Raja Salman Teringat Bung Karno Sehingga Mencari-cari Puan

Oleh: Addi M Idhom - 1 Maret 2017
Ketika baru saja mendatangi Istana Bogor, Raja Salman beberapa kali menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo kalau dirinya ingin menemui cucu Bung Karno.
tirto.id - Saat baru saja mendatangi Istana Bogor, pada Rabu siang (1/3/2017), Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz al-Saud tampak sempat dua kali menyalami Menteri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.

Ternyata ini karena saat itu Raja Salman beberapa kali mengatakan ingin menemui cucu Presiden Republik Indonesia pertama, Ir Soekarno.

Puan adalah cucu Proklamator RI itu dari putrinya, yang juga Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri. Makanya, Puan dipanggil dua kali oleh Raja Salman sesaat setelah upacara penyambutan kedatangannya di Istana Bogor.

Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengaku mendengar langsung perkataan Raja Salman yang beberapa kali menanyakan cucu Bung Karno.

"Raja Salman beberapa kali menanyakan kepada Presiden Jokowi tentang cucu Bung Karno," kata Bey sebagaimana dikutip Antara.

"Mana cucu Soekarno?" Tanya Raja Salman kepada Presiden Jokowi sesuai keterangan Bey.

Tak lama, Presiden Jokowi pun memanggil Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

"Ini cucu Soekarno," kata Jokowi.

Menurut Bey, ingatan mengenai Indonesia, yang memberikan kesan terkuat bagi Raja Salman, adalah tentang Bung Karno.

Kepada Puan dan Jokowi, Raja Salman sempat menyatakan, "Saya ingat sekali dengan Presiden Soekarno, selalu mengatakan, 'Saudara-saudara'. Ini yang saya ingat di sini (Indonesia)."

Oleh karena itulah, sebanyak dua kali, Puan Maharani tertangkap kamera tampak dipanggil oleh Raja Salman. Puan sempat terlihat mendekat dan mengangguk-anggukkan kepala saat mendengar apa yang disampaikan Raja Salman kepadanya. Bahkan setelah Puan menjauh, ia sempat kembali dipanggil mendekat ke arah Raja Salman.

Pada Kamis, (2/3) akhirnya Raja Salman bertemu langsung dengan anak pertama dan cucu Bung Karno, Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani.

"Ini menunjukkan bukti bahwa hubungan antara Arab Saudi dengan Indonesia, Sukarno dengan Raja Faisal sangat erat, saya tentu saja menyempatkan diri untuk bertemu anaknya Bung Karno untuk melanjutkan hubungan ini," ucap Raja Salman seperti diungkapkan oleh Puan Maharani.



Baca juga artikel terkait KUNJUNGAN RAJA SALMAN atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - Politik)

Reporter: Addi M Idhom
Penulis: Addi M Idhom
Editor: Addi M Idhom
DarkLight