Tips Cara Menghilangkan Bau Rokok dari Pakaian Tanpa Mencuci

Oleh: Muhammad Agung - 20 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Menghilangkan bau rokok di pakaian bisa dilakukan dengan sejumlah cara tanpa harus mencucinya.
tirto.id - Para perokok mungkin sudah terbiasa dengan bau sisa asap rokok yang menempel di pakaian. Ini membuat para perokok kerap tidak memperhatikan hal itu.

Namun, tidak bagi mereka yang bukan perokok. Bau sisa asap rokok yang menempel di pakaian akan mudah tercium dan membuat mereka tidak nyaman.

Oleh karena itu, bau rokok yang menempel pada pakaian tidak seharusnya dibiarkan begitu saja. Apalagi, bau rokok yang menempel di badan juga berbahaya bagi kesehatan, demikian dikutip dari laman healthline.

Bau rokok yang menempel pada kulit, rambut, ataupun pakaian mengandung zat kimia aktif yang bisa memicu kanker, Sudden Infant Death Syndrome (SIDS), hingga chronic obstructive pulmonary disease (COPD).

Para perokok yang tidak ingin bau menyengat beserta zat kimia bawaan asap rokok menempel di pakaian, bisa menghilangkannya dengan mencuci. Namun, jika tidak sempat mencuci pakaian, bau asap rokok bisa dihilangkan setidaknya dengan 4 cara, seperti dilansir laman Kelly's Dry Cleaner.

Pertama, untuk menghilangkan bau menyengat sisa asap rokok di pakaian bisa dilakukan dengan cara menggantungkannya di tempat dengan udara segar. Sirkulasi udara yang baik akan membuat bau rokok menghilang dari pakaian, setelah didiamkan beberapa hari.

Kedua, jika cara pertama dinilai terlalu lama maka gunakanlah baking soda untuk menghilang bau rokok di pakaian. Baking soda bisa menghilangkan bau.

Adapun caranya, masukkan pakaian yang ingin dihilangkan bau rokoknya ke kantong plastik besar. Kemudian, masukkan setengah cangkir baking soda ke dalam wadah plastik tersebut. Setelah itu, kocok pakaian bersama baking soda selama 2 menit. Biarkan semalaman, agar keesokan harinya pakaian dapat terbebas dari bau rokok.

Ketiga, cara lainnya adalah dengan mesin steam untuk menghilangkan bau rokok di pakaian. Uap merupakan opsi lain jika anda tidak sempat mencuci pakaian. Ambil mesin uap, lalu arahkan ke pakaian yang berbau rokok. Namun, perhatikan dulu label pakaian apakah bahannya tidak akan rusak jika terkena uap.

Keempat, cara yang terakhir adalah dengan menyemprotkan cairan penghilang bau rokok. Cairan itu bisa dibeli di toko-toko, atau membuatnya di rumah.

Untuk membuat cairan penghilang bau rokok itu hanya perlu air, cuka, botol semprot, dan minyak atsiri. Masukkan air dan cuka ke dalam botol semprot dengan perbandingan yang sama. Kemudian tambahkan 20 tetes minyak atsiri dengan aroma lemon atau mint.

Sedangkan cara untuk menghilangkan bau rokok yang menempel di badan, paling mungkin ialah dengan mandi, sekaligus menyikat gigi dan berkeramas memakai shampoo. Jika tak sempat mandi maka paling tidak cucilah tangan dengan sabun, atau hand sanitizer.


Baca juga artikel terkait ROKOK atau tulisan menarik lainnya Muhammad Agung
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Muhammad Agung
Penulis: Muhammad Agung
Editor: Addi M Idhom
DarkLight