Tips Membersihkan Ponsel untuk Cegah Penyebaran Corona Covid-19

Oleh: Ahmad Efendi - 5 April 2020
Cara membersihkan ponsel untuk mencegah penyebaran Covid-19 dapat dilakukan dengan tisu disinfektan.
tirto.id - Dalam situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, penting untuk melakukan tindak pencegahan demi menghindari persebaran virus. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan rutin mencuci tangan dengan sabun, melakukan isolasi mandiri dalam rumah, dan membersihkan permukaan yang biasa kita sentuh.

Selain itu, benda-benda yang sering dipakai seperti telepon seluler alias ponsel juga sebaiknya dibersihkan. Alasannya, ponsel merupakan barang dengan permukaan yang begitu sering kita sentuh.

Selain itu, permukaan ponsel juga terbukti sangat mudah untuk dihinggapi partikel berbahaya lain. Seperti debu, kuman, bakteri, bahkan virus. Virus Covid-19 juga mampu bertahan hidup hingga 24 jam pada permukaan karton, serta pada plastik dan baja dapat hidup hingga tiga hari.

Tentu, Anda tidak ingin virus ini menginfeksi kita melalui permukaan ponsel. Maka dari itu, berikut ini adalah tips membersihkan ponsel ketika pandemi COVID-19.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah membuka situs web dari produsen ponsel anda, atau bisa juga ditemukan dalam buku petunjuk. Hal ini dilakukan untuk menemukan instruski spesifik maupun panduan yang mungkin dimiliki, demi menghindari kerusakan pada perangkat.

Apple misalnya, yang turut memberikan rekomendasi serta panduan bagaimana membersihkan ponsel dari produsen tersebut secara aman. Selanjutnya, siapkan beberapa cairan pembersih yang direkomendasikan.

Dilansir dari New York Post, berdasarkan studi yang dipublikasi dalam Journal of Hospital Infection, peneliti menyarankan untuk menggunakan bahan yang mengandung natrium hipoklorit (pemutih) sebanyak 0,1 persen.

Anda juga bisa menggunakan 62 hingga 71 persen cairan etanol (kebanyakan terkandung dalam hand sanitizer dan tisu disinfektan). Setelah semua bahan telah tersedia, maka kita perlu ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Gunakan kain lembut dan tidak berbulu.
  • Cabut semua sumber daya ponsel, perangkat dalam seperti baterai, dan kabel.
  • Jauhkan cairan dari perangkat dalam, jangan biarkan cairan masuk sedikit pun ke dalam perangkat.
  • Hindari penyemprotan langsung ke dalam perangkat.
  • Tidak direkomendasikan menggunakan deterjen.
  • Hindari menyeka secara berlebihan atau menggosok terlalu keras.

Baca juga artikel terkait PONSEL atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Agung DH
DarkLight