Putus Kerja Sama dengan Pepsi, Indofood: Karena Alasan Komersial

Oleh: Hendra Friana - 5 Oktober 2019
Manajemen Indofood memberikan penjelasan soal putusnya kerja sama dengan PepsiCo Inc,.
tirto.id - PT Indofood CBP Sukses Makmur akhirnya buka suara soal kabar berhentinya kerja sama dengan Pepsi per tanggal 10 Oktober mendatang.

Lewat surat resminya di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (4/10/2019), pukul 23.45 WIB, manajemen Indofood membenarkan perihal penghentian kerjasama tersebut.

Corporate Secretary Indofood, Gideon A Putro, menyampaikan bahwa kerjasama dengan PepsiCo Inc selama ini dijalin lewat anak usaha PT Anugerah Indofood Beverage Makmur (AIBM).

AIBM ditunjuk untuk memproduksi, menjual dan mendistribusikan secara eksklusif produk minuman non-alkohol dengan menggunakan merek-merek milik PepsiCo di wilayah Indonesia.

Penunjukan tersebut, kata Gideon, "sesuai syarat dan ketentuan yang ditetapkan dalam perjanjian Exclusive Bottling Agreement (EBA) dengan PepsiCo". Adapun jangka waktu perjanjian EBA berlaku untuk 5 tahun dan berakhir tahun 2019.

Lantaran kedua pihak sepakat untuk tidak melanjutkan kolaborasi, maka perjanjian kerja sama tersebut berakhir 10 Oktober mendatang.

"AIBM dan PepsiCo telah sepakat untuk tidak melanjutkan jangka waktu EBA karena alasan komersial," jelas Gideon.

Sayangnya, Gideon tidak memberikan penjelasan lebih lanjut soal alasan komersial yang dimaksud. Termasuk berapa nilai kerja sama dengan PepsiCo.

Yang jelas, berakhirnya kerja sama tidak berdampak material terhadap pendapatan perseroan.

"Perseroan tidak dapat mengungkapkan nilai kerja sama dengan PepsiCo karena harus mendapatkan persetujuan lebih dulu dari PepsiCo terkait ketentuan non-disclosure dalam EBA," ungkapnya.

Meski demikian, emiten millik Grup Salim itu telah bakal terus mengembangkan kegiatan usaha di bidang minuman.

"Saat ini perusahaan memiliki beragam portofolio produk yang meliputi minuman teh siap saja, air minum dalam kemasan serta minuman rasa buah yang dipasarkan dengan menggunakan merek Ichi Ocha, Club, dan Fruitamin," terang Gideon.


Baca juga artikel terkait PEPSI atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Abdul Aziz
DarkLight