HUT RI ke-77

Rekomendasi Lomba 17 Agustusan yang Bisa Diikuti oleh Anak-Anak

Penulis: Dhita Koesno - 29 Jul 2022 15:45 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Rekomendasi lomba 17 Agustusan untuk anak-anak: dari lomba makan kerupuk hingga sendok kelereng.
tirto.id - Ada banyak rekomendasi lomba 17 Agustusan yang bisa diikuti oleh anak-anak dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI.

Peringatan 17 Agustus biasanya disambut dengan suka cita dan rasa gembira oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia, karena 17 Agustus tahun 1945 merupakan hari terbebasnya bangsa Indonesia dari penjajahan.

Selain mengadakan upacara bendera, warga juga menyelenggarakan berbagai ajang permainan dan lomba-lomba tradisional yang unik dan lucu untuk merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang tercinta ini.

Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa berpartisipasi mengikuti ragam perlombaan yang diadakan.

Pandemi COVID-19 yang berlangsung selama 2 tahun lebih memang sempat membuat berbagai acara 17 Agustusan terhenti, dan tahun ini, masyarakat mulai menyusun kegiatan-kegiatan untuk merayakan HUT RI ke-77 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang disarankan pemerintah.

Beberapa permainan dan lomba 17an seperti makan kerupuk, tarik tambang, gebuk bantal, dan beragam permainan menarik lainnya akan digelar, bahkan ada pula warga yang sudah memulainya sejak akhir bulan Juli atau di awal bulan Agustus.

Rekomendasi Lomba 17 Agustusan untuk Anak-Anak


Namun tidak semua lomba aman dimainkan oleh anak-anak. Berikut ini beberapa rekomendasi permainan dan lomba unik yang bisa diikuti anak-anak yang sifatnya lebih aman dan tidak berisiko tinggi:

1. Lomba Makan Kerupuk

Ilustrasi Makan Kerupuk
Ilustrasi Makan Kerupuk. foto/istockphoto


Salah satu lomba yang selalu ada setiap perayaan 17 Agustus adalah lomba makan kerupuk.

Lomba sederhana ini dapat diikuti oleh semua orang dari segala umur atau jenis kelamin, termasuk anak-anak.

Untuk bahan yang dibutuhkan pada perlombaan ini adalah kerupuk dan tali. Umumnya, kerupuk yang digunakan jenisnya kerupuk putih.

Pemenang dalam lomba ini ditentukan berdasarkan peserta tercepat dari peserta lain dalam menghabiskan kerupuk yang tergantung.

Aturan dalam lomba ini, yaitu tidak boleh dibantu oleh tangan, setiap peserta tangannya harus berada di belakang punggung atau diikat.

2. Lomba Balap Karung

Lomba Perayaan HUT RI ke 73
Panitia memasang helm kepada anak sebelum lomba balap karung jongkok dimulai di Jalan Minangkabau, Manggarai, Jakarta, Jumat (17/8/2018). tirto.id/Andrey Gromico


Lomba balap karung juga termasuk lomba populer yang sering dimainkan saat peringatan 17 Agustus.

Permainan ini dilakukan dengan cara peserta memasukkan tubuh ke dalam karung, kemudian mereka berdiri melompat-lompat untuk mencapai ke garis finish.

Untuk anak-anak, akan lebih aman jika lomba balap karung dilakukan dengan cara jongkok, karena risiko terjatuhnya tidak terlalu jauh dengan tanah aspal, sehingga meminimalkan terjadinya luka.

3. Lomba Sendok Kelereng

LOMBA JELANG HUR RI
Sejumlah anak beradu cepat saat mengikuti lomba balap kelereng di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (10/8). ANTARA FOTO/Moch Asim


Perlombaan ini lumayan sulit, tapi tidak berisiko tinggi bagi anak-anak. Pada permainan ini, peserta harus bisa membawa kelereng dalam sendok di mulut.
Peserta kemudian berjalan dari garis start hingga ke finish dengan menjaga kelereng tetap di sendok. Peserta harus berusaha menyeimbangkan saat berjalan agar kelereng tak jatuh.

4. Lomba Mengumpulkan Balon

PERLOMBAAN SAMBUT HUT RI DENGAN MENGGUNAKAN MASKER
Anak-anak mengikuti lomba joget sambil menggunakan balon di kompleks perumahan Bumi Batara Mawang Permai, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa (11/8/2020). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/hp.


Lomba ini dilakukan oleh 2 orang dalam satu tim. Cara bermainnya adalah dengan membawa satu balon di kepala bersama dengan teman timnya.

Tiap peserta dalam tim saling berhadapan dan membawa balon di antara dahi keduanya sambil berjoget untuk mencapai garis finish.

Jika sudah meletakkan balon di garis finish, timnya kembali mengambil balon lain, dan yang berhasil membawa balon tidak jatuh sampai garis finish dan mengumpulkan balon paling banyak, merekalah pemenangnya.

5. Lomba Memasukkan Paku ke Botol

Pada permainan ini, para peserta akan diikatkan tali di pinggangnya dengan menaruh paku di ujung tali.

Kemudian, para peserta yang sudah diikatkan tali berada di garis start dan harus mencapai botol di garis finish secepat mungkin.

Kesulitannya saat memasukkan paku ke dalam botol adalah peserta tidak boleh menyentuh tali atau paku dengan tangan.

Infografik SC Lomba Kemerdekaan buat Anak-anak
Infografik SC Lomba Kemerdekaan buat Anak-anakKotak Masuk. tirto.id/Fuad



Baca juga artikel terkait LOMBA 17 AGUSTUSAN atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Yantina Debora

DarkLight