Menuju konten utama

Contoh Soal Tryout PPPK Guru Kelas 2023 dan Kunci Jawabannya

Berikut contoh soal-soal try out PPPK Guru Kelas 2023 dan kunci jawabannya yang dapat dipelajari jelas seleksi kompetensi.

Contoh Soal Tryout PPPK Guru Kelas 2023 dan Kunci Jawabannya
Peserta mengikuti tes seleksi kompetensi PPPK (Penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) yang digelar Pemkab Tulungagung di Tulungagung, Jawa Timur, Senin (13/9/2021). ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/foc.

tirto.id - Soal-soal try out PPPK Guru Kelas 2023 di bawah ini merupakan materi yang bisa dipakai untuk latihan menjelang seleksi kompetensi. Mempelajari contoh soal seleksi kompetensi PPPK Guru Kelas bisa memperbesar peluang kelulusan bagi pelamar formasi jabatan ini.

Salah satu materi yang diberikan dalam Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2023 adalah tes kompetensi teknis berdasarkan bidang yang dilamar. Dalam artikel ini disajikan beberapa contoh soal try outkompetensi teknis khusus untuk pelamar formasi Guru Kelas.

Seleksi kompetensi PPPK Guru 2023 akan digelar pada 10 November sampai 4 Desember 2023. Pelamar dapat mengecek pengumuman jadwal dan lokasi seleksi kompetensi PPPK Guru 2023 pada 5-8 November 2023 yang akan diumumkan oleh masing-masing instansi.

Contoh Soal Tryout PPPK Guru Kelas dan Jawabannya

Mengingat jadwal seleksi kompetensi yang sudah semakin dekat, beberapa contoh soal tryout PPPK Guru Kelas dan kunci jawabannya di bawah ini bisa dipelajari oleh pelamar.

Berikut ini sejumlah contoh soal kompetensi teknis PPPK Guru Kelas 2023 lengkap dengan kunci jawabannya.

1. Dalam teori belajar Gagne, dikenal konsep 9 prinsip pembelajaran. Berikut adalah 9 prinsip pembelajaran gagne, kecuali....

A. Gain Attention (Mendapatkan Perhatian)

B. Inform Learners of the Objective (Menginformasikan Tujuan Pembelajaran)

C. Stimulate Recall of Prior Knowledge (Memancing Ingatan tentang Materi Sebelumnya)

D. Provide Guidance (Memberikan Bimbingan)

E. Constructive Learning (Pembelajaran Konstruktif)

Jawaban: E

2. Edaward Lee Thorndike (1874-1949) termasuk tokoh yang turut mengembangkan teori belajar behavioristik. Menurut dia, terdapat tiga hukum (prinsip) dalam proses belajar. Salah satu dari prinsip itu adalah....

A. law of readiness

B. law of attraction

C. law of learning

D. law of evaluation

E. law of studying

Jawaban: A

3. Teori Konstruktivisme memungkinkan peserta didik bisa bebas mencari ilmu pengetahuan di bawah bimbingan dari guru. Berikut ini 5 asumsi dasar teori belajar konstruktivisme, kecuali...

A. Pengetahuan dibangun lewat pengalaman

B. Belajar adalah proses interpretasi individual mengenai kehidupan nyata

C. Belajar merupakan proses aktif yang pemaknaannya dapat ditelaah melalui pengalaman

D. Pertumbuhan konseptual tercipta lewat negosiasi makna dalam pembelajaran kolaboratif

E. Belajar dapat berlangsung dalam kondisi apa pun

Jawaban: E

4. Menurut Howard Gardner, anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan (pendongeng/orator) maupun tertulis mempunyai kecerdasan...

A. Kecerdasan linguistic

B. Kecerdasan logic-mathematical

C. Kecerdasan spatial

D. Kecerdasan Gerak Tubuh

E. Kecerdasan emosional

Jawaban : A

5. Menurut teori Jean Piaget, pada saat kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum bisa berpikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas, anak berada dalam tahap perkembangan....

A. Tahap sensorimotorik

B. Tahap praoperasional

C. Tahap operasional konkret

D. Tahap operasional formal

E. Tahap operasional final

Jawaban: B

6. Saat merancang pembelajaran, seorang guru ingin menyederhanakan konsep/prinsip /hukum yang kompleks sehingga bisa memperjelas penyajian pesan secara tertulis. Media yang paling tepat dipilih oleh guru tersebut adalah....

A. Bagan

B. APE (Alat Permaian Edukadif)

C. Flip Chart

D. Foto

E. Gambar

Jawaban: A

7. Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan dihubungkan dengan situasi kehidupan sehari-hari sehingga mendorong peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan mereka. Maka itu, pilihan strategi pembelajaran yang tepat adalah....

A. Kooperatif

B. Inkuiri

C. Problem solving

D. Discovery

E. Kontekstual

Jawaban: E

8. Di sebuah rancangan pembelajaran, tertulis contoh rumusan indikator kompetensi yaitu “menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras.” Jika seorang guru akan menyusunnya menjadi tujuan pembelajaran, rumusan yang tepat adalah....

A. Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output

B. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar

C. Siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output secara benar

D. Menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras komponen input, proses dan output tanpa melihat catatan

E. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, materi kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar tanpa melihat catatan.

Jawaban: B

9. Ketika menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang Unggas, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mendefinisikan hewan unggas, mengelompokan, hingga membedakan jenis-jenis unggas. Pilihan strategi pembelajaran untuk menjelaskan materi tersebut adalah strategi pembelajaran deduktif. Sesuai tujuan dan strategi pembelajaran itu, jenis ragam pengetahuan yang disampaikan adalah....

A. Fakta

B. Prosedur

C. Keterampilan

D. Konsep

E. Prinsip

Jawaban: D

10. Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya, rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta (C6) yang tepat, adalah....

A. Mengelompokan bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

B. Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

C. Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa

D. Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa

E. Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan

Jawaban: E

11. Pada akhir pembelajaran, siswa diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar yang diberikan guru dengan tujuan agar siswa tersebut mengaplikasikan kemampuan sertaketerampilan yang dimilikinya dan guru dapat menilai kompetensinya. Instrumen yang dapat dipilih oleh guru untuk merekam hasil belajar adalah....

A. Daftar cek (check list)

B. Benar salah (true false)

C. Pilihan ganda (multiple choice)

D. Menjodohkan (matching)

E. Jawaban bebas (Completion test)

Jawaban: A

12. Dari hasil penilaian akhir yang disusun oleh seorang guru, diketahui bahwa beberapa siswa telah memenuhi ketuntasan belajar, tetapi ada juga murid yang belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Berdasarkan kasus tersebut, guru dapat melakukan tindak lanjut hasil penilaian yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal. Berikut merupakan pemanfaatan hasil penilaian oleh Guru, kecuali...

A. Memperbaiki program pembelajaran

B. Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah

C. Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi

D. Mengadministrasikan hasil penilaian

E. Menyusun laporan hasil penilaian

Jawaban: D

13. Sebagian siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru. Penyebabnya adalah sebagian materi dalam soal belum dipelajari oleh siswa. Materi tersebut seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya. Hal yang seharusnya dilakukan oleh guru saat menyusun soal tes pilihan ganda pada aspek materi adalah....

A. Soal harus sesuai dengan indikator

B. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas

C. Pilihan jawaban harus homogen dan logis

D. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama

E. Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya

Jawaban: A

14. Seorang guru memberikan penugasan kepada peserta didik yang bertujuan mengukur kemampuan dalam menghasilkan karya tertentu dan dilakukan secara berkelompok. Maka itu, jenis penilaian otentik yang tepat adalah....

A. Penilaian kinerja

B. Penilaian portofolio

C. Penilaian proyek

D. Penilaian jurnal

E. Penilaian diri

Jawaban: C

15. Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan mengelola perbedaan pendapat ketika mengikuti diskusi kelompok. Guru tersebut membuat lembar daftar cek (check list) dalam bentuk skala yang harus diisikan oleh siswa untuk menilai teman kelompoknya. Jenis penilaian otentik-holistik yang dapat dipilih oleh guru tersebut adalah....

A. Penilaian kinerja

B. Penilaian proyek

C. Penilaian portofolio

D. Pertanyaan terbuka

E. Penilaian diri

Jawaban: A

16. Di sekolah, seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret meja. Hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar bisa mengembangkan kecerdasan....

A. Naturalis

B. Kinestetis

C. Visual spasial

D. Verbal linguistic

E. Logis matematis

Jawaban: A

17. Seorang guru senior mengajar siswanya dengan metode diskusi dan menggunakan media gambar yang sudah berlangsung dari tahun ke tahun. Pada awal semester baru, 70% siswa di kelas tersebut diketahui memiliki preferensi belajar kinestetik. Akibatnya, mereka tidak fokus saat pembelajaran dan diskusi berlangsung. Siswa lebih senang jika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dari kasus tersebut strategi pembelajaran yang paling tepat dipilih guru adalah....

A. Kooperatif

B. Project based learning

C. Kontekstual

D. Inqury

E. Discovery

Jawaban: B

18. Seorang Guru mencari materi dan media dari internet saat menyusun rencana pembelajaran. Materi dan media tersebut akan disampaikan pada proses pembelajaran dengan maksud agar siswa tidak mengalami kesulitan memahami pelajaran. Langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang Guru saat memilih materi pelajaran?

A. Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator

B. Menganalisis potensi peserta didik; relevansi dengan karakteristik daerah; dan struktur keilmuan

C. Menyesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik

D. Melihat kebermanfaatan bagi peserta didik; aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran

E. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, alat dan sumber bahan, dan alokasi waktu

Jawaban: A

19. Modul projek dilengkapi komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunannya serta dibutuhkan untuk kelengkapan pelaksanaan pembelajaran. Berikut adalah sejumlah komponen Modul Projek, kecuali....

A. Dimensi dan subelemen dari Profil Pelajar Pancasila yang berkaitan

B. Relevansi tema dan topik projek untuk satuan pendidikan

C. Pengayaan dan remedial

D. Refleksi peserta didik dan pendidik

E. Alur Tujuan Pembelajaran

Jawaban: E

20. Seorang guru merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di rencana pembelajaran (RPP/Modul Ajar). Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa. Maka jenis evaluasi yang tepat dipilih oleh guru adalah....

A. Evaluasi formatif

B. Evaluasi sumatif

C. Evaluasi selektif

D. Evaluasi diagnostik

E. Evaluasi penempatan

Jawaban: B

21. Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa, yang belum tuntas sejumlah 15 sehingga harus mengikuti program remedial. Adapun sejumlah 15 orang yang dinyatakan tuntas mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara....

A. Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut

B. Diberikan bahan ajar berupa modul

C. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial

D. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya

E. Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa

Jawaban: A

22. Seorang guru ingin melakukan penilaian portofolio dalam proses pembelajaran. Maka Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara....

A. Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa

B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan sumatif tiap siswa

C. Memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah

D. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar

E. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajaran dan tes remedial

Jawaban: D

23. Pada setiap akhir evaluasi, dimungkinkan ada siswa yang prestasi belajarnya belum memenuhi ketuntasan, sehingga guru perlu melakukan remedi. Dasar rancangan program remedi bagi siswa yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar, yakni....

A. Proses Pengajaran Remedial Pada Dasarnya Adalah Proses Belajar Mengajar Biasa

B. Tujuan Pengajaran Remedial Adalah Sama Dengan Tes Diagnostik

C. Sasaran Terpenting Pengajaran Remedial Adalah Peningkatan Kecerdasan Siswa

D. Strategi Yang Dipilih Hanya Berbentuk Tes Ulang

E. Agar prestasi sekolah menjadi meningkat

Jawaban: C

24. Dalam kegiatan penilaian otentik banyak model yang dapat digunakan. Pada suatu penilaian seorang guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu. Bentuk penilaian otentik tersebut merupakan contoh penilaian otentik berbentuk....

A. Penilaian proyek

B. Penilaian kinerja

C. Penilaian portofolio

D. Penilaian antar teman

E. Penilaian diri

Jawaban: B

25. Salah satu prinsip yang penting dipahami guru dalam merancang program remedial bagi siswa yaitu tampak dalam kegiatan....

A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial

B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa

C. Menurunkan standar ketuntasan belajar

D. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.

E. Merancang tes ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

Jawaban: D

26. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!

(1) Mengorganisasi siswa dalam belajar

(2) Orientasi siswa pada masalah

(3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok

(4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....

A. 1-2-3-4

B. 1-3-2-4

C. 2-3-1-4

D. 3-2-1-4

E. 2-3-1-4

Jawaban: C

27. Urutan tahapan yang tepat pada model pembelajaran kooperatif adalah...

A. Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok

B. Kuis, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientasi

C. Kuis, bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok

D. Orientasi, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, kuis

E. Orientasi, pengamatan, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok

Jawaban: A

28. Siswa melakukan kegiatan dengan berpedoman pada langkah- langkah yang telah ditetapkan guru, yaitu mengamati fenomena sosial di sekitar sekolah. Hasil pengamatan ditulis menjadi laporan serta didiskusikan bersama guru dan teman sekelas. Langkah ini merupakan strategi pembelajaran....

A. Discovery

B. Heuristik

C. Pemecahan Masalah

D. Belajar Aktif

E. Projek Based Learning

Jawaban: A

29. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pernyataan berikut ini yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah...

A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK

B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran

C. Semua media pembelajaran sama cara pemanfaatannya

D. Media dapat dipakai sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran

E. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan

Jawaban: D

30. Faktor yang penting dipertimbangkan oleh seorang guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah pada proses pembelajaran adalah....

A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi

B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan

C. Jumlah peserta didik yang mengikuti pembelajaran

D. Motivasi belajar siswa

E. Ruang yang tersedia

Jawaban: B

Kisi-kisi Soal PPPK Guru 2023 dan Passing Grade

Berdasarkan Keputusan Menteri PANRB Nomor 649 Tahun 2023 (Link PDF), materi seleksi kompetensi PPPK Guru 2023 terdiri atas 145 butir soal, dengan nilai paling tinggi 670.

Berikut rincian jumlah soal seleksi kompetensi PPPK Guru 2023:

  • Seleksi kompetensi teknis (90 soal);
  • Seleksi kompetensi manajerial (25 soal);
  • Seleksi kompetensi sosio-kultural (20 soal); dan
  • Wawancara (10 soal).

Nilai tertinggi dalam seleksi kompetensi teknis adalah 450. Sementara itu, nilai maksimal di seleksi kompetensi manajerial dan sosio-kultural sebesar 180. Adapun nilai tertinggi di tes wawancara ialah 40.

Kemudian, nilai ambang batas kelulusan (passing grade) dalam seleksi kompetensi PPPK Guru 2023 adalah:

  • Kompetensi teknis (berbeda-beda. Khusus guru Kelas ialah 180)
  • kompetensi manajerial dan sosio-kultural: 117
  • Wawancara: 24.

Secara lebih terperinci, kisi-kisi soal PPPK Guru 2023 bisa dilihat dalam dokumen Materi Pokok Soal Tes Kompetensi yang sudah dirilis oleh Kemenpanrb.

Dari dokumen itu, diketahui bahwa kisi-kisi soal tes kompetensi teknis PPPK Guru 2023 adalah sebagai berikut:

  • Konsep suatu disiplin ilmu yang relevan
  • Materi suatu disiplin ilmu yang relevan
  • Hirarki konsep dan materi suatu disiplin ilmu
  • Prasyarat dari suatu disiplin ilmu yang relevan
  • Keterkaitan suatu konsep dengan konsep yang lain
  • Konsep-konsep yang berkaitan dengan suatu disiplin
  • Teori belajar Ausubel
  • Teori belajar Gagne
  • Teori belajar Piaget
  • Karakteristik murid berkebutuhan khusus
  • Tahapan perkembangan berdasarkan usia dan karakteristik masing-masing tahap
  • Teori belajar Gagne
  • Taksonomi Bloom dan perkembangannya
  • Learning Objective
  • Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated learning
  • Teori dasar komunikasi
  • Active listening
  • Kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar
  • Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan
  • Mengembangkan motivasi siswa
  • Behavior modification & habit formation
  • Prinsip-prinsip reward, punishment , dan reinforcement dalam pembentukan tingkah laku
  • Desain pembelajaran
  • Profil Pelajar Indonesia
  • Facilitating learning
  • Berfikir kritis
  • Berbagai teknik asesmen di tingkat kelas (classroom-based assessment) sesuai tujuann pembelajaran
  • Konsep dan prinsip assessment as learning dan assessment for learning
  • Pemanfaatan hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran (feedback)
  • Program remedial dan program pengayaan berdasarkan hasil asesmen
  • Refleksi
  • Procedural & declarative knowledge
  • Working memory & long-term memory
  • Kode etik guru
  • Interaksi guru-murid
  • School safety
  • Diversity
  • Pengertian dan pengembangan potensi
  • Perencanaan karir dan pengembangan potensi diri.

Kisi-kisi soal di atas berlaku untuk seleksi kompetensi teknis PPPK Guru 2023 (jabatan Guru Ahli Pertama). Maka itu, daftar materi pokok tersebut juga dapat menjadi rujukan untuk kisi-kisi soal PPPK Guru Kelas 2023.

Baca juga artikel terkait PPPK 2023 atau tulisan lainnya dari Yuda Prinada

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Addi M Idhom