhadap setiap modul. Modul dalam program PPG mencakup beberapa topik, seperti Modul profesional, Pedagogik, dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran (PPP).

Dalam Tes Akhir Modul SKI, peserta akan menjumpai beberapa topik, seperti perkembangan peradaban Islam, tokoh-tokoh sejarah Islam, kontribusi Islam dalam kebudayaan dunia, serta metode pembelajaran SKI yang efektif. Mempelajari soal-soal latihan menjadi langkah tepat dalam meningkatkan pemahaman dan kesiapan peserta.

Kumpulan Soal Tes Akhir Modul TAM SKI PPG Kemenag

Berikut ini rincian contoh soal Tes Akhir Modul SKI PPG Kemenag beserta jawabannya. Contoh soal ini dapat dijadikan sebagai bahan latihan dan pendalaman materi, simak selengkapnya:

1. Apa dampak sosial yang terjadi setelah Nabi Muhammad SAW tiba di Madinah dan menjalin hubungan antara kaum Muhajirin dan Anshar?

A. Terjadinya pertentangan dalam internal umat islam terkait dengan pembagian harta

B. Terciptanya kerjasama sosial yang kuat dan ikatan persaudaraan antar umat islam

C. Kaum Muhajirin mendapat hak yang lebih besar daripada Ansgar

D. Meningkatnya konflik antar kabilah yang sebelumnya terjadi dengan damai

E. Munculnya perbedaan pandangan mengenai strategi perjuangan islam

Jawaban: B

2. Apa yang menjadi tujuan utama Nabi Muhammad SAW dalam membangun Masjid Quba di Madinah setelah tiba di sana?

A. Sebagai tempat untuk menampung para pengungsi dari Makkah

B. Sebagai pusat ibadah sekaligus tempat pertemuan politik umat islam

C. Sebagai lambang kemenangan umat islam atas kaum kafir Makkah

D. Sebagai simbol pembentukan negara islam yang kuat di Madinah

E. Sebagai tempat untuk melaksanakan pernikahan dan acara sosial lainnya

Jawaban: E

3. Sejak Rasulullah Saw membina masyarakat Madinah, sahabat Anshar dan Muhajirin hidup rukun dan bersaudara. Adanya persaudaraan ini disebabkan …

A. Sahabat Anshar dan Muhajirin terikat dalam satu ikatan iman

B. Sahabat Anshar dan Muhajirin masih dalam satu ikatan keluarga

C. Sahabat Anshar dan Muhajirin terikat dalam satu ikatan bisnis

D. Sahabat Anshar dan Muhajirin masih dalam satu ikatan suku

E. Sahabat Anshar dan Muhajirin terikat dalam satu ikatan bangsa

Jawaban: A

4. Pondasi ekonomi kaum muslimin di Madinah sangat kuat karena Rasulullah Saw mengajarkan…

A. Berdagang di pasar, rajin zakat dan infaq, dan melakukan monopoli dagang

B. Berdagang dengan jujur, rajin, zakat dan infaq, bekerja keras, dan anti monopoli dagang

C. Berdagang dengan relasi yang lintas negara

D. Berdagang di pasar, rajin zakat dan infaq, bekerja keras, dan anti monopoli dagang

E. Berdagang dengan jujur dan ikhlas

Jawaban: B

5. Sebelum terpilihnya Usman bin Affan sebagai khalifah, terdapat enam sahabat lain sebagai kandidat yang diusulkan, kecuali …

A. Ali bin Abi Thalib

B. Zubair bin Awwam

C. Sa'ad bin Abi Waqas

D. Thalhah bin Sahaf

E. Abdul Rahman bin Auf

Jawaban: D

6. Apa makna penting dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW menurut perspektif islam selain sebagai peristiwa sejarah?

A. Sebagai bentuk penghindaran dari masalah sosial di Makkah

B. Sebagai bentuk perlawanan terhadap kaum musyrikin Makkah

C. Sebagai langkah awal penyebaran ajaran islam yang membawa kemenangan

D. Sebagai strategi untuk memperkuat ekonomi umat islam

E. Sebagai simbol pengorbanan Nabi untuk membangun kekuatan islam

Jawaban: C

7. Hal yang menyebabkan terbunuhnya Utsman bin Affan adalah …

A. Ketidakadilan Utsman bin Affan dalam memimpin masyarakatnya

B. Manipulasi Marwan bin Al-Hakam

C. Dendam Abdullah bin Abu Bakar

D. Kekecewaan masyarakat karena Utsman memungut pajak yang tinggi

E. Adanya surat palsu yang ditujukan kepada Abdullah bin Sarah

Jawaban: E

8. Utsman bin Affan memilih tokoh-tokoh yang kuat seperti al-Walid,Abu Musa al-Asy'ari, dan Said bin al-Ash. Tokoh tersebut sangat berjasa dalam menumpas pemberontakan. Keterkaitan antara peran tokoh tersebut dengan pola kepemimpinan saat ini dapat dilihat dari pernyataan berikut, kecuali …

A. Tokoh yang kuat dapat membantu memperluas wilayah kekuasaan

B. Pemimpin harus menggaji bawahannya dengan bayaran yang sangat besar

C. Kecerdasan pemimpin diperlukan untuk mengkoordinasikan strategi

D. Keputusan kepemimpinan dalam memilih anggotanya menjadi hal penting untuk memajukan organisasi

E. Dibutuhkan kerja sama yang baik untuk mencapai tujuan bersama

Jawaban: B

9. Organisasi ini telah dikritik karena menyebarkan ajaran Wahabi dan karena memiliki hubungan dengan terorisme adalah …

A. American Society of Muslims

B. Islamic Society of North America

C. Council on American-Islamic Relations

D. Muslim Students’ Association

E. Islamic Information Center

Jawaban: B

10. Ulama Indonesia yang berdakwah di Afrika adalah …

A. Syaikh Muhammad Muaz

B. Mohammadou

C. Syeikh Yusuf al-Makassari

D. KH. Abdurrahman Wahid

E. Syeikh Yusuf al-Palimbani

Jawaban: C

11. Lembaga yang mendidik calon ulama di Tunisia adalah …

A. Jam'iyah Zaitunah

B. Universitas Ummul Quro

C. Universitas al-Azhar

D. Universitas Ibnu Khaldun

E. Universitas Tunisia

Jawaban: A

12. Di antara strategi yang diterapkan Ali bin Abi Thalib dalam menyebarkan agama islam, kecuali …

A. Memecat kepala-kepala daerah angkatan Utsman

B. Memerintahkan Abu al-Aswad al-Duali untuk mengarang pokok-pokok ilmu Nahwu

C. Menarik kembali tanah milik negara

D. Membentuk Dewan Pengawasan Makanan Halal

E. Membersihkan keuangan negara (Baitul Mall)

Jawaban: D

13. Pemahaman terhadap sistem pemerintahan Dinasti Ayyubiyah dan faktor penyebab keruntuhannya sangat penting bagi pelajar muslim. Mengapa penting mempelajari sejarah Dinasti Ayyubiyah?

A. Agar umat islam dapat menghindari kesalahan yang sama di masa depan

B. Agar bisa mengalahkan peradaban barat dalam bidang militer

C. Untuk menyaingi perkembangan ilmu pengetahuan di negara lain

D. Untuk meniru semua kebijakan yang diterapkan oleh Dinasti Ayyubiyah

E. Supaya bisa membangkitkan kembali kejayaan islam dalam bentuk yang sama

Jawaban: A

14. Masjid pertama di Cape Town adalah …

A. Masjid Agung Cape Town

B. Masjid Auwal

C. Masjid Istiqlal

D. Masjid Quba

E. Masjid al-Azhar

Jawaban: B

15. Free Muslims Coalition dibentuk untuk …

A. Untuk menghapus dukungan terhadap islam radikal dan terorisme serta memperkuat institusi yang demokratis di Timur Tengah dan dunia islam dengan mendukung usaha reformasi islam

B. Memberi informasi kepada publik, sebagian besar melalui media seputar islam dan umat muslim

C. Menampung imigran muslim yang baru datang ke Amerika

D. Diperuntukkan bagi pelajar islam di perguruan tinggi Kanada dan Amerika Serikat dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan

E. Memperkenalkan dan mempelopori pluralisme

Jawaban: A

16. Dinasti Ayyubiyah didirikan oleh Shalahuddin Al-Ayyubi setelah berhasil mengalahkan Dinasti Fatimiyah di Mesir pada tahun 1171 M. Keberhasilan ini tidak hanya mengakhiri pemerintah Syiah di Mesir tetapi juga mengembalikan kekuasaan kepada kaum Sunni. Berdasarkan informasi di atas, faktor utama yang memungkinkan berdirinya Dinasti Ayyubiyah adalah …

A. Kelemahan militer Dinasti Fatimiyah dalam menghadapi pasukan Shalahuddin

B. Kebijakan Shalahuddin dalam menyatukan kekuatan islam di Mesir dan Suriah

C. Strategi diplomasi yang dilakukan oleh Shalahuddin dengan kekaisaran Bizantium

D. Dukungan dari kesultanan Seljuk terhadap gerakan Sunni di Mesir

E. Kemunduran ekonomi Dinasti Fatimiyyah yang menyebabkan ketidakstabilan politik

Jawaban: B

17. Dinasti Ayyubiyah dikenal sebagai pemerintah yang berupaya memperkuat pendidikan islam melalui pendirian madrasah-madrasah. Bagaimana kebijakan ini berdampak pada masyarakat muslim saat itu?

A. Memicu konflik dengan kalangan ulama yang berbeda paham

B. Meningkatkan pemahaman agama dan memperkuat ideologi Sunni

C. Mempercepat runtuhnya Dinasti Ayyubiyah akibat biaya pendidikan yang tinggi

D. Membantu penyebaran agama islam di Eropa melalui misionaris

E. Mengurangi minat masyarakat untuk berperang melawan pasukan Salib

Jawaban: B

18. Islamisasi di Asia Tenggara memiliki dampak besar terhadap kehidupan sosial, budaya, dan politik masyarakat setempat. Salah satu dampak yang paling nyata adalah munculnya kesulitan-kesulitan islam yang menggantikan kerajaan-kerajaan Hindu-Budha. Salah satu kerajaan islam tertua di Asia Tenggara yang menjadi pusat penyebaran islam adalah …

A. Samudera Pasai

B. Sriwijaya

C. Kediri

D. Tarumanegara

E. Majapahit

Jawaban: A

19. Salah satu tokoh penting dalam bidang kedokteran pada masa Dinasti Ayyubiyah adalah Al-Dakhwar yang berkontribusi dalam ilmu bedah. Apa dampak perkembangan ilmu kedokteran pada masa Dinasti Ayyubiyah?

A. Membantu dinasti lain untuk mengembangkan teknologi militer

B. Meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat

C. Meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat

D. Mengurangi jumlah tentara yang gugur di medan perang

E. Membantu menurunkan angka kemiskinan

Jawaban: B

20. Salah satu faktor eksternal yang menyebabkan runtuhnya Dinasti Ayyubiyah adalah ekspansi pasukan mongol yang menyerang dunia islam pada abad ke-13. Bagaimana ekspansi mongol berkontribusi terhadap keruntuhan Dinasti Ayyubiyah?

A. Mengalihkan perhatian pasukan Ayyubiyah dari masalah internal

B. Mengurangi jumlah pasukan Ayyubiyah akibat serangan ke Mesir

C. Menghancurkan pusat-pusat intelektual yang mendukung Dinasti Ayyubiyah

D. Memaksa Dinasti Ayyubiyah untuk melakukan persekutuan dengan Bizantium

E. Meningkatkan perdagangan dengan mongol sehingga melemahkan ekonomi lokal

Jawaban: C

21. Di Indonesia, penyebaran islam banyak dilakukan oleh wali songo. Para wali ini menggunakan berbagai cara, termasuk kesenian dan pendidikan untuk mengenalkan islam kepada masyarakat. Salah satu metode dakwah yang digunakan oleh Sunan Kalijaga dalam menyebarkan islam adalah …

A. Memimpin pasukan militer untuk menyebarkan islam di Jawa

B. Membangun pusat pendidikan islam di Gujarat, India

C. Mengajarkan filsafat Yunani kepada para santri

D. Menggunakan wayang kulit sebagai media dakwah

E. Menghapus semua tradisi lokal yang dianggap bertentangan dengan islam

Jawaban: D

22. Pada abad pertengahan, hubungan dagang antara dunia islam dan Eropa semakin intensif. Salah satu faktor yang mempengaruhi penyebaran islam di Eropa adalah perang salib, dimana terjadi interaksi antara umat islam dan orang-orang Eropa. Selain itu, jalur perdagangan di Laut Tengah juga menjadi sarana penting dalam pertukaran budaya dan agama. Faktor utama yang mempermudah penyebaran islam di Eropa pada abad pertengahan adalah …

A. pemaksaan ajaran islam oleh pasukan muslim di Eropa Timur

B. Keberhasilan umat islam dalam menguasai seluruh wilayah Eropa

C. Penyebaran islam melalui ekspansi kekhalifahan Abbasiyah ke Eropa Barat

D. Penyebaran islam melalui migrasi besar-besaran dari Timur Tengah

E. Interaksi antara muslim dan kristen selama perang salib dan perdagangan

Jawaban: E

23. Dalam sejarah penyebaran islam di Asia Tenggara, para ulama pedagang memiliki peran yang sangat penting. Mereka tidak hanya membawa ajaran islam tetapi juga memperkenalkan budaya dan peradaban islam kepada masyarakat setempat. Salah satu cara efektif yang digunakan oleh ulama dalam menyebarkan islam di Indonesia dan Asia Tenggara adalah dengan …

A. Menyebarkan ajaran islam melalui paksaan dan peperangan

B. Mengharuskan semua masyarakat untuk mengikuti mazhab tertentu

C. Menggunakan kekuatan militer untuk menaklukan kerajaan hindu-buddha

D. Menjalin hubungan diplomatik dengan kerajaan-kerajaan setempat

E. Menutup akses masuknya agama lain ke nusantara

Jawaban: D

24. Dalam sejarahnya, islam mengalami berbagai bentuk akulturasi budaya saat masuk ke berbagai wilayah di dunia. Contohnya, islam di Afrika berkembang dengan tetap mempertahankan unsur-unsur budaya lokal, seperti sistem kerajaan dan adat istiadat yang masih berjalan hingga saat ini. bagaimana islam menyesuaikan diri dengan budaya lokal di berbagai wilayah?

A. Mewajibkan semua masyarakat untuk mengganti sistem sosial mereka

B. Menghapus semua unsur budaya lokal yang tidak berasal dari islam

C. Dengan mengadopsi unsur budaya lokal tanpa mengubah prinsip-prinsip islam

D. Menggunakan kekuatan politik untuk menggantikan tradisi lokal

E. Menolak segala bentuk akulturasi agar ajaran islam tetap murni

Jawaban: C

25. Kontekstualisasi kearifan lokal dalam sejarah masuknya islam di Indonesia dapat dilihat dari bagaimana islam disesuaikan dengan budaya setempat. Salah satu bentuk akulturasi ini tampak dalam seni, tradisi, dan sistem sosial masyarakat. Contoh konkret dari akulturasi antara islam dan budaya lokal yang masih bertahan hingga saat ini adalah …

A. Ritual Grebeg Maulud di Yogyakarta yang mencerminkan perpaduan islam dan kebudayaan Jawa

B. Penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa utama di semua wilayah Indonesia

C. Diterapkannya sistem kasta dalam masyarakat muslim di Indonesia

D. Penghapusan semua budaya lokal yang tidak sesuai dengan ajaran islam

E. Larangan total terhadap penggunaan aksara lokal dalam kesusastraan islam

Jawaban: A

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Mar'atus Sholikhah

tirto.id - Edusains
Kontributor: Mar'atus Sholikhah
Penulis: Mar'atus Sholikhah
Editor: Indyra Yasmin