tirto.id - Manajemen adalah sebuah ilmu yang sangat erat dengan kehidupan manusia. Keberadaannya diperlukan dalam usaha untuk menggapai tujuan yang ditetapkan. Manajemen mutlak diperlukan dalam operasional sebuah organisasi atau perusahaan.
Manajemen berasal dari kata "to manage" dalam bahasa Inggris, yang artinya adalah mengendalikan, mengatur, memimpin, dan membina.
Mengutip modul Ekonomi Paket C (2017) pada manajemen terkandung tiga pengertian yaitu manajemen
sebagai proses; manajemen sebagai kolektivitas dari orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen; dan manajemen sebagai suatu seni dan ilmu.
Berdasarkan ketiga pengertian tersebut maka definisi dari manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengawasan terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Rangkuman Materi Konsep Manajemen
A. Unsur-Unsur Manajemen
Unsur-unsur dalam manajemen merupakan komponen agar tujuan yang ditetapkan organisasi atau perusahaan bisa berjalan. Unsur-unsur tersebut meliputi:
- Man (manusia/orang), bertindak sebagai pelaksana aktivitas dalam mencapai tujuan.
- Money (uang), digunakan untuk mencukupi segala hal yang diperlukan untuk mewujudkan tujuan.
- Materials (bahan-bahan material), merupakan materi atau bahan baik setengah jadi atau bahan lain yang diperlukan dalam proses kegiatan.
- Machine (mesin), yaitu permesinan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan.
- Method (metode), yaitu pemilihan metode yang tepat guna untuk mencapai tujuan.
- Market (pasar), yakni penguasaan pasar dalam rangka mendistribusikan hasil-hasil produksi.
B. Fungsi Manajemen
Dalam modul Ekonomi Kelas X (2020), fungsi manajemen merupakan serangkaian kegiatan yang dijalankan pada manajemen berdasarkan fungsinya masing-masing dan mengikuti satu tahapan tertentu saat pelaksanaannya. Fungsi-fungsi manajemen di antaranya meliputi:
- Planning (perencanaan), yaitu kegiatan yang berkaitan dengan usaha membuat rencana seperti ikhtisar rinci tentang segala hal yang diperlukan untuk dikerjakan beserta caranya.
- Organizing (pengorganisasian)), yaitu keseluruhan aktivitas manajemen untuk mengalokasi semua sumber daya sesuai rencana yang sudah dibuat.
- Actuating (penggerakan), yaitu tindakan mengusahakan agar seseorang atau semua kelompok mau dan mulai bekerja dengan senang hati dalam melakukan tugas pekerjaan sehingga bisa selesai sesuai tujuan yang ditetapkan.
- Controlling (pengawasan), yaitu rangkaian kegiatan untuk melakukan pengawasan, penyempurnaan, dan penilaian dalam menjamin agar tujuan dapat dicapai seperti yang telah ditetapkan pada perencanaan.
C. Tingkatan Manajemen
Manajemen mengenal hierarki yang terbagi ke dalam tiga tingkatan. Setiap tingkatan dipimpin oleh seorang manajer. Tingkatan manajemen meliputi:
- Manajemen puncak (top management), yaitu jenjang manajemen tertinggi di sebuah organisasi atau perusahaan. Manajer di manajemen puncak memiliki tanggung jawab pada seluruh hal di organisasi. Contoh jabatan yang termasuk di dalamnya yaitu anggota dewan direksi dan presiden perusahaan.
- Manajemen menengah (middle management), yaitu tingkatan manajemen di pertengahan yang membawahi dan mengarahkan manajemen di bawahnya. Tanggung jawab manajemen menengah yaitu kepada manajemen puncak. Contoh jabatan dalam manajemen ini yakni kepala bagian yang membawahi beberapa kepala seksi.
- Manajemen bawah (low management), yaitu manajemen tingkat bawah yang kerap disebut manajemen lini pertama. Tugasnya adalah mengawasi tenaga operasional dan bertanggung jawab pada manajemen menengah. Contoh jabatan di manajemen ini yaitu mandor atau supervisor.
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Maria Ulfa