Zulhas Harap Gedung Ekspor Shopee Bantu UMKM Tembus Pasar Global

Reporter: Hanif Reyhan Ghifari, tirto.id - 30 Agu 2023 16:19 WIB
Mendag Zulkifli Hasan berharap dengan adanya gudang Shopee bisa membantu pelaku UMKM bisa memiliki akses pasar global.
tirto.id - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meresmikan gudang ekspor Shopee di Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (30/8/2023). Dia pun berharap dengan adanya gudang tersebut bisa membantu pelaku UMKM bisa memiliki akses pasar global.

"Penjual dapat terhubung langsung kepada Pembeli. Shopee membantu UMKM kita agar punya akses pasar, tidak hanya kepada Pembeli dari Jawa Barat, Solo dan Jakarta, tapi bayangkan saja, ini akses pasarnya sampai ke Malaysia sampai ke Thailand, dengan sistem e-commerce sekarang," kata Zulhas.

Dia berharap gudang yang dimiliki Shopee bisa berkembang dan berdampak positif untuk UMKM. Sebab itu, dia menuturkan perlu ada kerja sama seluruh pihak.

Dalam kesempatan yang sama, Director and Country Head Sea Group Indonesia, Kiky Hapsari menjelaskan, sebagai perusahaan teknologi, Sea Group, melalui Shopee Indonesia, bangga bisa berpartisipasi aktif sebagai penggerak dari perkembangan bisnis UMKM lokal menjangkau pasar global.

"Tadi kita bisa lihat bagaimana mudahnya proses ekspor melalui Shopee. Kami juga bangga menyampaikan ada 20 juta produk UMKM lokal yang tersedia di pasar di Asia Tenggara, Asia Timur dan Amerika Latin,” ungkapnya.

Dia menjelaskan program ekspor Shopee memberikan kemudahan untuk UMKM lokal melakukan ekspor. Alurnya, setelah penjual mendapatkan pesanan dari pembeli di negara lain, mereka hanya mengirimkan produk ke Gudang Ekspor Shopee untuk dilakukan proses dan pengiriman dilakukan oleh Shopee ke negara tujuan ekspor.

“Kami berharap dengan kehadiran fasilitas baru ini dapat mempermudah lebih banyak UMKM lokal untuk bisa mengibarkan bendera Merah Putih di panggung dunia. Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, kami ingin terus membawa yang terbaik dari Indonesia ke panggung dunia,” imbuhnya.




Baca juga artikel terkait EKSPOR atau tulisan menarik lainnya Hanif Reyhan Ghifari
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Hanif Reyhan Ghifari
Penulis: Hanif Reyhan Ghifari
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight