Tips dan Cara Membuat Ketupat untuk Hidangan Lebaran 2021

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 7 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah tips dan cara membuat ketupat untuk hidangan Lebaran 2021.
tirto.id - Ketupat adalah makanan khas yang disajikan bertepatan hari raya Idul Fitri yang dikemas dalam beragam menu masakan. Misal ketupat sayur khas betawi, ketupat opor, ketupat kandangan, dan sebagainya. Bahan utamanya adalah beras namun dikemas dalam bentuk padat bersegi empat.

Ketupat tidak hanya dikenal di Indonesia, namun juga di Asia Tenggara. Hidangan ini dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman janur atau daun kelapa muda berbentuk segi empat (belah ketupat). Kadang pembungkusnya bisa dari daun palma lainnya.

Pada momen Lebaran, ketupat disajikan pada hari raya Idul Fitri dan umumnya masih menjadi menu andalan hingga lima hari berikutnya. Makanan yang melibatkan ketupat akan berbeda nama dan peracikannya di berbagai wilayah Indonesia.

Kupat tahu ditemukan di Sunda. Sementara kupat kandangan dan grabag masing-masing bisa ditemukan di Banjar dan Magelang. Kupat glabet bisa ditemui di Tegal dan Coto Masakar dari Makasar.

Kupat juga kadang dihidangkan sebagai pengganti lontong pada sate. Lotek, gado-gado, hingga tipat cantok dari Bali juga melibatkan ketupat di dalamnya.

Tips dan cara membuat ketupat

Saat membuat ketupat, perlu memperhatikan beberapa hal agar bisa matang dan padat sempurna. Berikut tips sebelum membuatnya:

1. Pilih kantong ketupat dari anyaman janur yang berkelir hijau cerah. Daun seperti ini masih kuat dan tidak mudah rusak. Usahakan memilih yang besarnya hampir sama agar waktu matangnya sama.

2. Pilih beras yang baik dan takaran yang pas. Gunakan beras yang biasa dimakan tiap hari untuk mengisi kantong ketupat. Dengan begitu bisa ditakar kebutuhan air yang dibutuhkan.

3. Pakai panci besar untuk merebus. Memakai panci besar membuat ketupat matang sempurna karena beras yang direbus cepat mengembang.

4. Siapkan air tambahan. Ketupat rebus memerlukan lebih banyak air. Saat air di panci surut perlu ditambahkan air agar semua permukaan ketupat terendam.

5. Gunakan besaran api yang tepat. Untuk mendidihkan air diperlukan api besar. Tapi, begitu ketupat dimasukkan, gunakan api kecil agar air tidak mudah menguap secara cepat.

Melansir laman Philips, membuat ketupat dapat dilakukan dengan pressure cooker selain dengan panci biasa. Resep membuat ketupat memakai pressure cooker sebagai berikut:

Bahan:
  • 10 selongsong ketupat, direndam tak lama, lalu tiriskan;
  • 500 gram beras, dicuci bersih;
  • 1/2 sendok teh garam;
  • 1,5 liter air bersih.

Cara membuat:

  1. Masukkan beras ke selongsong ketupat sampai terisi 3/4 bagian di semua selongsong yang ada.
  2. Masukan ketupat pada panci pressure cooker. Lalu, penuhi dengan air sampai terendam semua bagian.
  3. Tutup panci sampai terdengar bunyi klik tanda mengunci. Lalu, masak sampai kurang lebih 60 menit.
  4. Matikan api setelah 60 menit dan biarkan tekanan uap keluar dengan sendirinya dan aman dibuka.
  5. Keluarkan ketupat matang dan siap disajikan bersama berbagai masakan


Baca juga artikel terkait KETUPAT atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight