tirto.id - Kumpulan contoh soal PPPK Guru Kelas dan jawabannya ini merupakan materi yang bisa dipakai untuk latihan dan belajar peserta tes menjelang seleksi kompetensi. Mempelajari contoh soal PPPK Guru Kelas bisa memperbesar peluang kelulusan pelamar formasi jabatan tersebut.
Salah satu materi yang diberikan dalam Seleksi Kompetensi PPPK Guru adalah tes kompetensi teknis berdasarkan bidang yang dilamar. Dalam artikel ini akan disajikan beberapa contoh soal P3K Guru Kelas kompetensi teknis khusus untuk pelamar formasi Guru Kelas.
Perlu diperhatikan bahwa persiapan menjelang seleksi kompetensi PPPK Guru bisa ditempuh dengan mengerjakan latihan contoh soal P3K Guru Kelas. Melalui latihan contoh soal PPPK Guru Kelas, diharapkan pelamar dapat memiliki gambaran terkait soal yang akan dikerjakan saat ujian.
Kisi Kisi Materi Soal PPPK Guru Kelas
Materi seleksi kompetensi PPPK Guru terdiri atas 145 butir soal dengan nilai paling tinggi 670. Berikut rincian jumlah soal seleksi kompetensi PPPK Guru:
- Seleksi kompetensi teknis (90 soal);
- Seleksi kompetensi manajerial (25 soal);
- Seleksi kompetensi sosio-kultural (20 soal); dan
- Wawancara (10 soal).
Nilai tertinggi dalam seleksi kompetensi teknis adalah 450. Sementara itu, nilai maksimal di seleksi kompetensi manajerial dan sosio-kultural sebesar 180. Adapun nilai tertinggi di tes wawancara ialah 40.
Kemudian, nilai ambang batas kelulusan (passing grade) dalam seleksi kompetensi PPPK Guru adalah:
- Kompetensi teknis (berbeda-beda. Khusus guru Kelas ialah 180)
- kompetensi manajerial dan sosio-kultural: 117
- Wawancara: 24.
Secara lebih terperinci, kisi kisi soal PPPK Guru Kelas adalah sebagai berikut:
- Konsep suatu disiplin ilmu yang relevan;
- Materi suatu disiplin ilmu yang relevan;
- Hirarki konsep dan materi suatu disiplin ilmu;
- Prasyarat dari suatu disiplin ilmu yang relevan;
- Keterkaitan suatu konsep dengan konsep yang lain;
- Konsep-konsep yang berkaitan dengan suatu disiplin;
- Teori belajar Ausubel;
- Teori belajar Gagne;
- Teori belajar Piaget;
- Karakteristik murid berkebutuhan khusus;
- Tahapan perkembangan berdasarkan usia dan karakteristik masing-masing tahap;
- Teori belajar Gagne;
- Taksonomi Bloom dan perkembangannya;
- Learning Objective;
- Individualized Education Program (IEP) dan Prinsip-prinsip differentiated learning;
- Teori dasar komunikasi;
- Active listening;
- Kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar;
- Konsep dan prinsip-prinsip motivasi dalam pendidikan;
- Mengembangkan motivasi siswa;
- Behavior modification & habit formation;
- Prinsip-prinsip reward, punishment , dan reinforcement dalam pembentukan tingkah laku;
- Desain pembelajaran;
- Profil Pelajar Indonesia;
- Facilitating learning;
- Berpikir kritis;
- Berbagai teknik asesmen di tingkat kelas (classroom-based assessment) sesuai tujuan pembelajaran;
- Konsep dan prinsip assessment as learning dan assessment for learning;
- Pemanfaatan hasil asesmen untuk perbaikan pembelajaran (feedback);
- Program remedial dan program pengayaan berdasarkan hasil asesmen;
- Refleksi;
- Procedural & declarative knowledge;
- Working memory & long-term memory;
- Kode etik guru;
- Interaksi guru-murid;
- School safety;
- Diversity;
- Pengertian dan pengembangan potensi;
- Perencanaan karir dan pengembangan potensi diri.
Kumpulan Contoh Soal PPPK Guru Kelas dan Jawabannya
Mengingat jadwal seleksi kompetensi yang sudah semakin dekat, beberapa contoh soal PPPK Guru Kelas dan jawabannya di bawah ini bisa dipelajari oleh pelamar. Berikut sejumlah contoh soal P3K Guru Kelas lengkap dengan kunci jawabannya:
1. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang guru terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
- A. Guru harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
- B. Guru mengetahui cara mengevaluasi pembelajaran dengan media
- C. Guru harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut
- D. Guru harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah
- E. Guru menyesuaikan dengan materi pembelajaran
Jawaban: C.
2. Dalam teori belajar Gagne, dikenal konsep 9 prinsip pembelajaran. Berikut adalah 9 prinsip pembelajaran gagne, kecuali....
- A. Gain Attention (Mendapatkan Perhatian)
- B. Inform Learners of the Objective (Menginformasikan Tujuan Pembelajaran)
- C. Stimulate Recall of Prior Knowledge (Memancing Ingatan tentang Materi Sebelumnya)
- D. Provide Guidance (Memberikan Bimbingan)
- E. Constructive Learning (Pembelajaran Konstruktif)
Jawaban: E.
3. Edward Lee Thorndike (1874-1949) termasuk tokoh yang turut mengembangkan teori belajar behavioristik. Menurut dia, terdapat tiga hukum (prinsip) dalam proses belajar. Salah satu dari prinsip itu adalah....
- A. law of readiness
- B. law of attraction
- C. law of learning
- D. law of evaluation
- E. law of studying
Jawaban: A.
4. Teori Konstruktivisme memungkinkan peserta didik bisa bebas mencari ilmu pengetahuan di bawah bimbingan dari guru. Berikut ini 5 asumsi dasar teori belajar konstruktivisme, kecuali...
- A. Pengetahuan dibangun lewat pengalaman
- B. Belajar adalah proses interpretasi individual mengenai kehidupan nyata
- C. Belajar merupakan proses aktif yang pemaknaannya dapat ditelaah melalui pengalaman
- D. Pertumbuhan konseptual tercipta lewat negosiasi makna dalam pembelajaran kolaboratif
- E. Belajar dapat berlangsung dalam kondisi apa pun
Jawaban: E.
5. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan siswa memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah….
- A. Menampilkan objek yang terlalu besar
- B. Menampilkan objek yang sulit diamati
- C. Membuat konkrit konsep yang abstrak
- D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang
- E. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar
Jawaban: C.
6. Menurut Howard Gardner, anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan (pendongeng/orator) maupun tertulis mempunyai kecerdasan...
- A. Kecerdasan linguistic
- B. Kecerdasan logical-mathematical
- C. Kecerdasan spasial
- D. Kecerdasan Gerak Tubuh
- E. Kecerdasan emosional
Jawaban : A.
7. Menurut teori Jean Piaget, pada saat kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum bisa berpikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas, anak berada dalam tahap perkembangan....
- A. Tahap sensorimotor
- B. Tahap praoperasional
- C. Tahap operasional konkret
- D. Tahap operasional formal
- E. Tahap operasional final
Jawaban: B.
8. Saat merancang pembelajaran, seorang guru ingin menyederhanakan konsep/prinsip /hukum yang kompleks sehingga bisa memperjelas penyajian pesan secara tertulis. Media yang paling tepat dipilih oleh guru tersebut adalah....
- A. Bagan
- B. APE (Alat Permainan Edukatif)
- C. Flip Chart
- D. Foto
- E. Gambar
Jawaban: A.
9. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut….
- A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
- B. Memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
- C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
- D. Diberi soal serupa untuk memastikan tingkat keberhasilan belajar
- E. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
Jawaban: E.
10. Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan dihubungkan dengan situasi kehidupan sehari-hari sehingga mendorong peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan mereka. Maka itu, pilihan strategi pembelajaran yang tepat adalah....
- A. Kooperatif
- B. Inkuiri
- C. Problem solving
- D. Discovery
- E. Kontekstual
Jawaban: E.
11. Di sebuah rancangan pembelajaran, tertulis contoh rumusan indikator kompetensi yaitu “menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras.” Jika seorang guru akan menyusunnya menjadi tujuan pembelajaran, rumusan yang tepat adalah....
- A. Setelah melaksanakan proses pembelajaran melalui praktik, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output
- B. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar
- C. Siswa dapat menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras berupa komponen input, proses dan output secara benar
- D. Menjelaskan kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras komponen input, proses dan output tanpa melihat catatan
- E. Setelah melaksanakan proses pembelajaran dan menggali informasi melalui diskusi, materi kondisi operasi sistem dan komponen perangkat keras secara benar tanpa melihat catatan.
Jawaban: B.
12. Ketika menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang Unggas, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mendefinisikan hewan unggas, mengelompokan, hingga membedakan jenis-jenis unggas. Pilihan strategi pembelajaran untuk menjelaskan materi tersebut adalah strategi pembelajaran deduktif. Sesuai tujuan dan strategi pembelajaran itu, jenis ragam pengetahuan yang disampaikan adalah....
- A. Fakta
- B. Prosedur
- C. Keterampilan
- D. Konsep
- E. Prinsip
Jawaban: D.
13. Jika guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru merupakan strategi pembelajaran....
- A. Projek based learning
- B. Kontektual
- C. Discovery Learning
- D. Problem Based Learning
- E. Inquiry learning
Jawaban: A.
14. Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya, rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta (C6) yang tepat, adalah....
- A. Mengelompokan bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
- B. Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
- C. Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
- D. Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa
- E. Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan
Jawaban: E.
15. Pada akhir pembelajaran, siswa diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar yang diberikan guru dengan tujuan agar siswa tersebut mengaplikasikan kemampuan serta keterampilan yang dimilikinya dan guru dapat menilai kompetensinya. Instrumen yang dapat dipilih oleh guru untuk merekam hasil belajar adalah....
- A. Daftar cek (checklist)
- B. Benar salah (true false)
- C. Pilihan ganda (multiple choice)
- D. Menjodohkan (matching)
- E. Jawaban bebas (Completion test)
Jawaban: A.
16. Dari hasil penilaian akhir yang disusun oleh seorang guru, diketahui bahwa beberapa siswa telah memenuhi ketuntasan belajar, tetapi ada juga murid yang belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Berdasarkan kasus tersebut, guru dapat melakukan tindak lanjut hasil penilaian yang dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal. Berikut merupakan pemanfaatan hasil penilaian oleh Guru, kecuali...
- A. Memperbaiki program pembelajaran
- B. Menyelenggarakan program remedial bagi siswa yang hasilnya rendah
- C. Menyelenggarakan program pengayaan bagi siswa yang hasilnya tinggi
- D. Mengadministrasikan hasil penilaian
- E. Menyusun laporan hasil penilaian
Jawaban: D.
17. Seorang guru melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan guru tersebut merupakan implementasi strategi pembelajaran ....
- A. Project based learning
- B. Inquiry learning
- C. Discovery learning
- D. Kooperatif
- E. Problem based learning
Jawaban: E.
18. Sebagian siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru. Penyebabnya adalah sebagian materi dalam soal belum dipelajari oleh siswa. Materi tersebut seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya. Hal yang seharusnya dilakukan oleh guru saat menyusun soal tes pilihan ganda pada aspek materi adalah....
- A. Soal harus sesuai dengan indikator
- B. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas
- C. Pilihan jawaban harus homogen dan logis
- D. Panjang rumusan pilihan jawaban relatif sama
- E. Butir tes tidak tergantung pada jawaban sebelumnya
Jawaban: A.
19. Seorang guru memberikan penugasan kepada peserta didik yang bertujuan mengukur kemampuan dalam menghasilkan karya tertentu dan dilakukan secara berkelompok. Maka itu, jenis penilaian otentik yang tepat adalah....
- A. Penilaian kinerja
- B. Penilaian portofolio
- C. Penilaian proyek
- D. Penilaian jurnal
- E. Penilaian diri
Jawaban: C.
20. Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan mengelola perbedaan pendapat ketika mengikuti diskusi kelompok. Guru tersebut membuat lembar daftar cek (check list) dalam bentuk skala yang harus diisikan oleh siswa untuk menilai teman kelompoknya. Jenis penilaian otentik-holistik yang dapat dipilih oleh guru tersebut adalah....
- A. Penilaian kinerja
- B. Penilaian proyek
- C. Penilaian portofolio
- D. Pertanyaan terbuka
- E. Penilaian diri
Jawaban: A.
21. Setiap kali diakhir pembelajaran seorang guru akan melakukan proses penilaian. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar siswa, manakah yang pertama kali harus dipelajari....
- A. Buku sumber yang digunakan
- B. Kurikulum dan silabus
- C. Karakteristik siswa
- D. Indikator pencapaian kompetensi
- E. Kemampuan awal siswa
Jawaban:D.
22. Di sekolah, seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti dilarang menginjak rumput dan mencoret-coret meja. Hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar bisa mengembangkan kecerdasan....
- A. Naturalis
- B. Kinestetis
- C. Visual spasial
- D. Verbal linguistic
- E. Logis matematis
Jawaban: A.
23. Seorang guru senior mengajar siswanya dengan metode diskusi dan menggunakan media gambar yang sudah berlangsung dari tahun ke tahun. Pada awal semester baru, 70% siswa di kelas tersebut diketahui memiliki preferensi belajar kinestetik. Akibatnya, mereka tidak fokus saat pembelajaran dan diskusi berlangsung. Siswa lebih senang jika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dari kasus tersebut strategi pembelajaran yang paling tepat dipilih guru adalah....
- A. Kooperatif
- B. Project based learning
- C. Kontekstual
- D. Inquiry
- E. Discovery
Jawaban: B.
24. Seorang Guru mencari materi dan media dari internet saat menyusun rencana pembelajaran. Materi dan media tersebut akan disampaikan pada proses pembelajaran dengan maksud agar siswa tidak mengalami kesulitan memahami pelajaran. Langkah apa yang harus dilakukan oleh seorang Guru saat memilih materi pelajaran?
- A. Mengidentifikasi aspek-aspek yang terdapat dalam kompetensi inti, kompetensi dasar, dan indikator
- B. Menganalisis potensi peserta didik; relevansi dengan karakteristik daerah; dan struktur keilmuan
- C. Menyesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik
- D. Melihat kebermanfaatan bagi peserta didik; aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran
- E. Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, alat dan sumber bahan, dan alokasi waktu
Jawaban: A.
25. Modul projek dilengkapi komponen yang menjadi dasar dalam proses penyusunannya serta dibutuhkan untuk kelengkapan pelaksanaan pembelajaran. Berikut adalah sejumlah komponen Modul Projek, kecuali....
- A. Dimensi dan sub elemen dari Profil Pelajar Pancasila yang berkaitan
- B. Relevansi tema dan topik projek untuk satuan pendidikan
- C. Pengayaan dan remedial
- D. Refleksi peserta didik dan pendidik
- E. Alur Tujuan Pembelajaran
Jawaban: E.
26. Seorang guru merancang evaluasi dengan mendasarkan pada indikator dan tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan di rencana pembelajaran (RPP/Modul Ajar). Evaluasi tersebut dimaksudkan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa. Maka jenis evaluasi yang tepat dipilih oleh guru adalah....
- A. Evaluasi formatif
- B. Evaluasi sumatif
- C. Evaluasi selektif
- D. Evaluasi diagnostik
- E. Evaluasi penempatan
Jawaban: B.
27. Pada proses pembelajaran seorang guru ingin melakukan penilaian terhadap perilaku siswa, maka Instrumen yang digunakan dalam proses pembelajaran tersebut adalah….
- A. Pedoman observasi
- B. Kuesioner
- C. Tes tulis
- D. Pedoman wawancara
- E. Tes hasil belajar
Jawaban: A.
28. Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa, yang belum tuntas sejumlah 15 sehingga harus mengikuti program remedial. Adapun sejumlah 15 orang yang dinyatakan tuntas mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara....
- A. Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
- B. Diberikan bahan ajar berupa modul
- C. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
- D. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
- E. Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa
Jawaban: A.
29. Seorang guru ingin melakukan penilaian portofolio dalam proses pembelajaran. Maka Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara....
- A. Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
- B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan sumatif tiap siswa
- C. Memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah
- D. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
- E. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajaran dan tes remedial
Jawaban: D.
30. Pada setiap akhir evaluasi, dimungkinkan ada siswa yang prestasi belajarnya belum memenuhi ketuntasan, sehingga guru perlu melakukan remedi. Dasar rancangan program remidi bagi siswa yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar, yakni....
- A. Proses Pengajaran Remedial Pada Dasarnya Adalah Proses Belajar Mengajar Biasa
- B. Tujuan Pengajaran Remedial Adalah Sama Dengan Tes Diagnostik
- C. Sasaran Terpenting Pengajaran Remedial Adalah Peningkatan Kecerdasan Siswa
- D. Strategi Yang Dipilih Hanya Berbentuk Tes Ulang
- E. Agar prestasi sekolah menjadi meningkat
Jawaban: C.
31. Dalam kegiatan penilaian otentik banyak model yang dapat digunakan. Pada suatu penilaian seorang guru meminta siswa untuk mendemonstrasikan tugas belajar tertentu. Bentuk penilaian otentik tersebut merupakan contoh penilaian otentik berbentuk....
- A. Penilaian proyek
- B. Penilaian kinerja
- C. Penilaian portofolio
- D. Penilaian antar teman
- E. Penilaian diri
Jawaban: B.
32. Seorang guru harus menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/Kriteria Belajar Minimal (KBM). Berikut merupakan fungsi KKM/KBM, kecuali....
- A. Sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
- B. Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
- C. Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah
- D. Untuk bahan laporan dan kelengkapan administrasi sekolah
- E. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
Jawaban: E.
33. Salah satu prinsip yang penting dipahami guru dalam merancang program remedial bagi siswa yaitu tampak dalam kegiatan....
- A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
- B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
- C. Menurunkan standar ketuntasan belajar
- D. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
- E. Merancang tes ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
Jawaban: D.
34. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
- (1) Mengorganisasi siswa dalam belajar
- (2) Orientasi siswa pada masalah
- (3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
- (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....
- A. 1-2-3-4
- B. 1-3-2-4
- C. 2-3-1-4
- D. 3-2-1-4
- E. 2-3-1-4
Jawaban: C.
35. Urutan tahapan yang tepat pada model pembelajaran kooperatif adalah...
- A. Orientasi, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
- B. Kuis, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, orientasi
- C. Kuis, bekerja kelompok, orientasi, penghargaan kelompok
- D. Orientasi, penghargaan kelompok, bekerja kelompok, kuis
- E. Orientasi, pengamatan, bekerja kelompok, kuis, penghargaan kelompok
Jawaban: A.
36. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)/Kriteria Belajar Minimal (KBM). KKM/KBM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
- A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
- B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
- C. Daya dukung, tingkat kesulitan, dan kemampuan guru
- D. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
- E. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
Jawaban: D.
37. Siswa melakukan kegiatan dengan berpedoman pada langkah- langkah yang telah ditetapkan guru, yaitu mengamati fenomena sosial di sekitar sekolah. Hasil pengamatan ditulis menjadi laporan serta didiskusikan bersama guru dan teman sekelas. Langkah ini merupakan strategi pembelajaran....
- A. Discovery
- B. Heuristik
- C. Pemecahan Masalah
- D. Belajar Aktif
- E. Projek Based Learning
Jawaban: A.
38. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pernyataan berikut ini yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah...
- A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK
- B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
- C. Semua media pembelajaran sama cara pemanfaatannya
- D. Media dapat dipakai sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran
- E. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
Jawaban: D.
39. Faktor yang penting dipertimbangkan oleh seorang guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah pada proses pembelajaran adalah....
- A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
- B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
- C. Jumlah peserta didik yang mengikuti pembelajaran
- D. Motivasi belajar siswa
- E. Ruang yang tersedia
Jawaban: B
40. Seorang guru mengajak siswa melakukan kunjungan ke suatu lembaga, tetapi sesampai di lembaga tersebut belum ada petugas dan narasumber yang melayani. Untuk mengisi kekosongan waktu guru tersebut memulai pembelajaran dengan memilih menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, pertimbangan guru memilih strategi tersebut, yaitu....
- A. Waktu belajar cukup banyak
- B. Sumber belajar hanya dimiliki pendidik
- C. Sedikitnya jumlah guru
- D. Ruang kelas yang terbatas
- E. Tidak ada sumber belajar dan media pembelajaran
Jawaban: B.
Editor: Addi M Idhom
Penyelaras: Ibnu Azis